Semua yang Perlu Anda Ketahui Seputar Core Web Vitals 

Jordy Gunawan
Meson Digital PageSpeed Insights desktop

Daftar Isi:

    Apa itu Google Core Web Vitals?

    Sederhananya, Google Core Web Vitals adalah serangkaian metrics yang berhubungan dengan response (responsiveness), kecepatan, dan stabilitas visual dari sebuah website. Terdapat tiga parameter penting merupakan bagian dari ranking signal ini yaitu Largest Contentful Paint (LCP), First Input Delay (FID), dan Cumulative Layout Shift (CLS).

    Ranking Factor Baru Google

    Core Web Vitals saat ini telah menjadi menjadi salah satu bagian dari ranking signal dalam membentuk faktor ranking hasil pencarian baru Google  yang bernama “page experience”.

    Seperti namanya, page experience akan digunakan untuk memastikan user mendapatkan pengalaman yang positif dan memuaskan saat mengunjungi sebuah website.

    Untuk mengantisipasi kemunculan ranking factor baru dari Google ini, artikel ini akan membahas segala hal yang perlu Anda ketahui seputar Core Web Vitals.

    Mengapa Core Web Vitals Penting?

    Seperti yang telah disinggung di atas, Core Web Vitals akan menjadi salah satu faktor yang menentukan ranking hasil pencarian di Google mulai pertengahan tahun ini. Bersama dengan metrik lainnya seperti mobile-friendliness, safe browsing, dan HTTP security, metrik ini akan menjadi elemen-elemen yang diperhitungkan oleh algoritma Google ke depannya. Alasan tersebut tentunya cukup untuk membuat Core Web Vitals menjadi satu topik yang penting untuk Anda pahami dan terapkan.

    Metrics dari Core Web Vitals

    Core web vitals
    Sumber: googleblog.com

    Metrik yang diperkenalkan ke khalayak di bulan Mei 2020 ini, digunakan untuk mengukur kecepatan, responsiveness, dan stabilitas visual dari website.

    Setiap metrik akan memiliki tiga hasil penilaian:

    • Good
    • Needs improvement
    • Fail

    Google mengklasifikasi tiga metrik tersebut sebagai berikut:

    1. Largest Contentful Paint (LCP)

    LCP diukur dari jumlah waktu load yang dibutuhkan untuk menampilkan konten utama dari sebuah page. LCP akan banyak dipengaruhi oleh waktu render dari gambar, video, atau teks terbesar dalam viewport. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki nilai LCP situs Anda:

    • Mengeliminasi third-party script yang tidak benar-benar diperlukan
    • Meng-upgrade web host Anda
    • Mengatur lazy loading
    • Menghilangkan elemen page yang besar

    LCP yang ideal bagi sebuah website adalah 2.5 detik atau lebih cepat.

    First Input Delay (FID)

    FID mengukur waktu yang dibutuhkan bagi sebuah website untuk segala fitur interaktifnya— seperti tombol, scroll, dan keyboard input—bisa digunakan. Google menganggap metrik ini penting karena demikianlah users berinteraksi dengan sebuah website. Beberapa cara untuk meningkatkan skor FID antara lain:

    • Mengeliminasi third-party script yang tidak benar-benar diperlukan
    • Menggunakan browser cache

    FID yang ideal bagi sebuah website adalah di bawah 100ms.

    Cumulative Layout Shift (CLS)

    CLS mengukur jumlah layout shift yang tidak dikehendaki dari visual page content. Anda bisa meminimalisir skor CLS dengan cara:

    • Memastikan website Anda memiliki ruang khusus untuk iklan
    • Mengatur semua dimensi atribut media (video, gambar, GIF, inforgrafik, dll.)
    • Mempertimbangkan user experience ketika Anda menggunakan pop-up banner

    CLS yang ideal bagi sebuah website adalah di bawah 0.1.

    Tools untuk Mengukur Core Web Vitals

    Sekarang Anda telah mengetahui 3 metrik penting pembangunnya. Maka hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah cara mengukur Core Web Vitals Anda.

    Google menganggap metrik ini sangatlah krusial bagi pengalaman mengunjungi website. Atas dasar itu, Google membuat pelacakannya menjadi sesederhana mungkin. Google Chrome Experience Report mengumpulkan data setiap Core Web Vitals dari anonim real users.

    Data ini bisa Anda gunakan untuk menilai performa website mereka tanpa harus menggunakan instrumen analitik tambahan. Tools lain yang juga bisa Anda gunakan untuk mengukur performa Core Web Vitals website Anda adalah PageSpeed Insights, dan Core Web Vitals report pada Google Search Console.

    Demikian ulasan seputar ranking signal baru dari Google ini yang penting untuk Anda ketahui. jika Anda masih memiliki kesulitan dalam menjalankan SEO website bisnis Anda, Meson Digital Marketing Agency siap membantu Anda lewat jasa SEO kami.

    Ready to Discuss Your Project?

    Tell Us About Your Project

      Open chat