Apa itu CPA (Cost per Acquisition) pada Iklan Online

Marchyandi Rayi
CPA

Daftar Isi:

    CPA: Metrik Penting dalam Campaign Iklan Online

    Mengalokasikan budget marketing untuk menjalankan campaign iklan online merupakan hal yang esensial untuk sebuah brand atau bisnis agar dapat berkompetisi di lanskap digital yang saat ini semakin kompetitif.

    Namun sekedar beriklan online saja belum cukup untuk memastikan strategi marketing yang Anda jalankan dapat mendatangkan keuntungan bagi bisnis Anda.

    Anda juga perlu memiliki suatu ukuran yang bisa dijadikan parameter atas kesuksesan iklan Anda dalam mendatangkan konsumen.

    Salah satu metrik yang dapat Anda gunakan untuk tujuan tersebut adalah CPA (cost per acquisition), yang akan kami bahas secara lengkap dalam artikel ini.

    Apa itu CPA (Cost per Acquisition)?

    Cost per acquisition atau CPA adalah metrik marketing yang mengukur total biaya yang perlu dikeluarkan untuk dapat mengakuisisi satu customer dari bisnis Anda.

    Biasanya, penghitungan CPA ditentukan per campaign iklan atau platform marketing yang digunakan.

    Metrik ini sangat penting untuk diperhatikan dalam menjalankan strategi marketing agar Anda dapat mengetaui apakah budget yang Anda keluarkan untuk upaya marketing sebanding dengan keuntungan yang bisnis Anda dapatkan.

    Mengapa CPA Penting?

    Sebagai sebuah metrik marketing, CPA sangat penting karena dapat membantu bisnis dalam mengukur return on investment (ROI) marketing mereka.

    Berapapun revenue yang dihasilkan bisnis Anda, mengukur hasil iklan Anda dari Google Ads, atau Facebook Ads akan menunjukkan apakah revenue tersebut sudah dihasilkan secara efisien.

    Yang menjadi pembeda antara CPA dengan metrik atau KPI digital marketing lainnya adalah metrik ini bersinggungan langsung dengan pendapatan bisnis dan seberapa besar dampak dari upaya marketing yang dijalankan.

    Dengan mengukur rerata CPA, Anda dapat menyusun strategi marketing yang lebih efektif dan efisien dalam mendatangkan konsumen.

    Cara Menghitung CPA

    Rumus sederhana yang digunakan untuk menghitung cost per acquisition cukup sederhana:

    CPA = Total pengeluaran iklan / Total customer sales

    Contoh kasus: Anda memiliki website e-commerce untuk bisnis Anda dan menjalankan paid ad campaign di media sosial untuk mempromosikan produk yang Anda jual.

    Jika Anda mengeluarkan Rp.10.000.000 untuk menjalankan iklan media sosial dan berhasil menjual 100 produk, maka perkiraan CPA dari iklan Anda adalah Rp.100.000 per penjualan produk.

    Berapa Angka Cost per Acquisition yang Baik?

    Sayangnya, tidak ada patokan umum dari berapa besaran CPA yang ideal dari suatu campaign iklan. Setiap bisnis tentu memiliki produk, harga, margin, dan biaya operasional yang berbeda-beda. Maka, rentang besaran CPA yang idealnya pun akan berbeda pula.

    Selain itu, setiap produk akan memiliki hasil yang berbeda dari setiap campaign iklan yang Anda gunakan.

    Cara terbaik untuk menentukan angka CPA yang ideal adalah dengan memahami natur dari strategi marketing PPC, media sosial, affiliate marketing dan influencer marketing.

    Pemahaman yang baik atas channel-channel marketing tersebut dapat membantu Anda untuk menghitung berapa banyak biaya yang butuh Anda keluarkan untuk mendapatkan konsumen baru.

    Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk mencoba menjalankan eksperimen beriklan di berbagai channel marketing dan konten yang berebeda-beda.

    Hasil dari eksperimen tersebut dapat Anda gunakan untuk menentukan strategi seperti apa yang paling tepat bagi bisnis Anda untuk mendapatkan konsumen baru.

    Konklusi

    Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa pengukuran CPA memiliki peran yang krusial dalam menjalankan iklan online. Tanpa adanya pengukuran CPA, Anda tidak akan bisa mengetahui seberapa efektifkah iklan Anda dalam meningkatkan reach dari brand Anda.

    Namun, di samping CPA masih terdapat metrik iklan online lainnya yang tidak kalah penting dan tidak boleh dihiraukan. Pada intinya, segala pengukuran dan pemantauan yang Anda lakukan pada iklan online Anda, harus didasarkan pada tujuan utama dari campaign iklan tersebut.

    Meson merupakan digital agency di Jakarta dengan pengalaman mengelola digital ads campaign dari brand di berbagai sektor bisnis.

    Kami siap membantu Anda dalam merancang dan menerapkan strategi digial marketing yang tepat untuk membantu bisnis Anda mencapai performa penjualan yang lebih baik lewat jasa digital advertising kami.

    Ready to Discuss Your Project?

    Search Articles

    Tell Us About Your Project