Cara Meningkatkan CTR yang Mudah untuk Menambah Web Traffic

Marchyandi Rayi
CTR

Daftar Isi:

    Meningkatkan CTR untuk Mendatangkan Traffic Website

    Apakah Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan klik dan mendatangkan traffic menuju website? Jika ya, maka mungkin saja alasannya adalah karena CTR (click through rate) website Anda rendah.

    Ketika user tidak tertarik untuk men-klik link menuju website Anda, maka tentu akan sulit bagi Anda untuk mendapatkan traffic.

    Rendahnya traffic kemudian akan berdampak buruk pada keseluruhan strategi marketing dan bisnis Anda mulai dari sedikitnya leads yang didapatkan, menurunnya ranking pencarian organik website Anda, bahkan penurunan penjualan.

    Maka dari itu, sangat penting bagi Anda pemilik website untuk mendatangkan klik sebanyak-banyaknya menuju website. Pada artikel ini, kami akan menghadirkan beberapa cara meningkatkan CTR yang praktis dan mudah untuk dilakukan dalam upaya meningkatkan traffic website.

    Menemukan Page dan Keyword dengan CTR Rendah

    Sebelum melakukan optimasi, tentu Anda perlu terlebih dahulu mengidentifikasi keywords dan page mana pada website Anda yang menerima CTR paling rendah. Hal itu bisa Anda ketahui dengan mengamati Performance report pada akun Google Search Console Anda.

    Performance report

    Pada report tersebut, Anda dapat menemukan kata kunci pencarian yang digunakan user untuk masuk ke website Anda, termasuk jumlah klik, impressions, CTR, dan rerata posisi ranking-nya.

    Pilih lah beberapa page dan kata kunci pencarian yang telah berada di halaman pertama hasil pencarian Google, namun memiliki CTR yang relatif rendah. Lalu prioritaskan page tersebut untuk kemudian dilakukan optimasi.

    Cara Meningkatkan CTR dengan Mudah

    Setelah menentukan page mana saja yang perlu Anda optimasi, maka Anda bisa menerapkan beberapa cara di bawah ini untuk meningkatkan CTR dari beberapa page tersebut.

    1. Memperbaiki Keyword Cannibalization

    Keyword cannibalization terjadi ketika terdapat banyak page website Anda yang berkompetisi untuk mendapatkan ranking pada kata kunci yang sama.

    Ketika beberapa page website Anda muncul pada satu kata kunci yang sama, maka klik yang didapatkan setiap page pun akan terbagi dan akhirnya menyebabkan angka CTR Anda rendah.

    Beberapa langkah bisa Anda lakukan untuk mengatasi keyword cannibalization. Misalnya dengan menggabungkan beberapa konten yang memiliki topik dan focus keyword sejenis, memperbaiki alur internal link, dan menggunakan 301 redirects.

    2. Membuat Title SERP yang Lebih Menarik

    Title link Anda yang muncul pada SERP (Search Engine Result Page) merupakan hal paling pertama yang diperhatikan user ketika melakukan pencarian. Tanpa title yang jelas dan menarik, maka akan sulit untuk mendapatkan klik.

    Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki title Anda, diantaranya:

    a. Gunakan bahasa yang umum

    Bahasa pada title yang terlalu rumit dan teknis akan menyulitkan user untuk memahami informasi apa sebenarnya yang ada pada konten Anda. Selain itu, Google juga telah mampu mengidentifikasi title mana yang tidak ramah-pengguna.

    b. Menggunakan tanda kurung

    Menurut studi yang dilakukan oleh Hubspot, page yang menggunakan tanda kurung pada headline memiliki performa 38% lebih baik dibandingkan dengan headline tanpa penggunaan tanda kurung.

    Tanda kurung digunakan untuk memberikan konteks pada headline atas konten yang terkandung di dalamnya. Misalnya, dengan menambahkan [Foto], [Interview], [Slideshow], [Video] pada title untuk menjelaskan isi konten sebuah page.

    c. Menambahkan Tahun

    Menyertakan tahun pada title Anda dapat menjadi sinyal bagi user bahwa page Anda memiliki konten atau informasi yang updated atau terkini.

    Sebagai contoh, jika konten Anda membagikan tips mengenai cara menata kamar, Anda bisa menggunakan ‘Tips Menata Kamar di Tahun 2021’ sebagai title konten Anda.

    3. Menggunakan URL yang Deskriptif

    URL yang deskriptif akan membantu user memahami isi konten Anda. Tentu user akan lebih memilih untuk mengeklik:

    meson-digital.com/blog/cara-menjalankan-facebook-marketing

    Ketimbang dengan:

    meson-digital.com/blog=success/12345?

    Karena lebih mudah dipahami.

    Selain itu, struktur URL juga akan mempengaruhi performa SEO Anda. Dengan memiliki struktur URL yang jelas, Google akan lebih mudah dalam melakukan crawling pada website Anda.

    4. Mengoptimasi Meta Description

    Pastikan informasi yang Anda letakkan pada meta description relevan dengan isi konten pada page Anda. Gunakanlah power words, atau kata-kata yang persuasif untuk mengajak user masuk menuju website Anda.

    5. Memanfaatkan Schema Markup

    Schema markup merupakan serangkaian kode yang diletakkan pada website Anda untuk memberitahu search engine agar menampilkan beberapa informasi tertentu pada page Anda kepada user.

    Dengan menerapkan schema markup, tampilan link Anda pada SERP akan lebih kaya informasi yang tentu membantu untuk mendapatkan lebih banyak klik.

    6. Memperbaiki Waktu Load Page

    Secara tidak langsung, waktu load page turut mempengaruhi jumlah CTR yang Anda terima. Jika page Anda membutuhkan waktu load yang sangat lama, user akan keluar dari page Anda dan akhirnya Anda tidak jadi mendapatkan klik.

    Maka dari itu, mempercepat waktu load page website bisa menjadi salah satu strategi atau cara yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan CTR website.

    Konklusi

    Terdapat banyak cara lainnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan CTR website Anda. Namun, beberapa tips di atas bisa Anda terapkan sebagai langkah awal untuk membuat traffic website Anda menjadi meningkat.

    Jika Anda membutuhkan bantuan lebih untuk meningkatkan traffic website, atau sekedar ingin berkonsultasi, Meson bersedia membantu.

    Meson Digital Agency Jakarta berpengalaman mengelola Search Engine Marketing dari brand di berbagai sektor bisnis.

    Kami siap membantu Anda dalam merancang dan menerapkan strategi SEM maupun SEO yang tepat untuk membantu bisnis Anda mencapai performa penjualan yang lebih baik lewat jasa search marketing kami.

    Ready to Discuss Your Project?

    Tell Us About Your Project

      Open chat