Tips untuk Menguasai Google Display Network (GDN)

Jordy Gunawan
Google display ads

Daftar Isi:

    Memanfaatkan Google Display Network (GDN) untuk Marketing Bisnis Anda

    Beriklan di Google adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan brand awareness terhadap bisnis Anda. Salah satu metode beriklan via Google yang akan sangat berguna bagi marketers untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan menggunakan Google Display Network, dan untuk itu pada artikel ini kami akan mebahas mengenai tips bagaimana cara memanfaatkannya secara maksimal.

    Layaknya Google Search Network, Google Display Network juga efektif untuk memberikan peluang untuk mendapatkan pelanggan baru. Akan ada banyak manfaat dari segi bisnis yang bisa Anda dapatkan dengan menguasai sistem periklanan di Google Display Network.

    Apa itu Google Display Network (GDN)?

    Google Display Network adalah salah satu opsi/pilihan dalam beriklan melalui platform Google AdWords. Ada dua komponen dari Google Adwords yakni search network dan display network.

    Saat Anda menggunakan search engine untuk pemasaran Anda, maka iklan akan muncul sebagai format teks di dalam mesin pencari.  Sedangkan di GDN, Anda menggunakan iklan dengan format bergambar yang telah ditempatkan di seluruh jaringan situs yang berpartner dengan Google. Itu artinya, iklan yang menggunakan GDN akan tampak di seluruh bagian Internet tanpa harus melewati proses pencarian.

    Bagi pebisnis, ini adalah salah satu cara marketing yang menjanjikan. Mereka dapat menjaring lebih banyak pelanggan dan membuat proses membangun brand awareness semakin mudah untuk dilakukan.

    Namun, tentu saja sekadar menaruh iklan di seluruh bagian Internet tidak akan membuat bisnis Anda menjadi laris seketika. Diperlukan beberapa trik agar metode  beriklan via GDN ini berhasil.

    Dashboard google adwords GDN

    5 Tips Menguasai GDN

    1. Memulai Remarketing

    Dilihat dari berbagai contoh GDN yang sukses, cara tercepat untuk menguasai ranah yang satu ini adalah melalui pemasaran ulang alias remarketing.

    Remakerting adalah proses di mana Anda melakukan follow up atau mentarget kembali visitors dari website Anda dengan cookies, kemudian menampilkan iklan kepada mereka di berbagai situs yang sering mereka kunjungi. Strategy Remarketing merupakan hal yang penting dilakukan karena mereka yang sudah melakukan aksi terhadap iklan Anda mungkin sudah memiliki ketertarikan pada product/jasa Anda.

    Remarketing bisa berhasil, namun bisa juga gagal. Diperlukan strategy yang tepat seperti penanaman events tracking, tipe content yang tepat, dan lainnya. Namun, di sinilah Anda dapat memahami peluang bisnis Anda dan bagaimana strategi pemasaran dapat dijalankan di masa depan.

    2. Selalu Perhatikan Budget

    Tips Google Display Network selanjutnya adalah melihat dan menghitung budget dengan cermat.

    GDN memang dapat menjangkau hampir semua pengguna internet, tetapi bukan berarti Anda bisa menggelontorkan seluruh budget marketing Anda di sana karena hal itu belum tentu efektif untuk menjaring target pasar yang tepat.

    Mulailah dengan melakukan uji coba menggunakan anggaran yang kecil. Jika hal itu gagal, Anda tidak akan merasa terlalu rugi. Sebaliknya, jika itu berhasil, Anda bisa menganggarkan budget yang lebih besar lagi.

    3. Membuat Iklan dengan Seluruh Format yang Tersedia

    Membuat iklan dalam banyak format dianggap hanya membuang-buang tenaga dan pikiran. Padahal, itulah hal penting dalam pemasaran digital : terus mencoba segala peluang.

    Meson sebagai salah satu ahli di bidang GDN, selalu menyarankan untuk mencoba segala format karena, tidak semua situs menampilkan format iklan yang sama.

    Ada situs yang lebih suka menampilkan iklan banner, ada yang hanya suka menampilkan teks. Tentu Anda ingin iklan bisnis Anda hadir di semua platform, bukan?

    Jika iya, Anda harus menyisihkan tenaga untuk membuat iklan dengan berbagai format. Kemudian, setelah iklan berjalan, Anda bisa menyeleksi mana format yang paling menjanjikan dan mana yang kurang potensial.

    4. Sisihkan Budget untuk Testing

    Siapa pengusaha yang tidak ingin bisnisnya langsung sukses dan menjaring banyak pelanggan? Digital marketing memang memberikan peluang itu, tetapi bisa saja hasil yang Anda dapatkan tidak sesuai dengan kenyataan.

    Untuk itu, jika Anda memutuskan untuk mendalami GDN, ada baiknya menyisihkan budget untuk testing. Para ahli menyarankan untuk menyisihkan sebesar 10-20% dari anggaran beriklan untuk kebutuhan testing GDN.

    Agar dapat berhasil dalam pengujian, Anda harus rajin bereksperimen dan melakukan analisa data.

    5. Buat Iklan Visual yang Sederhana dan Menarik

    Sudah menjadi rahasia umum bahwa masyarakat modern sangat menyukai hal-hal yang bersifat visual daripada teks. Perkembangan Internet, melesatnya jejaring sosial berbasis visual, dan kemudahan mengakses konten video mendorong berkembangnya perilaku itu.

    Iklan tidak harus selalu dramatis, tetapi wajib terlihat menarik, mudah dipahami, dan jelas pesannya. Gambar spanduk ‘Beli Sekarang’ tentu akan lebih efektif ketimbang tulisan dengan hyperlink.

    Konklusi

    Google Display Network adalah salah satu platform beriklan yang layak dicoba dalam dunia digital marketing. Sebagai pebisnis di jaman sekarang, metode ini tentu harus dipelajari dan dimanfaatkan dengan baik.

    Anda tak perlu khawatir jika belum memahami fitur ini dengan baik. Serahkan pemasaran digital Anda kepada Meson Digital Marketing Agency. Kami telah berpengalaman dalam menyediakan jasa digital advertising dalam berbagai kanal, termasuk GDN dan SEM.

    Kami akan membantu Anda untuk mencapai KPI dan objektif lainnya serta membuat bisnis Anda menjadi mudah dikenal oleh banyak orang.

    Ready to Discuss Your Project?

    Tell Us About Your Project

      Open chat