Framework JavaScript Terbaik di Tahun 2023

Jordy Gunawan
Programming Language JavaScript

Daftar Isi:

    Framework merupakan koleksi dari tools yang yang dirancang untuk bahasa pemrograman tertentu. Bila sebuah buku diumpamakan sebagai bahasa pemrogaman, maka framework adalah perpustakaannya. Framework JavaScript dirancang agar developer bisa membangun sistem menggunakan bahasa JavaScript dengan lebih efisien.

    Kini sudah banyak sekali tersedia framework JavaScript untuk membuat aplikasi yang menarik secara visual dan memberikan user experience terbaik. User experience menjadi prioritas utama dalam setiap website saat ini. Sebagian besar website raksasa dunia yang sukses adalah mereka yang menyajikan user interface yang sederhana, kuat, dan brilian dengan mengutamakan user experience.

    Berikut ini beberapa framework JavaScript terbaik dan terpopuler untuk web development yang kami sajikan bersama dengan ulasannya:

    1. React

    React
    reactjs.org

    Sebenarnya React bukanlah sebuah framework, melainkan JavaScript library, tetapi banyak developer yang menganggapnya sebagai sebuah framework. JavaScript library ini dikembangkan oleh Facebook dan juga menggunakan bahasa yang bersifat open-source.

    React berfokus pada data rendering pada Document Object Model (DOM) yang menawarkan fungsi ideal untuk mengantisipasi traffic yang tinggi dan membutuhkan platform yang stabil untuk mengatasinya.

    Platform ini banyak sekali digunakan untuk single-page application (SPA) dengan interface yang interaktif. Jika tujuan Anda adalah membangun aplikasi atau sistem yang stabil, maka React merupakan pilihan yang cocok bagi Anda.

    2. Angular

    Angular
    angular.io

    Angular adalah salah satu framework JavaScript yang cukup populer. Angular pada ulasan kali ini adalah satu-satunya yang menggunakan TypeScript. Secara resmi diluncurkan di tahun 2016, Angular dikembangkan oleh Google untuk menjembatani jurang antara permintaan teknologi yang meningkat dan konsep konvensional yang terbukti efektif.

    Tak seperti React, Angular menyajikan fitur two-way data binding yang berarti terdapat sinkronisasi real-time antara model dan tampilan. Platform ini sangat cocok untuk membuat aplikasi web dan mobile.

    Namun, bila pengetahuan tentang aplikasi web Anda terbatas, maka Angular bukan pilihan yang tepat karena platform ini cukup kompleks, rumit, dan tidak mudah untuk dipelajari. Namun pastinya ada alasan tersendiri mengapa perusahaan besar seperti BMW, Xbox, dan Forbes membangun aplikasinya menggunakan Angular.

    3. Vue.js

    Vue
    vuejs.org

    Vue.js adalah salah satu framework JavaScript yang paling populer saat ini. Platform ini unggul karena berukuran kecil dan menyediakan dua keuntungan utama, yakni Document Object Model (DOM) visual dan component-based. Vue merupakan framework yang sangat fleksibel untuk menambahkan dan mengurangi elemen pada situs Anda.

    Layaknya Angular, Vue.js juga menawarkan two-way data binding yang dapat membantu Anda mendesain aplikasi yang fleksibel. Platform yang sederhana ini sangat tepat bila Anda menginginkan aplikasi web yang stabil, interaktif, dan mampu bekerja dengan tugas yang banyak.

    Vue.js adalah bentuk keseimbangan antara proses yang sederhana nan dinamis. Walaupun Vue.js mampu mengoptimasi performa aplikasi dan mengatasi banyak permasalahan, platform ini kurang populer di kalangan market raksasa dan lebih dikenal dalam komunitas yang lebih kecil.

    4. Svelte

    Logo Svelte
    svelte.dev

    Svelte adalah framework JavaScript yang modern dan ringan untuk membuat aplikasi web. Framework JavaScript yang satu ini tidak memerlukan virtual DOM. Sebagai gantinya, Svelte menggunakan pendekatan compile-time untuk membuat aplikasi web, yang artinya mengubah komponen-komponen Anda menjadi kode JavaScript yang berjalan langsung di browser.

    Kelebihan utama yang dimiliki Svelte adalah sintaks yang sederhana dan mudah dipelajari. Hal ini memungkinkan Anda membuat aplikasi web dengan jumlah kode yang minimal dan efisien. Selain itu, Svelte menyediakan berbagai fitur dan tools untuk membuat aplikasi interaktif dan reaktif, seperti reactivity, template-based syntax, dan rangkaian komponen-komponen bawaan.

    Konklusi

    Itulah beberapa framework JavaScript terbaik dan terpopuler di 2023 beserta ulasannya masing-masing. Mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing framework akan membantu Anda untuk menentukan platform mana yang paling tepat untuk digunakan karena ini juga akan memengaruhi ketike melakukan web development.

    Anda memiliki kebutuhan web development? Jangan ragu untuk berkonsultasi mengenai jasa pembuatan website dengan Meson Digital Marketing Agency.

    Ready to Discuss Your Project?

    Search Articles

    Tell Us About Your Project