Cara Mudah Membuat Website Anda Lebih Mobile Friendly

Jordy Gunawan
Mobile friendly

Daftar Isi:

    Mobile Friendliness Sebagai Aspek Penting bagi Website

    Saat ini, smartphone telah menjadi teknologi yang paling lekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Saking lekatnya kehidupan modern dengan smartphone, nampaknya agak aneh jika seseorang meninggalkan rumah untuk berkegiatan tanpa membawa smartphone mereka.

    Bagi Anda pemilik website, fenomena tersebut menjadi semacam sinyal akan begitu pentingnya menghadirkan mobile experience yang baik untuk pengunjung website Anda.

    Di tahun 2016, untuk pertama kalinya jumlah penggunaan internet lewat mobile melampaui penggunaan internet lewat desktop atau komputer. Sejak saat itu dan sampai saat ini, penggunaan internet mobile terus meningkat.

    Maka dari itu, memiliki website yang mobile friendly saat ini adalah suatu keharusan. Jika website Anda gagal dalam memenuhi hal tersebut, maka besar kemungkinan Anda akan kehilangan traffic website yang signifikan.

    Simak pembahasan mengenai cara membuat website Anda menjadi mobile friendly di bawah ini.

    Seberapa Mobile Friendly kah Website Anda?

    Sebelum Anda melakukan usaha apapun untuk membuat website Anda lebih mobile friendly, tentu Anda perlu terlebih dahulu mengetahui bagaimana performa website Anda saat ini.

    Untuk mengetahui hal tersebut, Google menawarkan fitur untuk menguji tingkat mobile friendliness website secara gratis. Anda hanya butuh memasukkan URL website Anda ke dalam kolom pencarian pada fitur tersebut. Google kemudian akan menilai dan menampilkan hasil yang menyatakan apakah page Anda sudah termasuk mobile friendly atau belum.

    Google mobile friendly test

    Sebagai informasi tambahan, Google juga akan menampilkan contoh tampilan website Anda pada mobile device, serta menyertakan beberapa rekomendasi yang bisa diterapkan untuk membuat website Anda semakin mobile friendly.

    Cara Membuat Website Mobile Friendly

    Jika Anda sudah menguji tingkat mobile friendliness dari website Anda dan ternyata hasilnya masih belum optimal, maka beberapa tips di bawah ini bisa Anda terapkan untuk membuat website Anda lebih mobile friendly.

    1. Buat website Anda responsif

    Membuat website menjadi responsif adalah salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk membuat website Anda berfungsi dengan baik pada berbagai platform (desktop maupun mobile).

    Hal tersebut dimungkinkan karena website yang responsif akan menampilkan konten dan informasi yang sama pada device apapun, namun dengan tampilan optimal yang disesuaikan.

    Tampilan web page dengan begitu akan disesuaikan dengan ukuran layar dari device yang digunakan oleh user. Dengan desain website yang responsif, Anda dapat membuat website Anda lebih mobile friendly tanpa harus membatasi informasi yang dapat diakses oleh pengunjung.

    2. Buat pencarian informasi menjadi lebih mudah

    Biasanya, orang yang melakukan pencarian di internet lewat smartphone membutuhkan informasi spesifik dengan waktu yang relatif singkat. Anda bisa mengakomodasi perilaku pengguna mobile tersebut dengan menampilkan informasi yang paling banyak dicari oleh pengunjung website pada bagian page yang mudah ditemukan.

    Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menambahkan bagian FAQ pada page website Anda.

    3. Perbaiki kecepatan website Anda

    Riset yang dilakukan Google terkait mobile loading speed berkesimpulan bahwa rata-rata website membutuhkan waktu load lebih dari 5 detik. Celakanya, hanya sebagian kecil dari pengunjung website yang rela menunggu sedemikian lama untuk membuka sebuah website.

    Sebagian besar pengunjung website lainnya akan meninggalkan sebuah website jika website tersebut membutuhkan waktu load yang lama.

    Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat waktu load website Anda, antara lain:

    • Menggunakan AMP (Accelerated Mobile Pages)
    • Melakukan compress gambar dan CSS
    • Beralih menuju web hosting yang lebih cepat

    4. Buat desain website Anda sesederhana mungkin

    Desain website yang terlalu rumit dapat membingungkan pengunjung yang membukanya lewat smartphone berlayar kecil. Sebaliknya, desain website yang sederhana dan minimalis akan memudahkan pengunjung untuk mencari informasi yang mereka butuhkan di website tersebut.

    Maka dari itu, buat desain website Anda terlihat sederhana sehingga tidak merepotkan pengunjung dalam menjelajahi website Anda.

    5. Perhatikan ukuran button pada page Anda

    Men-klik button pada web page dengan bantuan mouse memang bukanlah hal yang sulit. Namun tidak demikian dengan menggunakan jari di layar smartphone yang kecil.

    Ukuran button yang terlalu kecil akan menyulitkan pengunjung dengan device mobile untuk memencet button tersebut. Terlebih ketika terdapat beberapa button yang berdempet pada satu bagian page yang sama.

    Cara yang paling mudah untuk mengantisipasi hal tersebut adalah dengan membuat ukuran button pada page Anda menjadi lebih besar. Selain itu, pastikan juga letak button tidak berdempet dengan button lainnya.

    6. Perhatikan ukuran font

    Sama halnya dengan button, membaca informasi pada web lewat smartphone akan lebih sulit jika font yang ditampilkan berukuran kecil. Selalu lakukan tes terlebih dahulu untuk melihat bagaimana tampilan web page Anda pada layar mobile.

    Dari situ Anda dapat melihat apakah ukuran font yang Anda pilih sudah cukup besar atau belum.

    7. Jangan gunakan flash

    Menggunakan flash pada website merupakan salah satu kesalahan SEO yang perlu Anda hindari. Menggunakan flash dapat memperpanjang waktu load website Anda.

    Selain itu, tidak semua browser dan device dapat menampilkan flash dengan baik, termasuk pada Android dan iOS.

    Konklusi

    Demikian berbagai cara yang bisa Anda terapkan untuk membuat website Anda lebih mobile friendly. Namun perlu diingat, pola dan teknologi penggunaan mobile device akan terus mengalami perubahan. Maka, website saat ini yang terbilang mobile friendly belum tentu akan tetap demikian ke depannya.

    Untuk itu, penting bagi Anda untuk terus melakukan perbaikan dan mengikuti perkembangan perilaku mobile users setiap saat. Jika Anda membutuhkan bantuan dalam membuat website yang mobile friendly, Meson Digital Marketing Agency siap membantu Anda dengan jasa pembuatan website kami.

    Ready to Discuss Your Project?

    Tell Us About Your Project

      Open chat