Rekomendasi Plugin SEO WordPress Terbaik

Marchyandi Rayi
WordPress dashboard

Daftar Isi:

    Memilih Plugin SEO untuk WordPress

    Sedang mencari plugin WordPress untuk SEO terbaik namun merasa kesulitan untuk memilihnya?

    Tahukah Anda bahwa terdapat hampir 1.000 plugin yang bisa Anda manfaatkan untuk SEO pada WordPress plugins directory? Dengan jumlah sebanyak itu, memilih plugin mana yang paling baik untuk Anda gunakan bisa jadi sangat membingungkan.

    Maka, untuk membantu Anda memiliki plugin WordPress terbaik untuk membuat website Anda menjadi lebih SEO friendly, berikut kami hadirkan informasi rekomendasi beberapa plugin SEO WordPress terbaik yang dapat membantu upaya Anda dalam menjalankan strategi SEO.

    6 Rekomendasi Plugin SEO WordPress Terbaik

    Dari sekian banyak plugin SEO WordPress yang tersedia, berikut beberapa rekomendasi plugin SEO terbaik yang bisa Anda gunakan.

    1. Yoast SEO

    yoast

    Yoast SEO merupakan salah satu plugin SEO WordPress paling populer saat ini dengan jumlah install mencapai 5 juta kali.

    Bukan tanpa alasan, plugin SEO yang satu ini memiliki fitur yang cukup komprehensif untuk membantu membuat website Anda lebih SEO friendly, diantanya:

    • Membuat XML sitemap.
    • Verifikasi website pada Webmaster Tools (Google, Bing, Baidu, Yandex, dll.)
    • Mengeksklusi beberapa tipe konten untuk di-index oleh search engine.
    • Membuat template title dan meta description.
    • Mengoptimasi page AMP.

    Selain itu untuk pengoptimasian pada page-level, Yoast juga memiliki meta SEO box pada setiap page yang akan memudahkan Anda dalam mengatur meta tag, Open Graph Tag, canonical, dan meta robots tag dari page website Anda.

    Yoast

    Yoast juga melampirkan beberapa rekomendasi optimasi berdasarkan analisis konten untuk membuat konten Anda lebih SEO friendly.

    Yoast analysis

    2. All in One SEO Pack

    All in One SEO Pack (AIOSEO) memiliki fungsionalitas yang hampir serupa dengan Yoast, namun dengan beberapa fitur customization tambahan seperti:

    • Mengedit file robots.txt dengan interface yang user-friendly.
    • Mengedit file .htaccess tanpa FTP.
    • Block ‘bad bots’, termasuk referral spam.
    • Menambahkan sitelink search box markup.
    • Membuat meta description secara otomatis.
    All in one SEO settings

    3. Rank Math

    Rank Math merupakan salah satu plugin SEO WordPress yang paling bermanfaat. Beberapa fitur yang ditawarkan plugin SEO ini antara lain:

    • Integrasi dengan Google Search Console.
    • Redirection (301, 302, 307, 410, 451).
    • Rich snippet markup.
    • Card preview untuk Facebook dan Twitter.

    Menggunakan Rank Math juga memungkinkan Anda untuk memonitor 404 error pada website Anda dengan memberikan laporan page mana saja yang memunculkan 404 error beserta frekuensinya.

    RankMath

    4. Easy Table of Contents

    Untuk memudahkan pembaca, Google merekomendasikan untuk membagi konten web yang panjang menjadi beberapa bagian dan menambahkan anchor yang deskriptif untuk memudahkan navigasinya.

    Plugin ini didesain khusus untuk membantu Anda melakukan hal tersebut. Di bawah ini merupakan contoh tampilan table of contents yang dibuat dengan plugin Easy Table of Contents.

    Easy table of content

    Menambahkan daftar isi pada konten web dapat membantu Anda untuk mengurangi angka bounce rate, yang secara tidak langsung akan membantu upaya SEO Anda.

    5. Shortpixel

    SHORTPIXEL

    Shortpixel merupakan plugin SEO WordPress yang berguna untuk meng-compress dan mengoptimasi file gambar pada website.

    Seperti kita ketahui, page speed menjadi salah satu faktor ranking pencarian Google yang paling berpengaruh.

    Dan mengingat gambar merupakan file yang paling besar untuk di-load saat visitor mengunjungi website Anda, maka mengoptimasi gambar dapat membantu untuk mempercepat kecepatan load website yang akan berdampak positif bagi upaya SEO Anda.

    Plugin ini dapat menangani gambar dengan berbagai format file termasuk JPG, PNG, GIF, bahkan PDF.

    6. Redirection

    Redirection merupakan plugin SEO WordPress sederhana yang berfungsi utuk mengimplementasi 301 redirects.

    Cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu memasukkan source URL dan target URL seperti pada gambar di bawah ini.

    Redirection SEO plugin

    Konklusi

    Itulah tadi beberapa plugin SEO WordPress yang bisa Anda manfaatkan untuk menjalankan strategi SEO Anda. Perlu diingat bahwa menggunakan plugin di atas tidak dapat menjamin kesuksesan dari upaya SEO Anda.

    Berbagai plugin SEO WordPress tersebut hanyalah sebuah alat yang tugas utamanya adalah membantu dan mempermudah Anda dalam mengelola strategi SEO dari website Anda.

    Maka dari itu, tanpa adanya strategi SEO yang matang, menggunakan seluruh plugin SEO WordPress pun akan tetap sia-sia bahkan merugikan.

    Meson adalah digital marketing agency Jakarta yang telah berpengalaman dalam merancang dan mengelola strategi SEO untuk berbagai bisnis dari industri yang beragam.

    Jika bisnis Anda membutuhkan bantuan dalam melakukan optimasi strategi SEO, Meson siap membantu lewat layanan jasa SEO kami.

    Ready to Discuss Your Project?

    Search Articles

    Tell Us About Your Project