Google Ads vs Facebook Ads : Mana yang Lebih Baik?

Jordy Gunawan
Google Ads vs Facebook Ads

Daftar Isi:

    Perbedaan Antara Google Ads dan Facebook Ads

    Di era digital seperti ini, persaingan bisnis tentu semakin ketat. Tentunya agar customer mengetahui bisnis dan produk atau jasa yang Anda jual, iklan memiliki peran yang vital sebagai sarana promosi.

    Dengan semakin berkembangnya teknologi digital, Anda tidak perlu lagi untuk memasang iklan di papan iklan, di koran, atau bahkan membagikan brosur di jalan.

    Digital marketing menjadi penting jika Anda tidak ingin tertinggal oleh pesaing bisnis Anda. Saat ini, sudah tersedia berbagai platform digital yang Anda bisa gunakan sebagai media promosi. Dua dari sekian banyak platform yang paling banyak digunakan adalah Facebook Ads dan Google Ads.

    Facebook Ads adalah platform iklan yang dikembangkan oleh jejaring sosial Facebook. Saat ini, Facebook masih menjadi platform sosial media dengan pengguna aktif terbanyak di dunia.

    Sementara itu, Google Ads merupakan platform iklan yang dimiliki oleh Google. Seperti yang kita ketahui, Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh mayoritas orang untuk mencari informasi.

    Google Ads vs Facebook Ads

    Facebook Ads dan Google Ads merupakan layanan iklan berbayar yang akan membawa pengunjung melihat iklan yang menampilkan bisnis Anda.

    Agar anda bisa memanfaatkannya secara efektif, ada baiknya untuk memahami layanan tersebut. Untuk itu, mari kita mulai membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari kedua platform beriklan  ini.

    Kelebihan Facebook Ads dan Google Ads

    Kelebihan Facebook Ads

    Sejak Facebook diluncurkan pada tahun 2004, Facebook menjadi tempat yang nyaman untuk menjalin relasi. Ini bisa menjadi peluang untuk memperkenalkan produk atau jasa Anda kepada para pengguna Facebook.

    Banyaknya pengguna yang setiap harinya semakin eksis akan sangat berpotensi untuk menjadi customer anda.

    Selain itu, harga iklan yang lebih murah dan penempatan iklan yang lebih lama akan banyak membantu dalam memperkenalkan bisnis Anda pada customer.

    Sebagai contoh, saat ada seseorang tertarik untuk melihat iklan Anda dan memberi likes atau comment, aksi tersebut akan muncul di beranda orang lain juga. Jadi, secara tidak langsung orang tersebut juga ikut mempromosikan bisnis Anda.

    Salah satu tips yang sering disarankan untuk memasarkan produk lewat Facebook adalah dengan memaksimalkan fitur untuk mengatur target customer tertentu berdasarkan minat serta usia dari penggunanya.

    Selain mengatur pengguna berdasarkan usia, Anda juga bisa menyaring melalui tempat tinggal pengguna. Dengan filter ini, iklan anda akan ditampilkan ke pengguna berdasarkan target yang telah Anda tentukan.

    Kelebihan Google Ads

    Sebagai mesin pencari paling populer di dunia yang menyajikan lebih dari 3.5 miliar hasil pencarian setiap harinya, Google memiliki jangkauan yang sangat luas.

    Semakin besar jangkauan dari sebuah platform, maka semakin besar juga kemungkinan iklan Anda untuk meraih audiens yang banyak.

    Anda juga bisa menargetkan customer berdasarkan aktivitas dan kebiasaan pencarian mereka. Hal tersebut akan membantu iklan Anda menjadi relevan dengan apa yang dibutuhkan oleh customer.

    Google Ads juga sangat membantu jika Anda menginginkan website yang berisikan produk anda muncul di halaman pertama dengan cepat.

    Kekurangan Facebook Ads dan Google Ads

    Kekurangan Facebook Ads

    Setelah mengetahui kelebihan yang bisa didapat jika memasang iklan di Facebook, kini ada hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang iklan di Facebook.

    Kebanyakan pengguna Facebook sangat sibuk dengan aktivitasnya masing-masing. Mulai dari berkomunikasi dengan teman, melihat postingan foto atau video, atau memperbarui status.

    Terkadang para pengguna mengabaikan iklan yang muncul, terlebih jika iklan tersebut kurang menarik. Jadi, kreativitas sangat dibutuhkan dalam perencanaan pengiklanan Anda di Facebook.

    Selain itu, keterbukaan pada kolom komentar Facebook juga memiliki sisi negatif. Pernahkah Anda mencoba suatu produk yang anda beli melalui iklan Facebook?

    Bagaimana jika Anda kurang puas dengan produk tersebut? Tentu salah satu hal yang akan Anda lakukan adalah dengan memberi komentar di iklan tersebut.

    Kebanyakan calon customer juga akan membaca komentar tersebut sebagai referensi sebelum membeli produk tersebut. Jika ada komentar negatif terhadap produk Anda, mereka juga bisa membaca komentar tersebut.

    Hal ini juga akan mempengaruhi produk atau jasa yang Anda tawarkan.

    Kekurangan Google Ads

    Meskipun Google Ads dapat menjangkau banyak pengguna, mereka belum tentu tertarik dengan produk atau jasa Anda. Mereka juga belum tentu membeli produk anda saat mengklik iklan Anda.

    Jadi, Anda harus membayar iklan tersebut entah mereka membeli produk Anda atau tidak.

    Anda juga harus memperhatikan budget sebelum memasang iklan di Google Ads. Memasang iklan di Google Ads memiliki jangka yang cukup pendek.

    Jadi, Jika budget Anda sudah habis, maka iklan Anda tidak akan tayang lagi di Google.

    Tentukan Tujuan Anda dalam Beriklan

    Meningkatkan Brand Awareness

    Saat anda ingin memulai sebuah bisnis baru, tujuan Anda pasti menginginkan calon customer tahu terlebih dahulu mengenai bisnis Anda. Anda juga ingin meyakinkan bahwa mereka akan terus mengingat brand Anda setelah beberapa hari.

    Jadi, jika tujuan utama Anda adalah untuk meningkatkan brand awareness, Facebook Ads mungkin cocok untuk bisnis Anda.

    Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jika pengguna tertarik dengan iklan Anda dan bahkan menyukainya, maka aktivitas mereka juga akan terlihat di beranda pengguna lain. Ini akan mempermudah orang lain mengetahui bisnis Anda.

    Meningkatkan Sales

    Jika Anda berfokus untuk meningkatkan sales, memasang iklan di Google Ads mungkin bisa menjadi pilihan untuk bisnis Anda. Sebagai mesin pencari paling populer, Google menjadi tempat bagi orang-orang yang sedang membutuhkan solusi.

    Karena saat mereka butuh informasi, mereka dapat langsung menuju Google untuk mencari jawabannya. Mungkin produk atau jasa yang anda tawarkan bisa menjadi solusi bagi kebutuhan mereka.

    Dengan tampilnya iklan Anda yang sesuai dengan kebutuhan mereka di halaman pertama, kesempatan Anda untuk meningkatkan sales akan semakin besar.

    Itulah penjelasan mengenai perbedaan Facebook Ads vs Google Ads. Ketika muncul pertanyaan mana yang lebih efektif antara kedua platform tersebut, keduanya efektif untuk membantu bisnis Anda. Namun, semuanya akan bergantung pada tujuan bisnis sedang ingin dicapai.

    Anda bisa menghubungi Meson Digital Marketing Agency untuk mendapatkan rekomendasi seputar pengiklanan online.

    Ready to Discuss Your Project?

    Search Articles

    Tell Us About Your Project

      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.