Penjelasan Lengkap Seputar Search Engine Optimization (SEO)

Jordy Gunawan
Apa itu SEO

Daftar Isi:

    Apa Itu SEO (Search Engine Optimization)?

    SEO atau Search Engine Optimization adalah praktek mengoptimisasi website agar mndapatkan ranking yang tinggi di Google atau search engine lainnya. SEO berfokus pada organic ranking atau traffic yang diperoleh secara gratis.

    Dengan melakukan SEO, sebuah website bisa mendapatkan pengunjung tanpa harus berbayar atau menggunakan iklan.

    Pada artikel ini kami akan membahas tentang apa itu SEO, pentingnya SEO bagi sebuah bisnis, dan bagaimana SEO dapat membantu membangun maupun memperkuat sebuah brand melalui channel digital yang tersedia saat ini.

    Algoritma Google

    Sebelum membahas lebih lanjut tentang apa itu SEO, Anda harus memahami algoritma dan faktor apa saja yang digunakan oleh search engine tersebut untuk menampilkan konten dari sebuah website.

    Untuk membuat halaman website muncul pada search engine dengan ranking yang tinggi, SEO berusaha untuk membentuk dan menyesuaikan struktur maupun isi website sesuai dengan algoritma yang dimiliki Google.

    Algoritma dari Google sendiri pun bersifat rahasia, namun orang atau agency yang mengerti SEO dengan baik memiliki gambaran tentang faktor-faktor pentingnya.

    Perlu diketahui juga bahwa Google melakukan update Algoritma mereka secara berkala untuk meningkatkan user experience dan relevansi jawaban di search engine.

    Algoritma Google

    2 Faktor Penentu SEO

    Meson Digital memandang faktor penting dalam SEO dapat dibagi menjadi 2 kategori berikut yang menentukan ranking dari sebuah website:

    1. Faktor On Page SEO

    Seperti namanya, faktor On page SEO terdiri dari segala hal yang dapat dilakukan di dalam sebuah website. Segala aspek teknis dari sebuah website, berperan penting dalam meningkatkan peluang untuk menaikkan ranking website tersebut pada search engine.

    Secara garis besar, On Page SEO yang baik akan memudahkan search engine untuk menemukan konten yang relevant dan berkualitas bagi orang yang melakukan pencarian dengan keyword tertentu pada search engine tersebut.

    Itulah mengapa On Page SEO yang baik harus mengikuti algoritma si mesin pencari. Semua kembali pada tujuan utama search engine yaitu memberikan konten yang relevant dan baik, sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna.

    Menurut MOZ, berikut ini adalah beberapa faktor On Page SEO yang patut diperhatikan:

    a. Konten dari halaman website

    Kualitas konten bukan hanya ditentukan dari banyaknya keyword/kata kunci yang dimasukkan.

    Konten yang berkualitas adalah konten yang benar-benar menyuguhkan apa yang dicari dan diminta oleh pengguna. Selain itu, konten yang baik juga harus bisa ditautkan, diakses, dan dibagikan dengan mudah.

    b. Title tag yang baik

    Menentukan title tag yang baik dan relevan dengan isi halaman yang dimiliki juga berperan penting dalam On Page SEO.

    c. Struktur URL yang benar

    Struktur URL harus dibuat dengan jelas dan baik. Contoh struktur URL yang baik adalah:

    Struktur URL yang baik harus memiliki kategori dan hirarki yang jelas. Website Meson sendiri sudah dibuat “SEO friendly” dengan struktur yang baik dan jelas.

    d. Dapat diakses oleh Bot/Crawler

    Jika sebuah website sulit/tidak dapat diakses oleh bot/crawler, maka website tersebut tidak akan mendapatkan posisi yang baik pada search engine.

    e. Faktor lainnya

    Faktor lain seperti kecepatan website, image alt text, meta tag, xml sitemap, dan masih banyak lainnya juga harus diperhatikan. Meson Digital merupakan Digital Marketing Agency berpengalaman yang dapat membantu Anda dalam membuat website dengan struktur yang sudah baik dari sisi On Page maupun Off Page.

    2. Faktor Off Page SEO

    Off Page SEO adalah sekumpulan kegiatan yang dilakukan diluar website yang bertujuan untuk mempengaruhi ranking pada SERP / Search Engine Results Pages.

    Mengoptimasi Off Page SEO melibatkan beberapa hal yang bertujuan untuk meningkatkan persepsi audiens dan search engine terhadap popularitas sebuah website, tingkat relevansi, kepercayaan, dan autoritas website tersebut.

    Berikut ini adalah faktor-faktor Off Page SEO:

    a. Backlink Berkualitas

    Mengoptimisasi Off Page SEO yang baik dapat dilakukan dengan cara mendapatkan backlink dari website lain. Mendapatkan backlink dari website lain secara tidak langsung memberi signal kepada Google/search engine bahwa website tersebut memiliki konten yang bermutu.

    Semakin tinggi popularitas website yang memberikan backlink ke sebuah website, semakin kuat signal yang diberikan ke Google.

    Sebagai perumpamaan, jika sebuah website mendapatkan backlink dari website yang memiliki popularitas tinggi seperti CNN, maka Google akan menganggap website tersebut memiliki konten yang sangat baik sehingga website seperti CNN memberikan backlink ke website tersebut.

    Perlu diketahui bahwa tidak semua backlink dinilai berkualitas oleh Google. Backlink yang berkualitas memiliki kriteria seperti website pemberi backlink berada pada niche yang sama.

    Anda juga perlu mengetahui resiko ketika membangun backlink, karena jika Anda tidak mengikuti aturan dari Google maka ada kemungkinan website Anda terkena penalty dari Google.

    b. Black Hat SEO

    Black hat SEO

    Sulitnya mendapatkan backlink berkualitas membuat para praktisi SEO melakukan teknik Black Hat SEO. 

    Black Hat SEO dapat dilakukan dengan berbagai macam cara baik dari segi On Page maupun Off Page, seperti: membeli backlink dari website lain, keyword stuffing / meletakkan kata kunci yang banyak pada sebuah halaman maupun struktur URL, cloacking, dan masih banyak lainnya.

    Perlu diketahui bahwa Google melakukan update terhadap algoritma mereka setiap waktu untuk melawan para pelaku Black Hat SEO. Melakukan teknik Black Hat SEO memang dapat meningkatkan ranking sebuah website secara cepat, namun beresiko tinggi.

    Hukuman dari Google untuk Pelaku Black Hat SEO

    Jika sebuah website tertangkap menggunakan teknik ini, maka Google tidak segan untuk menghilangkan website tersebut dari Google, yang berarti semua kerja keras akan hilang dalam sekejap. Seluruh halaman dari website tersebut tidak akan muncul di Google.

    Google tidak pandang bulu dan segan untuk memberikan hukuman terhadap website yang menggunakan teknik ini. Dilansir dari Marketingland.com beberapa website dari perusahaan besar dan ternama yang sudah pernah terkena imbas dari penggunaan teknik ini diantaranya JC Penney, BMW, Washington Post, dan masih banyak lainnya.

    Pandangan Kami terhadap Black Hat SEO

    Mengingat bahaya dan kerugian menggunakan teknik diatas, Anda sebagai pemilik website harus berhati-hati dalam memilih agency maupun orang yang mengerjakan SEO untuk website Anda.

    Meson sebagai penyedia jasa Search Engine Optimization yang berpengalaman dan terpercaya tidak pernah menyarankan maupun menggunakan teknik ini, karena kami percaya bahwa teknik SEO yang baik akan membuahkan hasil yang baik dan sustainable untuk jangka panjang.

    c. Faktor Lainnya

    Beberapa faktor lain seperti social media marketing, guest blogging, branded keyword, pemberian anchor text yang baik, nofollow link yang benar, domain authority, dan sebagainya juga perlu diperhatikan ketika membuat strategi sebelum melakukan Off Page SEO.

    SEO Menurut Meson Digital

    Cepatnya perkembangan teknologi saat ini terutama di Indonesia, menyebabkan semakin ketatnya persaingan di dunia bisnis. Teknik dalam dunia marketing pun semakin berkembang, cara marketing tradisional saja tidaklah cukup.

    Banyaknya pengguna internet saat ini mendorong para marketer untuk melakukan aktivitas di dunia digital dalam upaya menjaring audiens di dunia maya.

    SEO merupakan salah satu komponen penting yang harus dilakukan oleh setiap bisnis untuk bertahan dan berkembang di era ini. SEO sendiri dapat diibaratkan sebagai investasi jangka panjang, mengingat banyaknya waktu dan aktivitas yang harus dilakukan.

    Berikut adalah pandangan-pandangan kami terhadap SEO:

    1. SEO Sangatlah Penting Bagi Sebuah Brand

    Salah satu tujuan utama SEO adalah untuk memperkuat online presence sebuah brand. Hal tersebut dapat diperoleh dengan cara memperkuat brand image, customer confidence, dan customer retention. 

    Beberapa keuntungan memiliki SEO yang baik bagi sebuah website adalah sebagai berikut:

    a. Membangun kredibilitas dan kepercayaan

    SEO dapat membangun dan memperkuat sebuah brand. Jaman sekarang semua orang mencari informasi apapun dengan Google.

    Ketika seseorang mencari informasi tentang brand Anda, mereka harus dapat menemukan website Anda di peringkat atas pada search engine seperti Google. Ketika hal ini tercapai, secara psikologis orang tersebut akan memandang brand Anda sebagai brand yang terpercaya.

    b. SEO mengalahkan Paid Search / iklan Berbayar

    Mungkin Anda sudah berhasil dalam menggunakan Google Adwords/ Paid Search sebagai salah satu strategi online marketing Anda. Tapi tahukah Anda, menurut riset yang dilakukan oleh MOZ, SEO mendatangkan 75% dari total traffic hanya dengan menggunakan 15% dari total budget yang dikeluarkan untuk Search Engine Marketing.

    Meskipun begitu, SEO dan SEM memiliki porsi dan tujuan masing-masing dalam internet marketing. Kami tidak menganggap SEO lebih baik dari SEM ataupun kebalikannya.

    c. SEO dapat mengambil market share kompetitor

    SEO yang baik dapat memanfaatkan situasi dengan menuai apa yang telah ditabur oleh kompetitor lain.

    Vitamin E Harvest Supplement

    Sebagai contoh, salah satu klien kami berada di posisi #2 (organic search) untuk kata kunci “Vitamin E”. Setiap pencarian dengan kata tersebut, website klien kami muncul pada halaman pertama.

    Tidak hanya berhenti sampai disitu, setiap pencarian menggunakan kata kunci “brand lain+Vitamin E”, seperti brand ternama lainnya yang memiliki produk Vitamin E akan mendapatkan hasil yang sama.

    Menggunakan Google Search Console, kami melihat ratusan queries setiap harinya yang sebetulnya mencari brand lain berujung masuk ke website klien kami.

    2. SEO Tidak Dapat Berdiri Sendiri

    Salah satu miskonsepsi yang sering terjadi tentang pemahaman apa itu SEO adalah bahwa SEO sendiri dapat membuahkan hasil. Hal ini tidak tepat karena SEO hanyalah satu komponen kecil dari keseluruhan aktivitas online marketing.

    Disamping teknik SEO yang baik dan benar, integrasi Social Media, PR Marketing, dan aktivitas digital marketing lainnya juga harus dilakukan untuk mendapatkan hasil yang baik.

    Kami menganggap SEO bukan hanya sebagai teknik mendatangkan traffic ke sebuah website, melainkan lebih dari itu. Sebagai Digital Marketing Agency, tujuan kami melakukan SEO adalah untuk memperkuat brand melalui channel digital yang ada.

    3. Memilih Agency yang Tepat untuk Menjalankan SEO

    Sudah banyak Digital Marketing Agency di Indonesia yang menawarkan jasa SEO; harga dan KPIs (Key Performance Indicator) yang mereka janjikan pun berbeda.

    Setelah membaca penjelasan mengenai SEO diatas, mungkin Anda merasa bingung ataupun ragu dalam menentukan siapa yang mampu melakukan SEO bagi brand Anda.

    Mengingat resiko yang harus ditanggung jika menggunakan teknik SEO yang tidak baik, Anda harus mengambil sikap kritis dalam mencari orang atau agency yang tepat dalam menjalankan SEO bagi usaha Anda. Demikianlah penjelasan tentang apa itu SEO dari kami, semoga artikel ini bermanfaat.

    Meson adalah Digital Marketing Agency di Jakarta yang menyediakan jasa SEO, jasa pembuatan website, jasa iklan Google dan Facebook, dan jasa Social Media Marketing.

    Ready to Discuss Your Project?

    Search Articles

    Tell Us About Your Project