Cara Mudah Meningkatkan Domain Authority Website Anda

Marchyandi Rayi
Domain quick search

Daftar Isi:

    Meningkatkan Skor Domain Authority Website Anda

    Pada kesempatan sebelumnya, kami telah membahas secara umum mengenai apa itu Domain Authority, bagaimana DA dikalkulasi, dan berapa rerata domain authority yang baik.

    Mungkin Anda menemukan artikel ini dengan harapan ingin meningkatkan skor Domain Authority dari website Anda. Jika itu tujuan Anda, maka Anda berapa pada artikel yang tepat.

    Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk meningkatkan skor DA website Anda.

    Mengapa Anda Ingin Meningkatkan Skor DA?

    Mungkin pertanyaan ini cukup aneh, namun penting untuk Anda ingat bahwa domain authority bukanlah bagian dari ranking factor algoritma Google dan tidak akan memiliki pengaruh apapun terhadap ranking pencairan website Anda.

    Domain authority hanyalah sebuah metrik yang didesain sebagai indikator kesuksesan website dalam mengukuhkan authority pada kompetisi dengan website lainnya.

    Maka dari itu, domain authority bukanlah hal yang perlu Anda perbaiki untuk meningkatkan ranking pencarian Anda.

    Memang betul bahwa website yang memiliki skor DA tinggi akan lebih baik dibandingkan dengan website yang memiliki skor DA yang rendah.

    Keinginan untuk meningkatkan skor DA website pun bukanlah sebuah kekeliruan. Tetapi, jangan jadikan mendapatkan skor DA yang tinggi sebagai tujuan akhir dari strategi SEO Anda.

    Akan menjadi sebuah kekeliruan ketika Anda terlalu terobsesi untuk meningkatkan skor DA dan abai bahwa tujuan akhir sebetulnya dari strategi SEO Anda adalah mendatangkan traffic organik yang berkualitas menuju website Anda.

    Alhasil, meskipun Anda kelak berhasil meningkatkan skor DA website, bisnis atau brand Anda tidak akan menuai keuntungan apapun dari strategi yang Anda jalankan.

    Apa Kegunaan dari Domain Authority?

    Jika meningkatkan skor DA tidak dapat membantu memperbaiki ranking pencarian, lantas apa kegunaan sebenarnya dari DA?

    Domain authority merupakan metrik yang sangat baik untuk memahami tingkat kompetitif dari website Anda. Dengan mengetahui DA website Anda dan website kompetitor, Anda dapat mengukur seberapa besar usaha yang perlu Anda keluarkan untuk mendapatkan ranking pada keyword tertentu.

    Sebagai contoh kasus, website Anda memiliki skor DA 30, dan Anda menemukan bahwa rata-rata skor DA website kompetitor pada keyword yang ingin Anda targetkan adalah 25.

    Dari informasi itu, cukup aman untuk ditarik kesimpulan bahwa mendapatkan ranking pada keyword tersebut tidak akan terlalu sulit.

    Sebaliknya, jika Anda menemukan bahwa rata-rata skor DA dari website kompetitor Anda adalah 80, maka sebaiknya Anda kembali melakukan riset keyword dan mencari target keyword yang lain terlebih dahulu sembari membangun traffic dan authority dari website Anda.

    Cara Meningkatkan Domain Authority Website

    Sekarang Anda telah memahami apa sebetulnya kegunaan dari domain authority.

    Meskipun Anda tidak perlu berfokus untuk meningkatkan skor DA, namun beberapa cara di bawah ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan skor DA website sembari memperbaiki performa strategi SEO Anda secara keseluruhan.

    1. Mendapatkan high-authority link

    DA memanglah bukan ranking factor dari algoritma pencarian Google. Namun jumlah dan kualitas link yang website Anda dapatkan menjadi salah satu faktor terpenting bagi algoritma Google dalam menentukan ranking pencarian.

    Ditambah lagi, mendapatkan link dengan authority yang tinggi juga dapat meningkatkan skor DA Anda.

    2. Mengurangi link yang spammy

    Moz memiliki metrik tersendiri bernama Spam Score yang berguna untuk mendeteksi link yang spammy pada website Anda. Semakin banyak spam link yang website Anda dapatkan, maka akan semakin sulit website Anda untuk meningkatkan skor DA.

    Selain itu, Google juga tidak menginginkan website yang muncul pada hasil pencariannya dipenuhi oleh link-link spammy.

    3. Mendapatkan link penyumbang traffic yang besar

    Mendapatkan link dari page atau website yang memiliki banyak traffic adalah sesuatu yang baik bagi performa website Anda karena hal itu akan menunjukkan bahwa page Anda relevan dengan konten pada website yang menaut page Anda.

    Jadi, akan lebih baik jika Anda berfokus untuk mendapatkan beberapa link dari website yang memiliki banyak traffic dibandingkan dengan mementingkan kuantitas link tanpa memperhatikan kualitasnya.

    Konklusi

    Memang sebetulnya memungkinkan untuk memanipulasi skor DA website Anda dengan cara-cara yang ‘instan’, contohnya dengan membeli link. Namun pertanyaan yang harus Anda jawab sebelum melakukan hal itu adalah, hasil apa yang ingin Anda capai?

    Meningkatnya skor DA lewat cara-cara instan tidak akan membantu website Anda untuk memiliki performa yang lebih baik, bahkan kadang berpotensi untuk merugikan akibat mendapatkan penalti dari Google.

    Maka dari itu, fokuslah untuk menjalankan off-page SEO lewat beberapa cara di atas, dan hanya jadikan skor DA sebagai metrik acuan bagi usaha yang telah Anda lakukan.

    Meson adalah digital marketing agency Jakarta yang telah berpengalaman menangani proyek SEO untuk brand dari berbagai industri.

    Jika Anda ingin menjalankan strategi SEO untuk brand Anda, Meson siap membantu lewat jasa search marketing kami.

    Ready to Discuss Your Project?

    Tell Us About Your Project

      Open chat