Search Engine Marketing (SEM): Pengertian dan Contoh

Jordy Gunawan
Search Engine Marketing SEM

Daftar Isi:

    Apa Itu Search Engine Marketing?

    SEM atau Search Engine Marketing adalah aktivitas marketing menggunakan iklan berbayar yang muncul pada mesin pencari atau search engine seperti Google.

    Berbeda dengan SEO yang mendatangkan pengunjung ke website tanpa berbayar, SEM merupakan salah satu cara berbayar untuk mendatangkan traffic ke website.

    SEM atau Search Engine Marketing adalah satu dari sekian banyak metode di dalam internet marketing. SEM jika digunakan dengan baik dan benar, dapat membantu bisnis berkembang pesat di era digital yang semakin hari semakin kompetitif.

    Banyaknya bisnis di luar sana yang berlomba-lomba untuk mendapatkan perhatian dari audiens yang berada pada niche yang sama, membuat persaingan di dunia online pun menjadi sangat ketat.

    Pada artikel ini, Meson Digital akan membahas tentang apa itu Search Engine Marketing, dan bagaimana SEM dapat membantu bisnis Anda berkembang.

    Pengertian dan Contoh Search Engine Marketing

    Jadi sebenarnya, apa itu Search Engine Marketing? Menurut Searchengineland.com, secara singkatnya Search Engine Marketing/ SEM dapat diartikan sebagai “membeli” traffic dengan membayar mesin pencari seperti Google.

    Seorang marketer dapat melakukan bidding terhadap keyword/kata kunci yang mereka inginkan, dengan harapan bahwa setiap orang yang melakukan pencarian dengan keyword tersebut, akan memilih website/iklan mereka.

    Terdapat bermacam format dalam Search Engine Marketing, diantaranya format berbentuk text, dan PLAs (Product Listing Ads/Shopping ads) berbentuk produk, harga, review, dan rating yang bersifat visual.

    Search Engine Marketing dalam format teks biasanya menggunakan Google Ads, Bing, dan Yahoo Gemini. Karena penggunaan Google Ads sangatlah populer, kami hanya akan membahas tentang Google Ads.

    Sekilas Tentang Google Ads

    Google Ads menjadi salah satu pilihan cara yang sangat populer diantara metode SEM lainnya.

    Apa sebetulnya yang dimaksud dengan Google Ads? Sebetulnya Anda pasti sudah sering melihat iklan Google Ads, namun mungkin Anda belum menyadari terms atau arti dari kata tersebut.

    Search ads result

    Agar lebih memudahkan, kami mengambil contoh gambar iklan Google Ads diatas dengan kata kunci “jual mobil bekas”. Ketika seseorang mencari keyword dengan “jual mobil bekas”, website/iklan milik marketer yang melakukan bidding pada kata kunci tersebut akan muncul di paling atas.

    Disinilah muncul terms Pay Per Click (PPC) yang berarti seorang marketer akan membayar ke Google setiap kali iklannya diklik.

    Anda juga bisa membaca panduan dasar Iklan Google Ads dari Meson jika Anda tertarik dalam menjalankan Iklan Google Anda sendiri.

    Google Ads dan SEO

    Jika diperhatikan, di samping kiri URL website mereka akan muncul kata “AD” atau “IKLAN” tergantung dari setting bahasa yang digunakan.

    Untuk website yang tidak menggunakan Google Ads, akan otomatis muncul di urutan ke-5 pada gambar di atas. Website yang berada pada urutan ke-5 diatas tidak menggunakan Google Ads, melainkan menggunakan metode Search Engine Optimization (SEO).

    Menentukan Posisi Iklan / Ad Rank pada Google Ads

    Mungkin Anda sekarang bertanya-tanya, bagaimana sistem bidding pada Google Ads? Bagaimana cara agar iklan Anda mendapatkan posisi teratas, bukan ke-2, dan seterusnya?

    Jawabannya adalah tergantung dari banyak faktor! Rumus dari Ad Rank/posisi iklan adalah CPC Bid X Quality Score. Dimana CPC Bid merupakan budget yang sudah Anda tentukan untuk setiap klik ke iklan Anda.

    Quality score sendiri akan ditentukan oleh Google, jadi tidak melulu marketer yang memasang budget tertinggi yang akan muncul di posisi teratas. Kualitas dari iklan sendiri mempunyai faktor besar dalam menentukan posisi iklan.

    Perbedaan SEM dengan SEO

    Search Engine Marketing (SEM) dan Search Engine Optimization (SEO) sebetulnya adalah dua strategi marketing yang masuk pada kategori strategi search optimization dimana pengoptimalan dilakukan dengan tujuan menarik perhatian audiens menuju website lewat mesin pencari atau search engine. Namun dari segi penerapan, kedua konsep tersebut memiliki perbedaan.

    Perbedaan SEO dengan SEM yang paling utama yaitu SEO adalah strategi organik dimana Anda tidak perlu mengeluarkan biaya atau beriklan untuk membuat website Anda muncul pada halaman hasil pencarian.

    Sedangkan seperti yang telah dijelaskan di atas, SEM merupakan strategi marketing berbayar dimana dibutuhkan pengeluaran biaya atau pengalokasian budget untuk membuat website Anda muncul pada hasil pencarian.

    Selain itu, letak tampilan hasil pencarian search ads dan organic search juga memiliki perbedaan. hasil pencarian SEM yang akan dianggap sebagai iklan sehingga akan muncul pada bagian iklan. Sedangkan hasil pencarian menggunakan teknik SEO muncul sebagai hasil pencarian organik.

    Anda bisa mengunjungi artikel kami yang fokus membahas mengenai perbedaan SEO dan SEM untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci terkait topik ini.

    Manfaat Search Engine Marketing Bagi Bisnis

    Menggunakan Search Engine Marketing sebagai sarana marketing di dunia online dengan cara yang benar dan tepat dapat sangat membantu suatu bisnis untuk berkembang.

    Targeted Marketing

    Keuntungan terbesar dalam menggunakan SEM adalah memberikan peluang kepada seorang marketer untuk langsung menyampaikan iklan yang mereka inginkan kepada audiens yang mereka tetapkan sendiri.

    Pada contoh diatas, seorang marketer yang ingin menjual mobil bekas hanya menampilkan iklan mereka kepada audiens yang mencari dengan kata kunci “jual mobil bekas”.

    Selebihnya, Anda juga dapat menentukan demografi audiens yang Anda inginkan, seperti lokasi dan umur mereka.

    Cepat Mendapatkan / Melihat Hasil

    Proses membuat dan memasang iklan pada Google Ads pun tergolong sangat cepat, dan hasilnya bisa Anda lihat setelah iklan Anda tayang. SEM unggul dalam hal kecepatan jika dibandingkan dengan metode SEO yang memakan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk membuahkan hasil.

    Metode ini sangatlah cocok bagi Anda yang baru memiliki website dan menginginkan hasil dalam waktu singkat.

    Dapat Menyesuaikan Dengan Budget Yang Dimiliki

    Keunggulan Search Engine Marketing lainnya adalah karena Anda dapat memasang budget sesuai dengan kemampuan dan keinginan Anda. Saat budget yang Anda punya sudah habis, maka iklan akan berhenti secara otomatis.

    Nah, itulah pembahasan seputar apa itu Search Engine Marketing dan kegunaannya bagi bisnis. Jika dilakukan dengan cara yang benar dan tepat, tentunya akan membuahkan hasil yang baik.

    Tidak semua orang memiliki waktu cukup untuk mempelajari dunia digital marketing yang luas dan selalu berkembang ini.

    Meson adalah digital marketing agency Jakarta yang telah berpengalaman dalam merancang dan menerapkan strategi SEM untuk bisnis dari berbagai industri lewat jasa SEM.

    Ready to Discuss Your Project?

    Tell Us About Your Project

      Open chat