Cara Kerja Algoritma Instagram Menurut Instagram

Jordy Gunawan
Instagram

Daftar Isi:

    Bocoran Algoritma Instagram

    Beberapa waktu lalu Adam Mosseri, Head of Instagram, menulis sebuah blog yang menjelaskan bagaimana algoritma peringkat konten diatur dalam setiap fitur di Instagram, yang meliputi fitur explore feed, stories feed, dan fitur terbarunya yaitu reels feed.

    Berikut beberapa rangkuman dari penjelasan Adam Mosseri terkait algoritma pada setiap fitur Instagram.

    Setiap Fitur Memiliki Algoritmanya Tersendiri

    Tampilan Instagram Reels
    Fitur-fitur di Instagram

    Dalam artikel yang ditulisnya tersebut, Mosseri menyinggung bahwa tidak ada satu algoritma yang mencakupi seluruh konten di Instagram.

    Setiap fitur di Instagram—Feed, Explore, Reels, dan Stories—memiliki algoritma peringkatnya tersendiri. Peringkat konten pada setiap fitur ditentukan berdasarkan pada bagaimana users menggunakan fitur tersebut.

    Untuk memahami bagaimana algoritma peringkat konten di setiap fitur Instagram bekerja, simak pembahasan di bawah ini.

    Cara Kerja Algoritma Feed dan Stories Instagram

    Pada fitur Feed dan Stories, peringkat konten ditentukan berdasarkan postingan terkini dari akun-akun yang Anda follow.

    Instagram kemudian menangkap ribuan ‘sinyal’ informasi yang berkaitan dengan postingan tersebut.

    Misalnya seperti akun pembuat postingan tersebut, preferensi Anda, waktu posting, device yang digunakan, interaksi Anda dengan postingan, dan masih banyak lagi.

    Beberapa sinyal yang paling penting dalam menentukan peringkat konten Feed dan Stories antara lain.

    1. Informasi Terkait Postingan

    Sinyal ini meliputi informasi mengenai seberapa populer postingan tersebut, jumlah likes yang didapatkan, waktu posting, lokasi posting, durasi video, dan detail umum lainnya.

    2. Informasi Terkait Pembuat Konten

    Sinyal ini digunakan untuk memahami seberapa menarik si pembuat konten dan konten-konten yang dibuatnya tersebut.

    Untuk menentukan hal itu, Instagram menarik informasi mengenai seberapa banyak engagement rate yang diterima pembuat konten dalam beberapa minggu ke belakang.

    3. User Activity

    Meliputi aktivitas terkini user di Instagram, misalnya berapa banyak post yang di-like oleh user tersebut.

    4. Interaksi User dengan Pembuat Konten

    Informasi ini digunakan untuk memahami seberapa besar ketertarikan user untuk melihat postingan dari suatu akun. Sinyal yang digunakan misalnya dengan melihat apakah user dengan sebuah akun saling berbalas comment atau tidak.

    Dari beberapa sinyal di atas dan yang tidak disinggung di atas, algoritma Instagram mencoba memprediksi seberapa besar kemungkinan user untuk berinteraksi dengan suatu postingan.

    Semakin besar kemungkinan user berinteraksi dengan postingan tertentu, maka peringkat postingan tersebut juga akan semakin tinggi.

    Untuk postingan Feed, Instagram akan menampilkan postingan-postingan yang cukup menarik sehingga Anda meluangkan waktu beberapa detik untuk melihat postingan tersebut, meninggalkan comment, memberikan like, atau melihat foto profil dari postingan tersebut.

    Namun Instagram juga menghindari untuk menampilkan beberapa postingan dari akun yang sama secara berurutan.

    Cara Kerja Algoritma Explore Instagram

    Fitur Explore di Instagram didesain agar user dapat menemukan konten-konten baru di luar dari akun yang mereka follow.

    Cara kerja algoritma fitur ini serupa dengan algoritma pada fitur Feed, yaitu dengan mengumpulkan informasi terkait postingan yang mendapatkan like, comment, dan interaksi lain dari user tertentu.

    Misalnya saja beberapa waktu belakangan ini Anda memberikan like pada beberapa postingan dari akun seorang model. Instagram kemudian mencari tahu user lain yang memberikan like pada postingan model itu, dan akun-akun yang disukai oleh user lain tersebut.

    Informasi akun-akun yang disukai oleh user lain yang memiliki preferensi konten yang sama dengan Anda kemudian akan dijadikan rekomendasi oleh algoritma Instagram untuk ditampilkan pada fitur Explore Anda.

    Cara Kerja Algoritma Reels Instagram

    Tampilan Instagram Reels

    Sama seperti Explore, sebagian besar konten yang muncul pada fitur Instagram Reels bukan dari akun-akun yang Anda follow.

    Oleh karena itu, penentuan peringkatnya pun kurang lebih serupa sebagaimana pada fitur Explore, yaitu dengan memprediksi reels mana yang kemungkinan besar menarik untuk Anda dan menampilkannya pada Anda.

    Namun tetap terdapat sedikit perbedaan pada algoritma Instagram Reels dimana Instagram secara spesifik berfokus untuk menampilkan konten yang dapat menghibur Anda.

    Instagram melakukan survei dan menanyakan apakah reels tertentu cukup menghibur atau lucu bagi users mereka, kemudian menggunakan hasil survei tersebut untuk menampilkan reels yang paling menghibur untuk user tertentu.

    Berikut beberapa sinyal penting dalam algoritma Reels yang diurutkan berdasarkan prioritasnya.

    1. Aktivitas Anda

    Meliputi informasi mengenai reels apa yang Anda sukai, berikan comment, atau interaksi lain beberapa waktu belakangan. Informasi tersebut digunakan untuk menampilkan konten yang relevan dengan Anda.

    2. Interaksi Anda dengan Pembuat Konten

    Meliputi aktivitas interaksi antar user dengan si pembuat konten.

    3. Informasi Terkait Reel

    Sinyal yang berkaitan dengan informasi atas konten reel seperti audio track, aspek video berdasarkan pixel maupun frame, juga popularitasnya.

    4. Informasi Terkait Pembuat Konten

    Meliputi informasi mengenai popularitas dari akun pembuat konten. Sinyal ini digunakan untuk menemukan konten yang menarik dari berbagai akun dan memberikan setiap akun kesempatan untuk memperluas cakupan audience mereka.

    Konklusi

    Untuk sukses dalam menjalankan Instagram marketing, sekedar rutin membagikan postingan saja tidak cukup. Anda juga harus fokus untuk membangun hubungan dengan audience Anda dan memberikan konten yang berkualitas untuk menghasilkan engagement yang baik.

    Algoritma Instagram ke depannya akan terus mengalami perubahan. Namun jika Anda berhasil beradaptasi atas perubahan tersebut, Anda akan terus menemukan cara baru untuk mencapai audience yang Anda tuju.

    Meson Digital Marketing Agency telah berpengalaman dalam merencanakan dan mengeksekusi strategi Instagram marketing untuk berbagai bisnis dari sektor yang beragam.

    Jika Anda membutuhkan bantuan dalam menjalankan pemasaran lewat Instagram atau platform media sosial lainnya, kami siap membantu Anda lewat jasa social media marketing kami.

    Ready to Discuss Your Project?

    Search Articles

    Tell Us About Your Project