Jenis-Jenis Keyword Berdasarkan Tujuan User untuk SEO 

Marchyandi Rayi
Vector search

Daftar Isi:

    Menentukan keyword apa yang harus digunakan dalam menjalankan SEO bisa menjadi proses yang cukup rumit, membingungkan, dan menyita banyak waktu jika Anda tidak memiliki pemahaman yang cukup mengenai proses tersebut.

    Untuk itu, pada artikel ini kami akan memberikan informasi mengenai 3 jenis keyword berdasarkan intensi pencariannya (search intent) beserta tips untuk mengoptimasinya.

    Jenis Keyword berdasarkan Tujuan Pencarian User

    Tedapat setidaknya tiga pengelompokan keyword bersadarkan intensi pencarian user, yaitu informational keyword, navigational keyword, dan transactional keyword.

    1. Informational Keyword

    Informational keyword merupakan kata kunci yang digunakan user untuk mencari informasi tertentu tentang sesuatu.

    Sebagai contoh, jika seseorang melakukan pencarian di Google dengan kata kunci ‘apa itu SEO’, maka cukup aman untuk diasumsikan bahwa orang tersebut sedang mencari informasi mengenai topik terkait.

    Cara Mengoptimasi Informational Keyword

    Cara terbaik untuk bisa mendapatkan ranking pada hasil pencarian informational keyword adalah dengan membuat konten SEO berkualitas yang menghadirkan informasi bermanfaat dan relevan dengan kata kunci tersebut.

    Contoh paling konkret adalah Wikipedia yang berhasil mendapatkan ranking pencarian teratas di berbagai kata kunci informational lewat konten-konten nya yang sangat komprehensif dan informatif.

    Google search dengan keyword siapa Elon Musk

    Beberapa format konten yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan ranking pada keyword jenis ini antara lain:

    • Blog post yang berisi tips bermanfaat untuk user.
    • Video how-to yang relevan dengan bisnis Anda.
    • Panduan step-by-step untuk mengerjakan atau membuat sesuatu.
    • Infografis yang mengilustrasikan sebuah konsep sehingga lebih mudah dimengerti.

    2. Navigational Keyword

    Navigational keyword adalah kata kunci yang digunakan user untuk mencari situs tertentu.

    Sebagai contoh, jika seseorang memasukkan kata kunci ‘IMDB’ pada search bar Google, maka kemungkinan besar seseorang tersebut ingin menemukan home page dari website IMDB.

    Google search dengan keyword IMDB

    Cara Mengoptimasi Navigational Keyword

    Sebetulnya satu-satunya navigational keyword yang perlu Anda optimasi adalah keyword brand Anda sendiri. Akan sangat sulit bagi Anda untuk mendapatkan ranking teratas dari navigational keyword brand lainnya.

    Hal itu karena intensi pencarian dari navigational sudah sangat jelas, yaitu untuk menuju situs terkait. Maka Google akan selalu menampilkan page terkait pada ranking teratas pencarian.

    Bahkan Google mereduksi jumlah hasil pencarian pada halaman pertama hasil pencarian dari navigational keyword dari yang biasanya 10 menjadi hanya 7.

    Mendapatkan brand mention dari website lain yang kredibel dan memiliki akun media sosial resmi dapat membantu untuk memastikan website brand Anda ada pada raking pertama hasil pencarian navigational keyword.

    3. Transactional Keyword

    Transactional keyword merupakan kata kunci pencarian yang digunakan user ketika mereka ingin membeli sesuatu tetapi belum mengetahui dimana mereka harus membelinya.

    Sebagai contoh, jika seorang user melakukan pencarian dengan kata kunci ‘beli celana yoga’ di Google, maka user tersebut sedang mencari tempat atau lapak untuk membeli celana yoga.

    Cara Mengoptimasi Transactional Keyword

    Akan sangat menguntungkan jika Anda berhasil mendapatkan ranking di halaman pertama hasil pencarian dari keyword ini.

    Untuk mendapatkan ranking pada pencarian transactional, terdapat dua cara yang bisa Anda lakukan. Cara pertama adalah jalur organik dengan mengoptimasi product page Anda dan menambahkan kata kunci transactional pada page tersebut di bagian yang strategis.

    Cara kedua yaitu dengan menjalankan SEM dan menargetkan keyword transactional. Menjalankan SEM dapat membantu Anda untuk memastikan website Anda muncul pada bagian teratas hasil pencarian Google.

    Selain itu, riset yang dilakukan oleh Wordstream menunjukkan bahwa user akan cenderung men-klik paid result jika dibandingkan dengan organic result pada pencarian transaksional.

    Konklusi

    Demikian beberapa jenis keyword berdasarkan dari tujuan user. Ketiga klasifikasi keyword tersebut bisa Anda gunakan untuk mengatur strategi SEO Anda sehingga lebih komprehensif.

    Jika Anda membutuhkan bantuan dalam merancang maupun menjalankan strategi SEO untuk bisnis Anda, Meson siap membantu.

    Meson adalah digital marketing agency di Jakarta yang telah berpengalaman menangani proyek SEO dari brand di berbagai industri.

    Ready to Discuss Your Project?

    Tell Us About Your Project

      Open chat