Lead Generation: Panduan Efektif Mendapatkan Lead di Tahun 2022

Jordy Gunawan
Lead generation

Daftar Isi:

    Sukses atau tidaknya bisnis Anda akan bergantung pada seberapa efektif Anda dalam mendatangkan klien atau mendapatkan penjualan baru. Namun untuk mendatangkan klien baru, sebelumnya Anda juga harus bisa berhasil dalam mendapatkan lead yang berpotensi menjadi customer Anda.

    Apa itu Lead?

    Lead adalah seseorang yang memiliki minat terhadap segala macam layanan atau produk yang ditawarkan oleh bisnis Anda. Lebih lanjutnya, minat dari lead terhadap produk atau layanan bisnis Anda biasanya ditunjukan dari interaksi mereka dengan konten yang Anda produksi atau dengan memberikan informasi personal mereka kepada Anda.

    Apa itu Lead Generation?

    Lead generation adalah sebuah proses dalam menarik dan mengubah prospek menjadi seseorang yang tertarik akan layanan atau produk yang bisnis Anda tawarkan. Lead generation merupakan tahap yang dilakukan setelah Anda berhasil menarik perhatian dari audience.

    Seperti pada diagram di bawah, proses lead generation merupakan tahap yang fundamental dalam mengubah visitor menjadi customer Anda.

    Bagaimana Proses Mendapatkan Lead?

    Berikut beberapa tahapan umum sebuah bisnis dalam mendatangkan lead:

    1. Visitor menemukan bisnis Anda lewat salah satu channel marketing Anda seperti website, blog, atau konten media sosial.
    2. Visitor kemudian berinteraksi dengan call-to-action (CTA) yang Anda buat, entah itu gambar, tombol atau pesan lain yang menarik visitor untuk melakukan aksi tertentu.
    3. Visitor masuk menuju landing page Anda yang didesain untuk mendapatkan informasi pribadi dari visitor tersebut.
    4. Setelah memasuki landing page, visitor akan mengisi formulir untuk memberikan informasi pribadi mereka untuk dilakukan follow up penawaran lebih lanjut.

    Bagaimana Cara Mengkualifikasi Lead?

    Pendefinisian lead yang berkualitas akan sangat beragam bergantung pada model bisnis maupun layanan atau produk yang ditawarkan. Namun pada umumnya, dalam menilai kualitas dari lead yang diterima, Anda dapat menggunakan metode lead scoring.

    Lead scoring merupakan sebuah teknik untuk mengkuantifikasi kualitas dari lead. Dengan menggunakan teknik ini, setiap lead akan diberikan skor atau nilai kuantitatif untuk mendeterminasi skala ketertarikan atau kesiapan mereka untuk membeli layanan atau produk Anda.

    Kriteria dari skor tersebut sepenuhnya bergantung pada kebutuhan Anda, namun setiap departemen bisnis Anda harus tetap menggunakan skala yang sama.

    Strategi Mendatangkan Lead

    Online lead generation meliputi berbagai macam taktik, kampanye, dan strategi bergantung pada platform yang Anda pilih untuk mendapatkan lead. Berikut beberapa strategi lead generation berdasarkan platform paling populer.

    Facebook Lead Generation

    Facebook Ads telah dimanfaatkan sebagai media dalam mendatangkan lead sejak pertama kali kemunculannya. Facebook memiliki fitur Leads Ads yang dikhususkan bagi akun-akun bisnis yang ingin mendapatkan lead lewat beriklan pada platform mereka.

    Selain itu, Facebook juga memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk menambahkan tombol CTA pada bagian atas Facebook page untuk membantu mengarahkan followers menuju landing page Anda.

    PPC Lead Generation

    Teknik pay-per-click (PPC) mengacu pada metode beriklan pada search engine result pages (SERPs). Setiap harinya, terjadi 3.5 miliar pencarian di Google. Hal tersebut tentu menjadikan Google sebagai platform yang menjanjikan dalam menjalankan kampanye iklan dengan tujuan apapun, termasuk mendatangkan lead.

    Efektivitas kampanye PPC Anda sangat bergantung pada efektivitas landing page, strategi bujet, kata kunci target, dan beberapa faktor lainnya.

    LinkedIn Lead Generation

    Dalam membantu usaha Anda untuk mendapatkan lead, LinkedIn menyediakan fitur Lead Gen Form yang dapat menyediakan data profil user secara otomatis setelah user menekan tombol CTA yang tertera.

    Mulai Menjalankan Lead Generation lewat Digital Marketing

    Saat ini Anda telah memiliki pemahaman lebih baik mengenai apa itu lead generation, bagaimana alur mendapatkan lead, dan channel yang bisa digunakan untuk mendapatkan lead. Maka saatnya Anda untuk mulai mengimplementasikan strategi-strategi tersebut untuk membantu bisnis Anda mendapatkan lebih banyak lead lewat digital marketing.

    Mulailah dengan langkah dasar terlebih dahulu seperti membuat website untuk bisnis Anda, menyertakan informasi kontak bisnis Anda, dan mempublikasikan konten-konten yang relevan dengan target audience.

    Setelah memiliki website yang memumpuni, Anda bisa mulai menerapkan strategi lain yang dapat mendukung usaha Anda dalam mendatangkan lead seperti bekerjasama dengan influencer, menggunakan software khusus lead generation, menjalankan video marketing, dan masih banyak lagi.

    Ready to Discuss Your Project?

    Tell Us About Your Project

      Open chat