Panduan Lengkap Menjalankan SEO Lokal di Tahun 2021 

Jordy Gunawan
SEO

Daftar Isi:

    Tahukah Anda bahwa 46% pencarian di Google merupakan pencarian informasi lokal?

    Hal tersebut menunjukkan bahwa jika Anda belum mengoptimasi bisnis Anda untuk pencarian lokal, maka artinya Anda telah kehilangan kesempatan besar dalam mendapatkan konsumen baru untuk bisnis Anda. Dengan kata lain, SEO lokal sangat berperan penting agar bisnis Anda tetap relevan di era serba digital ini.

    Untuk membantu mengoptimasi bisnis Anda dengan SEO lokal, kami menghadirkan panduan komprehensif yang berisi beberapa tips dalam menjalankan pengoptimasian SEO lokal dalam pembahasan ini.

    Dengan membaca artikel ini, Anda akan memahami bagaimana caranya agar bisnis Anda dapat menggapai calon konsumen yang menggunakan pencarian lokal lewat search engine.

    Apa itu SEO Lokal?

    Local SEO (Search Engine Optimization) atau SEO lokal adalah proses pengoptimasian online visbility bisnis Anda pada search engine lewat pencarian lokal.

    Dengan mengikuti best practices SEO lokal, bisnis Anda akan lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen pada kata kunci pencarian lokal seperti “restoran padang di Jakarta” atau “studio foto Jakarta Selatan” di search engine.

    Hal itu tentu akan menguntungkan bisnis Anda karena dengan begitu exposure bisnis Anda dari traffic organik akan meningkat, yang secara tidak langsung dapat mempermudah Anda dalam mendapatkan calon konsumen baru.

    Untuk mengumpulkan informasi seputar pencarian lokal, search engine biasanya mengandalkan berbagai ‘sinyal’ seperti konten lokal, social profile page, dan link untuk menampilkan hasil pencarian lokal yang relevan untuk para user nya.

    Dengan SEO lokal, bisnis atau brand dapat hadir secara online di depan calon konsumen mereka yang melakukan pencarian yang relevan dengan bisnis atau brand tersebut.

    Tips Menjalankan SEO Lokal

    Terdapat berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimasi SEO lokal bisnis Anda. Di bawah ini merupakan beberapa diantaranya.

    1. Mengoptimasi Google My Business

    Google My Business

    Google My Business adalah tool gratis yang cukup mudah digunakan untuk bisnis dalam mengelola online presence mereka di Google, termasuk pada Google Search dan Google Maps.

    Menurut Moz, Google My Business merupakan salah satu faktor ranking utama dari Google snack pack dan hasil pencarian organik. Maka dari itu, salah satu langkah utama dalam menjalankan SEO lokal adalah dengan mengoptimasi Google My Business dari bisnis Anda.

    Untuk memastikan Google My Business Anda telah teroptimasi, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut:

    1. Membuat dan melakukan verifikasi halaman Google My Business.
    2. Menggunakan Google Post pada akun Anda.
    3. Mengajak konsumen Anda untuk meninggalkan review terhadap bisnis Anda secara online.
    4. Membalas review konsumen, dengan menyertakan lokasi.

    2. Pastikan nama, alamat, dan nomor telepon Anda yang tersebar online konsisten

    Anda harus memastikan user dan search engine dapat dengan mudah mengetahui informasi penting mengenai bisnis Anda, termasuk nama bisnis, alamat, dan nomor telepon untuk dihubungi.

    Untuk memastikan hal itu, Anda dapat menambahkan ketiga informasi tersebut pada bagian yang mudah ditemukan di website Anda. Pastikan juga informasi tersebut berupa HTML text sehingga dapat di-crawl oleh search engine.

    3. Lakukan Local SEO audit

    Melakukan audit SEO lokal secara komprehensif dapat membantu Anda untuk mengetahui performa website Anda saat ini. Anda dapat melakukan audit SEO lokal dengan beberapa cara berikut:

    4. Menambahkan location page pada website

    Location page

    Jika bisnis Anda memiliki beberapa cabang atau lokasi, Anda dapat menambahkan location page pada website Anda.

    Location page tersebut biasanya berisi nama cabang, alamat, nomor telepon, waktu operasi, deskripsi info cabang, promosi, juga testimoni dan review dari pelanggan.

    5. Membuat konten lokal

    Buatlah konten-konten lokal yang relevan dengan bisnis atau brand Anda.

    Misalnya, jika bisnis Anda bergerak di bidang kuliner dan berada di Jakarta, Anda dapat membuat konten dengan topik-topik seperti “Tips mencari restoran nusantara di Jakarta”, atau “9 lokasi wisata kuliner legendaris di Jakarta”.

    Konten-konten tersebut akan menjadi sinyal bagi Google untuk memahami bahwa bisnis Anda memiliki asosiasi dengan lokasi tersebut.

    6. Berpartisipasi dengan Komunitas Lokal

    Semakin sering Anda berpartisipasi dengan komunitas lokal, maka semakin banyak pula digital PR yang Anda terima. Anda bisa bekerjasama dengan organisasi lokal, menyelenggarakan atau mensponsori acara lokal tertentu, atau juga muncul di media lokal.

    Semua aktivitas tersebut akan membantu Anda meningkatkan brand awareness dari bisnis Anda, juga mendapatkan inbound link menuju website Anda yang tentunya akan membantu usaha SEO lokal Anda.

    Konklusi

    Berkompetisi untuk mendapatkan ranking pencarian teratas lewat SEO memang bukan hal yang mudah, terlebih untuk bisnis skala kecil dan menengah. Namun menjalankan SEO lokal sangatlah penting untuk meningkatkan visibilitas online bisnis Anda.

    Hampir semua orang mengandalkan search engine dan review online untuk menemukan produk atau jasa baru yang mereka butuhkan. Maka dari itu, website Anda harus teroptimasi secara SEO lokal.

    Beberapa cara di atas dapat Anda jadikan sebagai langkah awal dalam menjalankan strategi SEO lokal untuk bisnis Anda.Namun jika Anda masih menemukan kesulitan dalam menjalankan strategi SEO lokal, Meson Digital Marketing Agency siap membantu Anda lewat jasa SEO kami.

    Ready to Discuss Your Project?

    Tell Us About Your Project

      Open chat