Engagement Rate: Apa Itu dan 4 Cara Menghitungnya

Marchyandi Rayi
Engagement rate

Daftar Isi:

    Mengukur Tingkat Interaksi Audience

    Memiliki banyak followers memang merupakan indikator positif bagi sebuah akun media sosial bisnis atau brand. Dengan banyaknya followers, maka berarti cakupan audience dari akun brand Anda juga semakin meluas.

    Namun seberapa banyak pun followers akun Anda, tidak akan ada artinya jika Anda tidak berhasil membangun relasi dan interaksi yang baik dengan mereka.

    Lantas bagaimana cara mengetahui tingkat keberhasilan akun Anda dalam berinteraksi dengan audience? Jawabannya adalah dengan menggunakan metrik engagement rate.

    Engagement rate merupakan salah satu metrik yang paling penting untuk diperhatikan dalam menjalankan social media marketing.

    Tanpa adanya pengukuran tingkat engagement, akan cukup sulit bagi Anda untuk mengembangkan strategi Anda dalam membangun interaksi dengan followers Anda.

    Apa Itu Engagement Rate?

    Engagement rate adalah sebuah metrik atau formula yang mengukur rasio interaksi yang didapat oleh konten tertentu dengan jumlah reach atau jangkauannya.

    Interaksi dalam konteks ini dapat berupa reactions, likes, komentar, membagikan konten, menyimpan konten, direct message, mentions, dan masih banyak lagi.

    Terdapat berbagai cara dalam menghitung engagement rate, dan penggunaan dari masing-masing kalkulasi akan berdasar pada objektif dari strategi social media marketing Anda.

    Metrik Engagement yang Paling Umum

    Beberapa metrik yang bisa dipakai sebagai acuan engagement akun atau konten Anda telah sedikit disinggung di atas. Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa metrik lainnya yang bisa dipakai untuk mengukur interaksi antara brand dan audience-nya.

    • Reactions
    • Likes
    • Komentar
    • Shares
    • Saves
    • Direct messages
    • Mentions
    • Klik
    • Retweet
    • Call
    • Texts
    • Sticker taps
    • Email
    • Menggunakan branded hashtags

    Ketersediaan setiap fitur interaksi di atas akan bergantung pada masing-masing platform media sosial yang digunakan.

    Misalnya saja, retweet merupakan interaksi yang khusus ada pada Twitter saja, begitupun dengan sticker taps yang merupakan fitur dari Instagram.

    4 Cara Menghitung Engagement Rate

    Seperti telah disinggung sebelumnya, terdapat banyak cara untuk menghitung engagement rate pada akun media sosial. Setiap kalkulasi engagement rate ini bisa Anda gunakan sesuai dengan tujuan utama dari social media marketing Anda.

    1. Engagement Rate by Reach (ERR)

    Engagement rate by reach (ERR) adalah cara yang paling populer dalam menghitung engagement rate.

    ERR menghitung persentase dari orang yang berinteraksi dengan konten Anda berdasarkan dari jumlah reach dari konten tersebut.

    Anda bisa menggunakan rumus engagement rate ini untuk menghitung rasio interaksi pada satu postingan:

    ERR = total interaksi per postingan / reach per postingan x 100

    Untuk mencari nilai rata-rata dari beberapa postingan, gunakan rumus berikut:

    Average ERR = total ERR / total postingan

    2. Engagement Rate by Post (ERP)

    Secara teknis, rumus ini mengukur interaksi followers pada postingan tertentu. Metrik ini hampir serupa dengan ERR, namun ERP menggunakan postingan sebagai parameter pengukurannya, bukan reach seperti pada ERR.

    Berikut rumus yang digunakan dalam menghitung ERR:

    ERP = Total interaksi pada sebuah postingan / Total followers *100

    3. Daily Engagement Rate (Daily ER)

    Ada baiknya juga bagi Anda untuk mengetahui seberapa sering followers Anda berinteraksi dengan akun Anda setiap harinya.

    Dengan mengukur Daily ER, Anda mungkin dapat menemukan bahwa terdapat hari-hari tertentu dimana followers Anda lebih aktif berinteraksi dengan akun Anda, dan dapat melakukan penyesuaian strategi berdasarkan temuan tersebut.

    Untuk menghitung Daily ER, gunakan rumus berikut:

    Daily ER = Total interaksi satu hari / Total followers *100

    Gunakan rumus di bawah jika Anda ingin mengetahui rata-rata engagement yang Anda terima setiap harinya:

    Average Daily ER = Total interaksi untuk X hari / (X hari * followers) *100

    Jangan lupa juga untuk memperhatikan faktor frekuensi posting Anda setiap harinya dalam satu minggu atau bulan dalam menghitung Daily ER.

    4. Factored Engagement Rate

    Seperti namanya, Factored Engagement Rate menghitung tingkat engagement dengan menambahkan bobot lebih atau kurang pada beberapa faktor-faktor tertentu dalam kalkulasinya.

    Misalnya saja menyematkan nilai yang lebih tinggi pada komentar dibandingkan dengan likes, setiap komentar akan memiliki bobot senilai 2 sedangkan likes atau bentuk interaksi lainnya memiliki nilai bobot 1.

    Factored Engagement Rate  = (Total komentar x 2) + bentuk interaksi lainnya / reach per postingan *100

    Berapa Angka Engagement Rate yang Baik?

    Sebagai rule of thumb, engagement rate yang baik berkisar antara 1% hingga 5%. Namun besaran angka tersebut akan berbeda-beda bergantung pada berbagai faktor seperti niche, demografik audience,  dan juga jumlah followers.

    Semakin banyak followers yang Anda miliki, maka akan semakin sulit untuk mencapai angka engagement rate yang tinggi. Data lebih rinci terkait rata-rata engagement rate di Indonesia bisa Anda temukan lewat grafik yang dibuat oleh Sociabuzz.

    Konklusi

    Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa penting bagi Anda untuk mengukur engagement rate dari strategi social media marketing yang Anda jalankan.

    Untuk menghitungnya, Anda dapat menggunakan beberapa macam formula, yang bisa Anda sesuaikan sendiri dengan kebutuhan Anda.

    Menghitung engagement rate dapat menjadi langkah awal dalam usaha memperbaiki strategi konten maupun strategi marketing keseluruhan Anda.

    Jika berencana untuk meningkatkan engagement rate dari akun bisnis atau brand Anda, Meson Digital Agency siap membantu lewat jasa social media marketing kami.

    Ready to Discuss Your Project?

    Tell Us About Your Project

      Open chat