Belajar Facebook Ads: Cara Efektif Beriklan di Facebook

Jordy Gunawan
Facebook

Daftar Isi:

    Belajar Menjalankan Facebook Ads

    Facebook Ads adalah pilihan tepat bagi Anda yang baru saja berencana untuk belajar beriklan di media sosial. Saat ini Facebook merupakan media sosial dengan jumlah pengguna terbesar di dunia.

    Selain itu, average cost of advertising di Facebook juga relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan media sosial lainnya.

    Atas alasan itu, artikel ini akan membahas mengenai bagaimana cara memulai untuk beriklan di Facebook Ads yang efektif.

    Apa itu Facebook Ads?

    Facebook Ads adalah platform beriklan di Facebook yang ditujukan untuk menggapai audience yang berada di Facebook dan network Facebook lainnya termasuk WhatsApp dan Instagram.

    Facebook sendiri memiliki 2.9 miliar pengguna harian saat ini. Dengan jumlah pengguna sebanyak itu, Anda dapat menggapai 37% populasi dunia setiap harinya lewat beriklan di Facebook!

    Hal ini juga yang membuat Facebook Ads menjadi salah satu palform beriklan online paling populer saat ini.

    Mengapa Facebook Ads?

    Pada Q3 2020 Facebook terdapat 10 juta pengiklan yang mempercayakan Facebook sebagai platform beriklan mereka. Berikut adalah beberapa alasan mengapa banyak brand dan bisnis yang tertarik untuk beriklan di Facebook.

    Cara Memulai Beriklan di Facebook Ads

    Jika Anda telah memiliki Facebook Business Page, Anda bisa langsung menuju Facebook Ads Manager atau Business Manager untuk memulai membuat iklan Facebook.

    1. Tentukan Objective Anda

    Login menuju Facebook Ads Manager dan pilih Campaigns tab, lalu klik Create untuk membuat Facebook ad campaign baru.

    Tampilan campaign iklan Facebook Ads

    Terdapat 13 Facebook ads objectives yang bisa Anda pilih berdasar pada apa yang ingin Anda capai lewat beriklan di Facebook:

    1. Brand awareness: Memperkenalkan brand Anda kepada audience baru.
    2. Reach: Menampilkan iklan kepada sebanyak mungkin audience.
    3. Traffic: meningkatkan traffic menuju halaman web, aplikasi, atau Facebook Messenger.
    4. Engagement: Menjangkau audience untuk meningkatkan jumlah post engagement.
    5. App installs: Mengajak orang untuk mengunduh aplikasi Anda.
    6. Video views: Mendapatkan lebih banyak orang untuk menonton video Anda.
    7. Leads generation: Mendapatkan prospek baru menuju funnel penjualan Anda.
    8. Messages: Mendorong orang untuk menghubungi bisnis Anda lewat Facebook Messenger.
    9. Conversions: Mendorong orang untuk melakukan tindakan tertentu di situs web, aplikasi, atau Facebook Messenger Anda.
    10. Catalog sales: Menghubungkan iklan Facebook Anda dengan katalog produk untuk menampilkan iklan produk.
    11. Store traffic: Mengarahkan pelanggan terdekat menuju toko fisik Anda.
    12. Event response: Mendorong audience untuk mendaftarkan diri di event Anda.
    13. Pake likes: mendapatkan likes untuk Facebook page.

    2. Menamakan Campaign Anda

    Scroll ke bawah untuk memberi nama campaign iklan Facebook Anda dan juga tentukan apakah Anda akan menggunakan tes A/B split test atau tidak.

    3. Mengatur Akun Ad

    Anda akan menemukan tombol yang bertuliskan Set Up Ad Account. Klik tombol tersebut dan Anda akan diminta memasukkan beberapa detail penting untuk membuat akun beriklan. Masukkan informasi mengenai negara, mata uang pilihan, dan zona waktu, lalu klik Continue.

    Tentukan pilihan pada pengaturan ini dengan cermat, sebab Anda harus membuat akun iklan baru jika Anda ingin mengubah opsi bagian ini.

    4. Menentukan Target Audience

    Pada pengaturan bagian ini, opsi pertama yang Anda lihat berguna untuk menambahkan audience khusus berisikan orang-orang yang telah berinteraksi dengan bisnis Anda di dalam atau di luar Facebook.

    Setelah itu, mulailah dengan memilih lokasi target, usia, jenis kelamin, dan bahasa. Saat Anda membuat pilihan, perhatikan indikator ukuran audience di sebelah kanan layar.

    Indikator tersebut memberi Anda gambaran tentang potensi jangkauan iklan Anda.

    Anda juga akan melihat perkiraan jumlah Page Like pada bagian tersebut.

    Perkiraan ini akan lebih akurat jika Anda pernah menjalankan kampanye sebelumnya, karena Facebook akan memiliki lebih banyak data untuk dikerjakan. Ingatlah selalu bahwa ini adalah perkiraan, maka tidak selalu akurat.

    Facebook ads detailed targeting

    Pengaturan bisa Anda lanjutkan dengan penargetan yang lebih mendetail. Selalu ingat bahwa penargetan yang efektif merupakan salah satu kunci untuk memaksimalkan ROI. Maka pastikan Anda benar-benar yakin dengan target yang Anda pilih.

    5. Menentukan Penempatan Iklan

    Tampilan penempatan iklan Facebook

    Setelah Anda berhasil untuk memilih target audience dari iklan, maka Anda bisa lanjut dengan mengatur penempatan kemunculan iklan Anda.

    Jika Anda masih belum familiar dengan Facebook ads, maka disarankan untuk menggunakan opsi yang paling sederhana, yaitu Automatic Placements.

    Ketika Anda memilih opsi ini, Facebook akan secara otomatis menempatkan iklan Anda di Facebook, Instagram, dan Messenger, bergantung pada dimana yang dinilai paling menguntungkan.

    Namun jika Anda sudah pernah beriklan di Facebook sebelumnya, Anda mungkin memiliki preferensi penempatan iklan Facebook di lokasi tertentu. Maka Anda memiliki opsi berikut:

    Device type: mobile, desktop, atau keduanya.

    Platform: Facebook, Instagram, Audience Network, atau Messenger

    Placements: Feed, Stories, in-stream (untuk video), messages, dalam artikel, serta aplikasi dan situs (di luar Facebook).

    Mobile device dan operating system spesifik: iOS, Android, atau semua perangkat.

    6. Mengatur Budget dan Schedule

    Selanjutnya, Anda harus mengatur seberapa banyak bujet yang ingin Anda keluarkan untuk kampanye iklan Facebook Anda.

    Anda dapat memilih anggaran harian atau seumur hidup (lifetime). Kemudian, tetapkan tanggal mulai dan akhir, atau pilih untuk langsung menayangkannya.

    Pengaturan budget dan waktu iklan FB

    Anda juga dapat menambahkan biaya opsional dan pengendalian tawaran (bid control), yang akan membatasi jumlah berdasar pada per tindakan, bukan keseluruhan kampanye Anda.

    Setelah berhasil menentukan bujet dan jadwal pengiklanan maka klik Continue.

    7. Membuat Iklan

    Pertama pilih format iklan Anda, lalu masukkan teks dan komponen media untuk iklan Anda. Format yang tersedia akan bervariasi berdasarkan pada tujuan kampanye yang Anda pilih pada awal proses.

    Jangan lupa untuk menggunakan alat pratinjau  (preview) di bagian bawah halaman untuk memastikan iklan Anda terlihat bagus untuk semua potensi penempatan (mobile, desktop news feed, dan sebagainya).

    Jika Anda sudah puas dengan pilihan Anda, klik tombol Confirm berwarna hijau untuk mengakhiri proses pengaturan.

    Langkah terakhir adalah menunggu mendapatkan email dari Facebook yang memberi tahu Anda bahwa iklan Anda telah disetujui.

    Tips Menjalankan Facebook Ads

    Beberapa tips di bawah ini bisa Anda coba terapkan untuk membuat strategi beriklan di Facebook Ads Anda semakin efektif.

    1. Bereksperimen dengan audience targeting

    Mulailah dengan audience dengan skala kecil dan kemudian perluas perlahan dengan menambahkan satu demi satu kategori minat.

    Misalnya, Anda dapat memulai dengan audience yang secara khusus tertarik dengan “wisata kuliner” dan kemudian memperluasnya dengan kategori tambahan setelah beberapa minggu.

    Anda juga dapat menggunakan penargetan audience untuk membuat iklan berbeda untuk grup yang terkait dengan tujuan bisnis berbeda.

    Misalnya, Anda dapat membuat iklan tertentu untuk existing customer Anda, yang berbeda dengan iklan Anda yang ditujukan untuk orang yang belum mengetahui bisnis Anda sebelumnya.

    2. Gunakan Facebook Pixel

    Facebook Pixel adalah kode yang berguna untuk mendapatkan data pengunjung website Anda dari iklan Facebook yang Anda jalankan.

    Menempatkan kode ini pada website memungkinkan Anda untuk melacak konversi, dan melakukan remarket kepada orang-orang yang telah melihat produk di situs Anda.

    3. Menggunakan Foto dan Video Resolusi Tinggi

    Pesan tekstual pada iklan memang penting, namun jika dibalut dengan foto atau video yang kabur, maka audience tidak akan tertarik untuk memperhatikan iklan Anda.

    4. Mengukur Performa dan Menyesuaikan Strategi

    Perencanaan strategi beriklan di Facebook tidak berhenti saat Anda berhasil meluncurkan iklan pertama Anda saja.

    Anda harus secara lanjut memonitor dan mengukur performa iklan yang berjalan untuk mengetahui strategi mana yang efektif dan mana yang sia-sia.

    Data performa yang Anda kumpulkan nantinya akan sangat berguna untuk memperbaiki strategi Anda ke depannya.

    Konklusi

    Demikian informasi mengenai cara beriklan di Facebook Ads. Platform ini sangat efektif untuk memperluas pasar dari produk atau jasa yang Anda tawarkan.

    Maksimalkanlah potensi Facebook Ads untuk memperoleh lebih banyak konsumen. Anda juga bisa menghubungi Meson Digital Marketing Agency Jakarta untuk berkonsultasi mengenai perencanaan strategi Facebook Ads Anda.

    Meson Digital sudah berpengalaman dalam mengelola iklan Facebook dari skala jutaan hingga miliaran rupiah per bulannya dan telah terbukti dalam membantu client-client kami mencapai tujuan bisnis mereka.

    Ready to Discuss Your Project?

    Tell Us About Your Project

      Open chat