Inilah 6 Alasan Pentingnya Menjalankan Digital Marketing Campaign

Yeremia Anugerah
Digital Marketing Meson

Daftar Isi:

    Pentingnya Menjalankan Digital Marketing Campaign

    Perkembangan teknologi selama beberapa tahun terakhir ini telah menyebabkan transformasi strategi bisnis dari konvensional menjadi online.

    Digital marketing campaign adalah sekumpulan aktivitas marketing yang dilakukan oleh bisnis untuk meningkatkan brand awareness di dunia online.

    Bukan hanya dilakukan oleh bisnis online saja, tetapi aktivitas marketing ini pun dilakukan oleh banyak perusahaan lokal dan tradisional karena dipercaya lebih efektif dibanding aktivitas marketing yang tradisional, seperti menggunakan brosur dan katalog.

    6 Keunggulan Kampanye Digital Marketing

    Berikut beberapa poin penting yang menjadi keunggulan dari kampanye digital marketing jika dibandingkan dengan jenis aktivitas marketing lainnya.

    1. Perpindahan market trend

    Harus diakui, bahwa online marketplace sudah membuat pasar tradisional dan modern channel di Indonesia mengalami goncangan dalam bisnis mereka, karena konsumen memilih untuk belanja secara online dan mobile, dibanding harus datang ke mall.

    Sebagai contoh, Anda dapat temukan produk fashion atau elektronik favourite Anda di online marketplace, baik dari produk lokalan sampai produk  dari Eropa. Bukan hanya fashion dan elektronik saja, Anda pun dapat mencari kendaraan bermotor melalui toko online tersebut!

    Oleh karena itu, sangatlah penting untuk Anda sebagai pebisnis menjalankan strategi marketing untuk mencakup lingkungan digital ini!

    2. Strategi marketing yang paling cost effective

    Aktivitas marketing secara konvensional, baik ATL (above the line) ataupun BTL (below the line) sangatlah mahal sekarang ini!  Sebagai contoh, iklan di televisi selama 30 detik pun memakan biaya sampai ratusan juta.

    Bagaimanakah cara bisnis yang baru dengan skala kecil dapat bersaing dengan bisnis raksasa yang budget marketing yang kita bilang unlimited?

    Digital marketing bahkan dapat mendatangkan traffic secara cuma-cuma, jika Anda menjalankan aktivitas marketingnya secara tepat.

    Sebagai contoh, dengan menjalankan campaign SEO dan sosial media yang benar, Anda dapat mengkomunikasikan value dari produk atau servis yang Anda tawarkan langsung pada target market Anda.

    Tentunya, ada pilihan paid advertising yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan impresi yang banyak dalam waktu singkat, namun akan jauh lebih murah dibandingkan iklan televisi, koran, ataupun radio.

    3. Terkontrol dan terukur

    Apa yang dimaksud dari aktivitas marketing bisa dikontrol dan terukur?

    Anda tentu telah menetapkan apa tujuan akhir dari aktivitas marketing yang direncanakan, seperti mendapatkan brand awareness yang sebesar-besarnya, dengan budget yang terbatas.

    Jika Anda menetapkan biaya untuk menjalankan advertising melalui billboard, bagaimanakah Anda dapat mengukur keberhasilan dari strategi marketing tersebut?

    Dengan menjalankan kampanye digital marketing, semua pengeluaran yang Anda lakukan dapat diukur keberhasilannya.

    Sebagai contoh, Anda dapat melihat traffic yang datang ke website atau social media Anda, setiap harinya. Terlebih lagi, secara real-time, Anda pun dapat mengetahui apakah aktivitas yang Anda lakukan itu benar-benar efektif atau tidak.

    4. Tunnel vision – targeted marketing

    Apa yang dimaksud dengan targeted marketing?

    Dalam proses R&D, tiap bisnis pasti telah menetapkan segmentasi market dan positioning untuk produk atau servis yang akan diberikan kepada konsumen.

    Dengan menjalankan kampanye digital marketing yang tepat, Anda dapat memilih segmentasi pasar secara detail, baik dari gender, usia, interest, dan lainnya.

    Oleh karena itu, aktivitas yang Anda lakukan akan menjadi sangat efektif dan akurat dibanding strategi marketing yang konvensional. Anda pun dapat menyajikan konten yang berbeda, untuk tiap positioning yang berbeda dari produk atau servis yang Anda tawarkan.

    5. CRM yang paling intimate

    Menjaga hubungan yang baik dengan konsumen merupakan hal yang paling penting dalam berbisnis, karena konsumen yang loyal adalah aset perusahaan yang paling beharga.

    Sayangnya, CRM (customer relationship management) merupakan hal yang sangat sulit dilakukan dan sangatlah mahal untuk sebagian perusahaan. Dengan memiliki aset di dunia digital seperti website dan akun sosial media,

    Anda dapat melakukan interaksi selama 24/7 untuk menanggapi sales inquiry, komplain, atau pertanyaan apapun yang diberikan oleh konsumen Anda. Ingat, customer feedback merupakan aset yang sangat mahal sekarang ini!

    6. Fleksibilitas tanpa batas

    Jika dibandingkan dengan aktivitas marketing yang lain, digital marketing adalah aktivitas marketing yang fleksibel!

    Anda dapat menjalankan iklan Anda dalam budget yang ditentukan, kapan pun Anda mau. Selain itu, Anda dapat mengganti konten dari iklan Anda secepatnya!

    Hal ini pun memudahkan Anda untuk melakukan trial and error untuk mempelajari konten apakah yang paling sesuai untuk audiens yang Anda pilih.

    Nah, itulah keuntungan utama yang bisnis Anda bisa dapatkan saat menjalankan digital marketing campaign. Terlebih lagi, website dan akun sosial media Anda dapat memberikan customer insights yang sangat menarik dan berperan sebagai business intelligence dari perusahaan Anda. Tunggu apalagi? Unleash your potential with Meson Digital Agency Jakarta!

    Ready to Discuss Your Project?

    Tell Us About Your Project

      Open chat