Cara Melihat dan Menggunakan Fitur Insight Instagram

Jordy Gunawan
Instagram

Daftar Isi:

    Instagram Insights – Fitur Analisa dari Instagram

    Instagram Insight adalah fitur analisa milik Instagram yang menyediakan sejumlah data yang berkaitan dengan demografi audiens, interaksi followers, hingga metrik-metrik yang bermanfaat untuk memahami target audiens Anda.

    Data yang disajikan akan memudahkan Anda untuk melihat konten, mengukur keberhasilan campaign, dan mengukur performa konten secara individu.

    Untuk mendapatkan akses ini, Anda perlu mengubah profil akun pribadi (personal account) ke akun bisnis (business account).

    Setelah mengubah akun menjadi business account, Anda dapat melihat Insight pada setiap konten yang telah di posting.

    Nah selanjutnya, kita pelajari dulu cara menggunakan Instagram Insights.

    Cara Melihat Insight Instagram

    Berikut adalah 3 cara untuk melihat Instagram Insights:

    1. Klik ikon Insights pada Instagram Profile

    Masuk ke profil Instagram bisnis Anda. Lalu, di pojok kanan terdapat ikon bergaris 3, klik pilih ikon diagram dengan tulisan Insights.

    2. Klik ikon “View Insights” di bawah gambar atau video

    Selain langkah pertama, Anda dapat melihat analytics pada setiap postingan secara individu dengan memilih salah satu postingan Anda, kemudian klik View Insights di bagian kiri bawah gambar atau video.

    3. Klik ikon “Seen By” pada Stories.

    Anda juga dapat melihat Insight untuk Instagram Stories dengan cara buka story pada profil, kemudian klik Seen By di pojok kiri bawah.

    Jika Anda sudah berhasil mengakses Instagram Insights, Anda akan melihat beberapa tab yang menunjukkan Activity, Content, dan Audience.

    a. Activity

    Tab Activity menunjukkan berapa kali pengguna berinteraksi dengan akun Instagram Anda selama 7 hari terakhir. Interaksi yang dimaksud adalah pengguna yang memberikan like, memberikan komentar, mengunjungi profil Instagram, men-klik link website, dll. Selain itu, Anda juga dapat menilai performa akun Instagram Anda dengan melihat jumlah reach dan impressions selama 7 hari terakhir.

    b. Content

    Selanjutnya, tab Content menunjukkan metrik-metrik yang berkaitan dengan konten Anda. Seperti membandingkan jumlah postingan feed, stories, dan konten iklan minggu lalu dengan minggu sebelumnya.

    c. Audience

    Lalu, tab Audience memudahkan Anda untuk memahami audiens dengan menunjukkan grafik berupa data demografi, jenis kelamin, lokasi, usia, dan waktu yang mereka habiskan di Instagram.

    Anda juga dapat melihat kapan waktu terbaik posting bagi audiens Anda di Instagram lho!

    Sekarang Anda sudah mengetahui cara membaca Instagram Insight.

    Selanjutnya, kita pahami dulu yuk fitur-fitur yang tersedia pada Instagram Insights!

    Memahami Fitur-Fitur pada Instagram Insights

    1. Lihat jumlah Impressions dan Reach 

    Instagram insights reach

    Impressions menunjukkan berapa kali iklan atau konten Anda muncul di akun Instagram pengguna, sedangkan Reach menunjukkan jumlah unique users yang telah melihat postingan Anda.

    2. Lihat jumlah klik pada Website

    Instagram insight activity

    Insights ini menunjukkan berapa kali pengguna men-klik situs web (atau link) yang Anda masukkan ke business account.

    3. Mengetahui profile visits dan jumlah followers

    Instagram insight followers

    Profile visits menunjukkan jumlah pengguna yang melihat atau mengunjungi profil bisnis Anda. Lalu, Anda juga dapat melihat peningkatan dan penurunan jumlah followers selama periode waktu tertentu.

    4. Lihat jumlah likes, comments, dan saves

    Instagram insight interactions

    Selanjutnya Anda dapat melihat berapa banyak orang yang menyukai (like) konten, menulis opini nya melalui kolom komentar (comment), membagikan (share), dan juga jumlah unique user yang menyimpan (save) konten Anda dan men-klik ikon bookmark yang muncul di bawah feed mereka.

    5. Mengetahui “actions” yang dilakukan audiens

    Insights ini menunjukkan tindakan (actions) yang dilakukan pengguna yang telah melihat konten/postingan, men-klik situs web yang ada di laman profil, atau mereka yang langsung mem-follow akun Instagram bisnis Anda.

    6. Gunakan Discover untuk melihat dimana postingan Anda muncul

    Instagram insight discovery

    Insights ini menunjukkan dimana postingan/konten Anda muncul dan dilihat. Ada pengguna yang melihat postingan/konten dari home feed, dari profile, dari explore, dll.

    Di section Discover ini, Anda juga dapat melihat berapa jumlah impressions dan reach ketika pengguna melihat postingan/konten Anda. Termasuk berapa banyak pengguna yang telah melihat atau berinteraksi dengan konten Anda namun tidak mem-follow.

    Nah, sekarang Anda sudah mengetahui langkah-langkah menggunakan Instagram Insights serta manfaatnya, hingga mempelajari fitur-fitur di dalamnya.

    Sudahkah Anda memanfaatkan data-data tersebut dalam menjalankan Social Media Marketing Anda?

    Dengan menggunakan fitur Insight Instagram, Anda dapat mengetahui siapa target audiens yang sebenarnya, mengetahui engagement dan relevansi konten dengan audiens, hingga mengetahui performa iklan yang dipasang.

    Tertarik untuk menggunakan nya? Jika Anda mengalami kesulitan untuk mengatur strategi pemasaran di media sosial, segera hubungi kami.

    Meson adalah Digital Marketing Agency di Jakarta yang memiliki jasa SEO, jasa pembuatan website, Social Media Marketing, dan Digital Marketing secara keseluruhan.

    Ready to Discuss Your Project?

    Tell Us About Your Project

      Open chat