11 Cara Meningkatkan Traffic Website Paling Ampuh

Syah Rezi Tungga Dewi
cara meningkatkan traffic website

Daftar Isi:

    Memiliki sebuah website untuk menunjang bisnis adalah hal penting. Dengan memiliki website, Anda dapat meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan yang pada akhirnya akan menciptakan transaksi. Semua hal tersebut dapat berjalan apabila website Anda memiliki traffic yang baik. Oleh karenanya, dibutuhkan pengetahuan yang memumpuni mengenai bagaimana cara meningkatkan traffic website. 

    Bagaimana cara meningkatkan pengunjung website? Simak ulasannya berikut ini!

    1. Lakukan Riset Keyword  

    Hal pertama yang Anda dapat lakukan adalah riset keyword yang relevan dengan bisnis untuk meningkatkan traffic website. Keyword adalah sebuah kata kunci yang umumnya digunakan seseorang ketika mencari informasi tertentu dalam search engine. Setelah Anda tahu keyword apa saja yang paling relevan, Anda dapat menggunakan kunci tersebut untuk panduan penulisan sebuah artikel atau copy halaman website. 

    Riset keyword dapat Anda lakukan dari berbagai sumber, mulai dari tools khusus bahkan dari kompetitor bisnis sekalipun. Alat yang biasa digunakan untuk melakukan riset keyword adalah Ahrefs, SEMrush, sampai MOZ. Tools tersebut dapat menunjukkan seberapa banyak sebuah keyword sering dicari melalui search engine dan bagaimana tingkat kesulitan keyword tersebut. 

    Ketika melakukan riset keyword, Anda perlu mempertimbangkan mengenai search volume dan keyword difficulty. Yang dimaksud dengan search volume adalah jumlah pencarian kata kunci tertentu pada search engine dalam kurun waktu tertentu. 

    Sementara itu, keyword difficulty adalah tingkat yang menunjukkan seberapa sulit sebuah keyword untuk berada di halaman awal search engine dan berkompetisi dengan website yang lain dengan keyword serupa. 

    Berdasarkan riset keyword yang Anda lakukan, pilihlah kata kunci dengan search volume tinggi dan keyword difficulty rendah. Dengan begitu, kemungkinan page website akan ranking di halaman awal search engine juga semakin besar. 

    Walau sebagai tools sudah menyiapkan analisis khusus yang menjelaskan tentang keyword difficulty dan search volume, Anda juga perlu mempertimbangkan tentang search intent atau tujuan utama dari pencarian suatu keyword. Hal ini akan membantu Google untuk melakukan analisis apakah page Anda layak untuk berada di page awal atau tidak. 

    2. Tulis Artikel Semenarik Mungkin

    Setelah Anda melakukan keyword research, cara meningkatkan traffic website yang perlu dilakukan adalah menulis artikel dengan semenarik mungkin. Untuk itulah Anda wajib memahami siapa audiens dari bisnis Anda. Kemudian, tulislah judul yang menarik agar audiens berminat untuk membaca konten yang Anda buat.

    Judul yang baik adalah judul yang tidak terlalu panjang dan terlalu pendek, cukup tuliskan 50 – 70 karakter. Selain itu, jangan letakkan keyword utama secara berulang terus menerus pada judul dan keseluruhan artikel. Gunakan gaya bahasa yang mudah dipahami audiens berdasarkan konsep SEO friendly.  

    Kriteria artikel yang sesuai dengan konsep SEO friendly antara lain: 

    1. Menggunakan kata kunci yang relevan, di mana kata kunci tersebut terdapat di judul, heading, paragraf awal, tengah, dan akhir artikel;
    2. Terdapat internal link yang mengarah ke artikel di website dengan topik sejenis; 
    3. Memiliki struktur heading yang jelas dan runut;
    4. Dilengkapi dengan gambar visual yang menarik;
    5. Isi konten tidak terlalu panjang atau terlalu pendek, tetapi mudah dibaca dan mampu menjelaskan secara komprehensif. 

    Walau konsep SEO tetap dibutuhkan dalam penulisan di website, bukan berarti konsep penulisan cerita yang menarik tidak terpakai begitu saja. Anda tetap harus menulis dengan sudut pandang yang menarik dan tidak bertele-tele. 

    Gunakan pula konsep story telling agar artikel lebih mudah dibaca oleh audiens sehingga tidak akan meningkatkan bounce rate. Sederhananya, bounce rate adalah persentase pengguna yang masuk dan meninggalkan website tanpa mengunjungi page website yang lain atau melakukan interaksi pada page di website Anda.

    3. Update Konten Lama

    Sebuah konten tidak selamanya relevan seiring bertambahnya tahun. Terkadang, terdapat content yang perlu diperbaharui. Anda perlu rutin melakukan evaluasi untuk menemukan konten-konten yang belum menghasilkan trafik website secara signifikan. 

    Bila Anda menemukan content seperti itu, Anda tidak perlu menghapus konten tersebut. Anda hanya perlu memperbaikinya. Gunakanlah Google Search Console untuk mengetahui di kata kunci apa saja yang ada di setiap halaman website.Setelah mengetahui query apa saja yang kurang optimal, Anda dapat mempertimbangkan menambahkan query baru pada artikel yang mempunyai potensi untuk mengundang traffic.  

    Selanjutnya Anda juga perlu menelisik lebih dalam apakah pembahasan pada artikel masih relevan dengan perkembangan saat ini. Jika ternyata terdapat pembahasan yang kurang relevan, Anda dapat melakukan revisi atau penambahan sehingga topik yang ada jauh lebih relevan. 

    Anda juga bisa mulai menelisik apakah artikel lama tersebut memenuhi aspek SEO friendly atau tidak. Sebab, seringkali dijumpai artikel blog lama yang tidak sesuai dengan kaidah SEO, entah pada meta description atau pada penyusunan struktur artikel. 

    4. Tingkatkan SEO On Page

    Cara meningkatkan traffic berikutnya adalah dengan mengimplementasikan atau meningkatkan SEO on page pada website. SEO on page meliputi judul, URL dan permalink, isi artikel, heading, serta media yang ada dalam artikel. 

    Pengoptimalan SEO on page dapat meningkatkan peluang page website Anda untuk berada di halaman pertama search engine ketika user melakukan pencarian terkait kata kunci tertentu. 

    5. Optimasi Laman Website

    Laman website yang lambat dan tidak responsif membuat pengunjung meninggalkan website jauh lebih cepat. Inilah yang akan meningkatkan bounce rate. Adanya tingkat bounce rate tinggi dapat menurunkan pengalaman pengguna website sehingga mereka enggan untuk mengunjungi website Anda kembali.  

    Anda perlu mengoptimalkan kecepatan halaman website untuk mencegah bounce rate yang meningkat. Akan tetapi, loading website cepat saja belum cukup untuk membuat laman website semakin optimal. Anda juga perlu memastikan website berjalan lancar dan responsif di perangkat desktop dan mobile.

    6. Gunakan Backlink

    Cara meningkatkan traffic pengunjung lainnya adalah  menggunakan strategi backlink. Menggunakan backlink yang berkualitas tidak hanya dapat meningkatkan traffic, tetapi juga mampu meningkatkan authority website Anda secara spesifik di industri tertentu. 

    Cara backlink yang berkualitas untuk menambah traffic adalah dengan meningkatkan ranking itu sendiri dan mendorong referral traffic, yaitu traffic yang datang dari sumber lain, di mana sumber lain tersebut mengutip isi konten dari website Anda.   

    Selain isi konten dari backlink, hal lain yang mempengaruhi efektivitas backlink adalah kredibilitas website yang memberikan referal kepada website Anda. Dengan begitu kredibilitas website Anda pun juga meningkat.

    7. Pertimbangkan Digital Ads 

    Selain mengandalkan SEO on page dan off page, Anda juga bisa menggunakan digital ads sebagai sarana untuk meningkatkan suatu website. Digital ads adalah sebuah bentuk promosi melalui kanal digital. Sebuah digital ads memberlakukan tarif tertentu yang berbeda-beda pada setiap jenis. Cara kerja iklan online dapat dilakukan melalui beberapa kanal digital, lalu menggunakan website sebagai landing page. 

    Keuntungan dari digital ads yakni bisa menargetkan audiens yang diinginkan dan mendatangkan hasil yang cenderung lebih cepat dibandingkan cara organik. Itulah yang membuat digital ads mampu menyumbang traffic.  

    Ada tiga macam digital ads yang umum digunakan, yakni: 

    1. Search Engine Marketing (SEM). Konsep SEM hampir serupa dengan SEO. Yang membedakan antara SEM dan SEO adalah SEM berbayar sedangkan SEO tidak berbayar.
    2. Social Media Ads. Sesuai namanya, social media ads merupakan iklan yang dapat ditampilkan melalui media sosial. Contoh media sosial yang menyediakan wadah untuk beriklan adalah Facebook Ads. Pada awal 2022, pengguna Facebook di Indonesia telah mencapai 129,85 juta. Inilah yang menjadikan Facebook masih jadi media yang menjanjikan untuk beriklan. 
    3. Programmatic ads. Singkatnya, programmatic ads adalah proses pembelian dan penjualan ruang iklan digital secara otomatis, di mana iklan tersebut akan ditempatkan pada banner yang dimiliki blog publisher.

    8. Aktif di Media Sosial

    Membicarakan traffic tidak harus melulu soal website. Jangan lupa manfaatkanlah media sosial yang Anda miliki. Anda bisa membuat konten berdasarkan postingan dari website, formatnya bisa mengikuti platform media sosial media terkait mulai dari infografis, foto, dan video. Buat visual semenarik mungkin untuk menarik audiens. Kemudian, sematkan tautan dari blog website Anda pada postingan tersebut. 

    Ada pula cara yang lebih mudah, yakni dengan meletakkan tautan website Anda pada bio di media sosial yang Anda miliki. Alhasil, orang yang mengunjungi website Anda  dapat langsung melihat link menuju website dan mengeklik tautan tersebut.

    9. Manfaatkan Komunitas

    Ada banyak komunitas di luar sana, contohnya komunitas yang berdasarkan hobi atau pekerjaan. Biasanya komunitas tersebut mulai menggunakan platform online untuk berkomunikasi dan atau melakukan kegiatan rutin dengan sesama rekan dari komunitas. 

    Anda dapat mulai bekerja sama dengan berbagai macam komunitas yang masih berkaitan erat dengan bisnis Anda. Contohnya, jika Anda adalah perusahaan penyedia jasa domain, maka Anda dapat bekerja sama dengan komunitas blogger. 

    Keberadaan komunitas ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan traffic pada website. Langkah yang dapat Anda mulai bisa sangat mudah, mulai dari aktif di grup Telegram sesuai industri bisnis Anda serta berinteraksi di kolom komentar Instagram. 

    Ketika Anda aktif berinteraksi dengan suatu komunitas, maka kemungkinan audiens yang berasal dari komunitas tersebut untuk mengakses konten dari website Anda, Namun, pastikan aktivitas yang Anda lakukan Anda tidak bersifat spam karena justru akan membuat audiens tidak nyaman.

    10. Kirim Newsletter

    Untuk membuat audiens tetap mengunjungi website dengan rutin, maka mulailah melakukan campaign newsletter. Konten dari sebuah newsletter bisa sangat beragam, mulai dari tips, case study, hasil survei di industri tertentu, hingga berita terkini. 

    Ada baiknya Anda juga menyesuaikan isi konten newsletter sesuai dengan audiens perusahaan Anda. Isi dari content newsletter bisa  beragam, mulai dari berita terkini mengenai industri terkait, e-book, use case, sampai tips atau trivia yang bisa audiens terapkan dalam kehidupan mereka.  

    Namun, jangan kirimkan email setiap hari karena akan sangat mengganggu. Cukup kirim newsletter seminggu sekali serta pastikan email mudah dibuka di smartphone. Sebab, hampir rata-rata orang kini lebih sering menggunakan smartphone untuk membuka email. Gunakan copywriting dan bahasa yang personal agar lebih mudah dibaca. 

    11. Bekerjasama dengan Media

    Melakukan kerja sama dengan media untuk meningkatkan awareness brand sangatlah baik untuk traffic website. Ketika awareness dari masyarakat meningkat, secara tidak langsung mereka akan mulai mencari nama brand Anda melalui search engine lalu mengakses laman website Anda. Inilah yang dapat membantu meningkatkan traffic.  

    Liputan dari media secara tak langsung juga berperan sebagai validasi dari pihak eksternal untuk perusahaan Anda. Aspek yang diliput bisa bermacam-macam, mulai dari produk atau layanan yang Anda sajikan sampai suasana kerja yang dapat meningkatkan citra positif perusahaan di mata masyarakat. 

    Konklusi

    Itulah berbagai cara meningkatkan traffic website yang dapat Anda gunakan. Dengan tingkat pengunjung website yang tinggi, maka hal tersebut akan berpengaruh kepada perkembangan bisnis Anda. Meson Digital Marketing Agency hadir untuk membantu dalam menerapkan strategi SEO yang baik untuk meningkatkan traffic website.

    Ready to Discuss Your Project?

    Search Articles

    Tell Us About Your Project