Cara Menulis Meta Description yang Menghasilkan Traffic

Yeremia Anugerah
Meta description

Daftar Isi:

    Menulis Meta Description

    Meta description adalah meta tag HTML berisi rangkuman konten suatu halaman dan panjangnya biasanya sekitar 155 karakter saja.

    Meta description merupakan bagian penting dalam sebuah situs karena berfungsi untuk mendorong seseorang yang sedang melakukan pencarian di mesin pencari agar men-klik link ke situs Anda.

    Meta deskripsi memang tidak memiliki manfaat langsung terhadap peringkat pada algoritma mesin pencari. Meski demikian, ada manfaat tidak langsung yang bisa Anda dapatkan, yaitu meningkatkan click-through-rate (CTR).

    Semakin banyak orang men-klik tautan Anda, maka mesin pencari akan menganggap tautan dan situs Anda sebagai hasil pencarian yang baik dan banyak dicari. Artinya, rekomendasi akan situs Anda juga otomatis akan meningkat.

    Dengan manfaat tersebut, mengoptimasi meta description menjadi sangat penting untuk perkembangan situs Anda.

    Tips Cara Menulis Meta Description yang Mendatangkan Traffic

    Menulis meta description tidak bisa sembarangan, karena jika tidak ditulis dengan optimal maka akan sia-sia dan tidak akan berpengaruh pada peningkatan traffic situs Anda.

    Untuk cara menulis meta description yang baik sekaigus mampu mendatangkan traffic dengan mudah, Anda akan perlu memerhatikan beberapa tips berikut ini.

    1. Jangan melebihi 155 karakter

    Sebenarnya memang tidak ada batasan seberapa panjang meta deskripsi yang bisa Anda tulis, karena itu semua tergantung pesan seperti apa yang ingin disampaikan.

    Meski demikian, jangan membuatnya terlalu panjang, karena umumnya hasil pencarian Google hanya akan menunjukan rangkuman sepanjang 120 sampai 156 karakter.

    Berikut contoh deskripsi pendek tidak lebih dari 156 karakter:

    Produk perawatan kulit terbaik untuk masalah kulit berjerawat, termasuk bahan alami yang bisa digunakan dari dapur Anda.

    Pastikan tulisan tersebut memuat pesan yang ingin disampaikan, tapi di saat yang sama usahakan tetap pendek dan menarik. Pengguna memang tidak bisa mengendalikan apa yang akan ditampilkan oleh hasil pencarian Google.

    Dengan membuat meta description yang pendek dan menarik, maka Google bisa memperlihatkan keseluruhan teks deskripsi tersebut tanpa terpotong.

    2. Menggunakan kalimat aktif

    Meta description bisa dibilang adalah undangan bagi pembaca untuk masuk ke dalam situs. Jadi, pastikan deskripsi Anda menggunakan kalimat aktif dan jelas mengundang.

    Menggunakan terlalu banyak kalimat berbunga-bunga terkadang malah akan membuat pembaca bingung karena mereka tidak tahu apa yang akan mereka dapatkan dari halaman Anda.

    Gunakan kalimat deskripsi yang aktif, memotivasi dan secara langsung mengajak pembaca. Jadi pembaca akan langsung tahu apa yang mereka dapatkan jika men-klik tautan menuju halaman situs Anda.

    Berikut ini contoh meta description dengan kalimat aktif:

    Memiliki rumah yang menawan tidak lagi sekadar impian. Bangun rumah idamanmu dengan beberapa tips dekorasi sederhana berikut.

    SEO ranking

    3. Menyertakan call-to-action

    Meta description yang baik adalah yang menyertakan call-to-action (CTA) atau ajakan bagi para pembaca untuk langsung bertindak. Anda bisa menambahkan beberapa kata-kata call-to-action seperti Coba sekarang juga, Cari tahu lebih lanjut, dan lain-lain.

    Berikut ini contohnya:

    Agen perjalanan kami mampu memberikan Anda pengalaman liburan yang menyenangkan dan bebas ribet ke berbagai tempat eksotis di Indonesia. Coba sekarang juga!

    4. Menyertakan target keyword

    Ketika suatu kata kunci ketika melakukan pencarian sesai dengan bagian dari suatu teks pada meta description, maka Google akan cenderung menggunakan dan menunjukkannya pada hasil pencarian.

    Akibatnya, tautan tersebut jadi terlihat lebih mengundang dan relevan. Terkadang Google juga menunjukkan hasil sinonimnya.

    5. Usahakan selaras dengan konten pada page

    Jangan sekali-kali mencoba mengakali mesin pencari dengan menggnakan meta deskripsi sebagai trik agar pengunjung men-klik tautan tersebut. Google akan segera menyadarinya dan bisa-bisa malah memberikan hukuman pada situs Anda.

    Selain berisiko terkena pinalti, deskripsi yang tidak selaras dengan isi keseluruhan konten malah akan meningkatkan bounce rate. Bounce rate yang tinggi artinya pengunjung tidak bertahan lama pada situs Anda.

    Inilah mengapa saat melengkapi meta tag title ataupun meta title ataupun meta description harus sesuai dengan isi konten.

    6. Buat menjadi unik

    Usahakan meta deskripsi Anda berbeda di setiap halaman situs Anda. Pasalnya, deskripsi yang sama akan membuat pengalaman pengunjung situs Anda jadi terhambat.

    Meskipun judul halaman berbeda, semua halaman lainnya akan terlihat sama ketika semua deskripsi sama.

    Jika memang belum sempat melengkapi semua meta tag SEO, lebih baik kosongkan saja. Dengan demikian Google akan mengambil potongan dari isi konten yang mengandung kata kunci.

    Konklusi

    Melengkapi meta tag merupakan salah satu bagian penting dari optimasi meta tag SEO dan berperan penting dalam meningkatkan performa On Page SEO website Anda. Ini merupakan salah satu trik agar website Anda bisa mencapai halaman depan mesin pencari Google.

    Namun jika Anda masih belum yakin bagaimana cara membuatnya, hubungi Meson Digital Marketing Agency yang menyediakan jasa dan konsultasi seputar SEO.

    Ready to Discuss Your Project?

    Search Articles

    Tell Us About Your Project