10 Tips Membuat Landing Page yang Efektif

Jordy Gunawan
Landing page layout

Daftar Isi:

    Apa itu Landing Page?

    Landing page adalah halaman website atau halaman yang biasanya dibuat khusus untuk sebuah campaign, marketing atau iklan digital. Halaman ini merupakan “tempat mendarat” pertama kali para pengguna setelah mereka melakukan klik tautan pada email, iklan pada media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, Twitter, atau situs lain.

    Landing page sedikit berbeda dengan halaman website pada umumnya yang mengarahkan pengguna untuk mengeksplorasi, landing page dibuat khusus untuk mengarahkan pengguna untuk segera melakukan tindakan melalui call to actions (CTA).

    Tertarik untuk mempelajari apa itu dan tips membuat landing page yang efektif? Simak ulasan berikut ini.

    10 Tips Membuat Landing Page yang Efektif

    Mengapa Anda membutuhkan landing page? Karena page ini merupakan elemen penting dari pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan Anda. Berikut ada 10 langkah membuat landing page yang efektif:

    1. Membuat Persona

    Sebelum membuat  page, sebaiknya Anda membuat buyer persona terlebih dahulu. Buyer persona B2B dan B2C memiliki perbedaan dan karakteristik masing masing.

    Amati karakteristik pembeli atau target market Anda. Ketahui kepribadian, usia, kebiasaan, anggaran, minat dan karakteristik lain untuk menyusun persona pembeli. Setelah Anda melakukannya, Anda dapat membuat landing page yang sesuai dengan minat dan kebutuhan target market Anda.

    2. Menentukan Goals

    Marketo website
    Contoh: Marketo.com

    Tentukan tujuan utama Anda ketika membuat landing page. Uraikan call to action dalam bentuk isian formulir, isian survei, daftar untuk uji coba gratis, unduh ebook gratis, beli produk, daftar webinar, unduh kupon, akses uji coba gratis, atau berlangganan buletin.

    3. Menentukan Keyword yang Tepat

    Gunakan kata kunci atau keyword yang tepat saat menyusun kalimat yang Anda tuliskan pada landing page. Penggunaan kata kunci yang tepat dapat meningkatkan peringkat di hasil pencarian search engine sekaligus membawa Anda kepada return of investment (ROI) yang lebih tinggi. Jadi lakukanlah riset keyword terlebih dahulu, lalu tentukan kata kunci yang tepat dan relevan.

    4. Menyertakan Headline yang Menarik

    Lyft website

    Jangan lupa gunakan headline yang menarik. Headline yang menarik hampir selalu membuat pengunjung tertarik untuk membaca lebih lanjut informasi yang Anda tampilkan di situs Anda.

    5. Menyertakan Call to Action (CTA) yang Menarik

    Sertakan CTA yang menarik di navigasi website Anda. CTA dapat berupa tombol isian survei, link download ebook gratis, isian untuk berlangganan newsletter, dan lainnya.

    6. Menggunakan Konten Visual

    Pepatah mengatakan sebuah gambar dapat mewakili 1000 kata. Oleh karena itu, jangan lupa tambahkan konten visual yang menarik untuk membuat landing page Anda efektif. Pilih gambar atau video paling menarik yang mewakili produk yang Anda tawarkan untuk ditampillkan di dalam landing page Anda.

    7. Menghubungkan Landing Page dengan Iklan

    Hubungkan landing page Anda dengan iklan. Iklan dapat meningkatkan angka penjualan dan jumlah pengunjung ke laman Anda. Iklan yang menarik harus diarahkan menuju landing page yang tepat untuk meraih pelanggan. Sebaliknya, iklan yang bagus namun diarahkan pada landing page yang membingungkan dapat membuat audience mengurungkan niatnya untuk melakukan tindakan pada website.

    Salesforce search ads keyword oracle
    Contoh iklan dan landing page Salesforce

    8. Menyertakan Social Proof

    Menyertakan bukti sosial atau testimoni dari banyak pelanggan sebelumnya dapat membantu calon pelanggan Anda lebih yakin terhadap produk yang Anda tawarkan. Bukti yang disampaikan orang lain dapat membantu menghilangkan keragu-raguan yang mungkin muncul pada calon pelanggan Anda.

    9. Menambahkan Analytics Tracking

    Setelah membuat landing page yang bagus dan menarik, apakah tugas Anda sudah selesai? Belum! Anda harus menambahkan analytics tracking untuk menganalisis performa website Anda. Data analisis ini akan sangat bermanfaat untuk mengetahui siapa saja pengunjung situs Anda, dari mana mereka datang, dan bagaimana karakteristik mereka. Hasil analisis ini dapat Anda gunakan untuk meningkatkan performa website Anda.

    Ada beberapa analytics tracking tools yang umum digunakan seperti Google Analytics, Facebook Pixel, dan lainnya.

    10. Optimasi SEO

    Hal yang tidak kalah penting yaitu melakukan optimasi SEO pada page yang Anda buat. Saat melakukan optimasi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan yaitu tag judul, kecepatan website, meta deskripsi, tag header, dan konten.

    Konklusi

    Itulah 10 tips membuat landing page yang dapat meningkatkan konversi pada kampanye digital marketing Anda. Landing page merupakan bagian yang sangat penting dalam pemasaran. Di halaman arahan inilah audience diarahkan untuk melakukan aksi. Nah, apa Anda tertarik untuk membuatnya? Jika Anda merasa kesulitan, Meson Digital Marketing Agency menyediakan jasa pembuatan website dan siap membantu mengembangkan landing page maupun website Anda secara profesional dan tepercaya.

    Ready to Discuss Your Project?

    Tell Us About Your Project

      Open chat