Tips Memilih Digital Agency Yang Tepat Untuk Brand/Bisnis Anda

Syah Rezi Tungga Dewi

Daftar Isi:

    Bekerja sama dengan digital marketing agency bisa membantu bisnis memastikan strategi digital marketing mereka berjalan dengan efektif dan efisien. Namun, memilih digital agency yang tepat merupakan tantangan tersendiri. Sebab layanan agency tersebut belum tentu cocok dengan kebutuhan dan tujuan bisnis Anda. Maka dari itu, artikel di bawah ini akan membahas tentang bagaimana cara memilih digital marketing agency yang tepat. Simak ulasannya berikut ini!

    Apa Itu Digital Agency Atau Digital Marketing Agency? 

    Pernahkah Anda terbayang ingin meningkatkan aspek digital marketing di perusahaan supaya omzet meningkat tetapi tidak tahu harus memulai dari mana? Inilah peranan dari digital agency untuk membantu perancangan strategi pemasaran digital sesuai dengan bisnis Anda. 

    Digital agency atau digital marketing agency adalah pihak ketiga yang menyediakan layanan pembuatan strategi pemasaran digital sesuai scope bisnis dan kebutuhan klien. Strategi pemasaran digital yang dimaksud meliputi Search Engine Optimization (SEO), content planning untuk social media, sampai digital ads. Semua strategi pemasaran digital tersebut disusun dengan cara yang berbeda tergantung bisnis.

    Dengan adanya strategi yang disusun tersebut, diharapkan akan berpengaruh terhadap perkembangan digital di perusahaan serta meningkatkan pertumbuhan omzet secara keseluruhan. 

    Secara umum, terdapat beberapa jenis digital agency seperti: 

    1. Digital Agency

    Digital agency adalah sebuah perusahaan yang menyediakan layanan strategi pemasaran digital di berbagai platform, mulai dari desain website, media sosial, dan sebagainya. Strategi yang dibuat mencakup konten kreatif yang digunakan dalam strategi pemasaran digital. 

    Salah satu contoh agency yang telah berpengalaman dalam merencanakan strategi pemasaran digital adalah Meson Digital Agency. Klien yang ditangani oleh Meson Digital Agency berasal dari berbagai industri. Hal tersebut membuat Meson Digital Agency mempunyai skill yang mumpuni untuk menjawan kebutuhan para klien perihal pemasaran digital.

    2. Public Relation Agency

    Sedangkan public relation atau biasa disebut PR agency lebih fokus untuk menghasilkan liputan seperti siaran pers untuk klien serta memanfaatkan hubungan dengan jurnalis di berbagai industri. Pihak PR agency juga sering bekerja sama dengan  blogger dan influencer yang dapat membantu awareness dari produk. 

    3. Event Organizer

    Event organizer (EO) adalah pihak yang bertanggung jawab untuk mengatur dan mengelola berbagai jenis acara. Adapun tugas yang dilakukan EO mencakup mengatur jadwal, logistik, mengelola anggaran serta tim yang terlibat dalam acara tersebut. EO harus dapat bekerja sama dengan vendor dan mitra lainnya untuk menjamin keberhasilan acara yang diadakan.

    Mengapa Perlu Menggunakan Digital Agency? 

    Mungkin Anda masih bertanya-tanya tentang mengapa digital agency bisa membawa pengaruh positif bagi aspek pemasaran digital dan omset secara keseluruhan. Inilah beberapa alasan mengapa Anda perlu menggunakan layanan digital agency: 

    1. Pengalaman & Keahlian Khusus

    Perancangan strategi digital marketing membutuhkan spesialisasi khusus dan pengalaman langsung.  Digital marketing agency biasanya terdiri expert dari berbagai bidang yang mampu memastikan kampanye digital marketing berjalan dengan lancar dan tepat sasaran. 

    2. Membantu Fokus Terhadap Bisnis 

    Menggunakan digital agency dapat membantu perusahaan Anda menghemat waktu dan sumber daya. Anda tidak perlu lagi mengelola dan mengembangkan aspek digital bisnis Anda sendiri, sehingga dapat memfokuskan perhatian Anda pada hal-hal lain yang lebih penting.

    3. Mendapatkan Akses Tools Canggih

    Digital agency terdiri dari tim yang berpengalaman dan mampu menentukan perangkat lunak atau tools yang akan digunakan untuk meningkatkan aspek digital perusahaan Anda. Selain itu, digital agency juga memiliki akses kepada tools yang dibutuhkan untuk mengelola digital marketing secara efektif. Tools digital marketing sering digunakan untuk berbagai keperluan: 

    4. Membantu Meningkatkan Sales & Jumlah Calon Customer 

    Perencanaan strategi digital marketing yang tepat dan akurat dari pada expert dapat membantu perusahaan Anda meningkatkan brand awareness. Tim expert tersebut bisa Anda temukan dalam tim digital marketing. Dengan begitu, bekerja sama dengan digital agency juga bisa meningkatkan penjualan serta calon customer perusahaan Anda.  

    5. Lebih Efisien 

    Menggunakan jasa digital agency dapat memberikan keefektifan dan keefisienan dalam mengelola digital marketing suatu perusahaan. Anda juga bisa menghemat waktu dan biaya apabila mengandalkan jasa digital agency. Mengapa demikian? Sebab, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya, tenaga dan waktu untuk rekrutmen staf digital marketing untuk internal.  

    Persiapan Sebelum Memilih Digital Agency

    Sebelum memilih digital agency, Anda perlu melakukan persiapan dan pertimbangan serta komunikasi mengenai kebutuhan dan tujuan perusahaan. Berikut persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum memutuskan menggunakan layanan digital agency: 

    1. Tetapkan Tujuan & KPI

    Anda perlu menyusun tujuan dan Key Performance Indicator (KPI) secara spesifik sebelum memilih digital agency. Hal ini memudahkan pihak digital agency untuk merumuskan rencana pemasaran digital yang cocok untuk bisnis. 

    2. Set Budget   

    Menjalankan pemasaran digital perlu biaya khusus yang harus dikeluarkan. Budget yang akan Anda keluarkan akan berpengaruh dengan perencanaan digital marketing yang nantinya berjalan serta berkaitan erat dengan tujuan akhir.  

    3. Research Kebutuhan

    Sebelum memilih digital agency, pastikan Anda terlebih dahulu melakukan riset apa yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan tersebut. Menentukan kebutuhan akan berpengaruh dengan digital agency seperti apa yang cocok dengan Anda.

    Misalnya, kebutuhan perusahaan terkait pemasaran digital yang paling umum adalah menaikkan konversi atau meningkatkan engagement rate di media sosial. Jika Anda sudah paham apa yang bisnis Anda butuhkan, barulah Anda dapat mulai mencari agency yang dibutuhkan.

    Tips Memilih Digital Agency

    Kini Anda telah memahami agency seperti apa yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda. Agar tak salah pilih, berikut panduan tips memilih digital agency yang tepat untuk bisnis Anda: 

    1. Perhatikan Portfolio

    Setiap digital agency pada umumnya memiliki portfolio yang menjadi bukti kinerja agency tersebut. Anda bisa melihat rekam jejak kinerja sebuah digital agency dari portfolio. Biasanya portfolio berisi tentang hasil pekerjaan agency terhadap klien tertentu. 

    Anda bisa melihat portfolio yang dimiliki Meson Digital Agency. Dari portfolio tersebut, dapat disimpulkan bahwa Meson Digital Agency bekerja dengan profesional. Berbagai layanan perencanaan digital marketing yang ditawarkan berjalan secara profesional serta mampu menjadi solusi bagi klien. Selain itu, Anda juga bisa melihat bahwa klien yang ditangani oleh Meson Digital Agency juga sangat beragam lewat portfolio yang ada.

    2. Cek Digital Asset

    Digital asset adalah segala sesuatu yang dimiliki oleh sebuah perusahaan dan digunakan dalam aktivitas digital, seperti website, akun media sosial, dan lain-lain. Secara tak langsung, digital asset adalah salah satu bukti bahwa digital agency tersebut memang kredibel untuk melakukan optimasi aspek digital dalam perusahaan Anda. 

    Contoh agency dengan digital asset yang baik adalah Meson Digital Agency, baik dari segi media sosial dan website. Website dari Meson Digital Agency mempunyai desain layout yang rapi dan menarik. Sementara konten media sosial dari Meson Digital Agency pun juga diperbaharui secara berkala, di mana konten tersebut sudah dikurasi dan dirancang dengan baik.

    3. Pilih yang Memiliki Sertifikat 

    Dengan memiliki sertifikasi yang relevan dan terpercaya, sebuah digital agency dapat menunjukkan kepada calon klien bahwa mereka memiliki kompetensi dan keahlian dalam bidang digital marketing. Sertifikasi juga dapat membantu digital agency untuk terus meningkatkan kemampuan dan keterampilan mereka, sehingga dapat memberikan layanan terbaik. 

    Meson Digital Agency memiliki sertifikasi Google Partner dan META yang menjadi bukti kinerja dan profesionalitas. Sertifikat tersebut dikeluarkan secara resmi oleh Google dan META. Dengan sertifikasi resmi, dapat dikatakan bahwa Meson Digital Agency mempunyai knowledge dan kredibilitas yang mumpuni untuk merancang dan menjalani sebuah digital marketing campaign.   

    4. Pastikan Tim Terdiri dari Tenaga Professional & Berpengalaman 

    Tim yang kompeten akan lebih mampu memberikan layanan yang berkualitas dan mencapai tujuan bisnis. Anda dapat melakukan background checking, baik dari aspek pendidikan dan pengalaman tim digital agency. Pastikan bahwa setiap tim yang ada mempunyai keahlian yang relevan dengan tujuan bisnis Anda. 

    Di Meson Digital Agency, setiap tim terdapat talenta yang berpengalaman dan ahli di bidangnya masing-masing. Inilah yang membuat Meson Digital Agency mampu membuat perencanaan serta mengeksekusi rencana tersebut sesuai kebutuhan para klien. 

    5. Mengerti Cara Mencapai Goals yang Diinginkan Klien

    Tujuan klien bisa sangat bervariasi, mulai dari meningkatkan brand awareness, meningkatkan traffic ke website, meningkatkan pendapatan dari iklan, dan lain-lain. Oleh karena itu, digital agency harus dapat memahami tujuan yang ingin dicapai oleh klien dan bekerja sama dengan klien untuk mencapai tujuan tersebut. 

    6. Customer Service Tanggap

    Membuat dan memproses digital campaign butuh kolaborasi yang erat antara internal brand dan agency. Maka dari itu, dibutuhkan agency yang fast response dan bisa terbuka dengan input dari klien. Hal ini dibutuhkan supaya komunikasi dari agency dan perusahaan berjalan lancar. 

    7. Pricing dan Value Sesuai

    Selanjutnya Anda dapat melihat aspek harga yang ditawarkan oleh digital agency. Bandingkanlah harga dan kualitas layanan yang ditawarkan. Namun begitu, jangan pernah tergiur dengan harga yang terlalu murah. Sebab penawaran yang terlalu murah sering kali tidak sebanding dengan kualitas pelayanan agency tersebut. Anda tetap perlu mempertimbangkan value yang ditawarkan.

    Konklusi

    Digital agency mampu mengoptimasi pengelolaan digital marketing di perusahaan Anda. Akan tetapi, ada berbagai aspek yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan menggunakan jasa digital agency. Meson Digital Agency siap untuk membantu Anda untuk mengoptimasi aspek digital marketing di perusahaan, mulai dari perancangan website, Search Engine Optimization, digital ads, dan manajemen sosial media. Konsultasikan kebutuhan Anda bersama Meson Digital Agency!

    Ready to Discuss Your Project?

    Search Articles

    Tell Us About Your Project