Tools Social Media Marketing yang Perlu digunakan di Tahun 2023

Marchyandi Rayi
tools social media marketing

Daftar Isi:

    Media sosial memegang peran penting dalam mempromosikan brand Anda secara online. Lewat media sosial, Anda dapat mengedukasi konsumen, mengarahkan audience menuju website, atau memperkenalkan produk Anda kepada khalayak luas dengan efektif dan efisien.

    Bahkan menurut data statistik dari Hootsuite & We Are Social, per Januari 2021 tedapat sekitar 170 juta orang di Indonesia mengunakan media sosial. Hal itu berarti, hanya dengan menjalankan social media marketing Anda dapat menggapai 61.8% populasi di Indonesia!

    Namun, besarnya potensi penggunaan media sosial sebagai sarana marketing tersebut hanya dapat diakses ketika strategi social media marketing yang diterapkan betul-betul dikelola dengan baik.

    Untungnya, saat ini telah banyak tersedia banyak tools social media marketing yang dapat Anda gunakan untuk membantu menjalankan strategi social media marketing dari bisnis atau brand Anda dengan tepat dan terukur.

    Untuk membantu Anda dalam memilih tools social media marketing apa yang sebaiknya Anda gunakan, berikut kami hadirkan beberapa rekomendasi tools yang bisa Anda manfaatkan untuk menjalankan marketing di media sosial dengan lebih efektif.

    1. Buffer

    Buffer
    buffer.com

    Buffer merupakan tool social media marketing yang dapat membantu Anda mempermudah proses posting Anda di berbagai platform media sosial termasuk Facebook, Instagram, Twitter, dan Pinterest.

    Buffer memiliki fitur otomasi cukup komprehensif yang memungkinkan Anda untuk menjadwalkan dan mempublikasi konten secara otomatis.

    Beberapa fitur Buffer yang bisa Anda manfaatkan dalam menjalankan social media marketing antara lain:

    1. Menggunakan Buffer Chrome extension untuk menambahkan konten dan artikel dari web Anda pada media sosial.
    2. Mempersingkat link untuk dibagikan.
    3. Meng-upload foto atau video.
    4. Mengakses data analitik performa konten Anda.
    5. Membalas komentar pada postingan lewat Buffer.

    2. Buzzsumo

    BuzzSumo
    buzzsumo.com

    Riset merupakan tahap yang penting untuk dilakukan dalam menjalankan marketing. Jika Anda ingin unggul dari kompetitor, Anda perlu memahami strategi dan teknik apa yang mereka lakukan dan bagaimana caranya untuk memperbaiki strategi marketing Anda sendiri.

    Buzzsumo merupakan tool riset media sosial yang dapat memberikan Anda gambaran konten seperti apa yang memiliki performa yang baik bagi akun Anda.

    Beberapa fungsi yang bisa Anda manfaatkan dari Buzzsumo antara lain:

    1. Mencari konten yang paling banyak dibagikan di media sosial.
    2. Mencari influencer berdasarkan topik atau niche tertentu.
    3. Memantau kompetitor dan melakukan analisis terhadap kontennya.
    4. Mencari trending topic yang sedang diminati oleh audience Anda.

    3. Hootsuite

    Hootsuite
    hootsuite.com

    Hootsuite merupakan tool social media management yang dapat membantu Anda untuk mengelola lebih dari satu akun media sosial lewat satu dashboard dengan gratis.

    Salah satu tool social media marketing paling populer ini memungkinkan Anda untuk berkolaborasi dengan tim social media marketing Anda dengan efisien.

    Hootsuite juga terintegrasi dengan berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube, dan memberikan Anda data analitik yang komprehensif untuk memperbaiki strategi social media marketing Anda.

    4. Mention

    Mention
    mention.com

    Mention merupakan tool social listening yang memantau mentions atas brand, produk, atua kompetitor Anda di dunia maya.

    Anda dapat menggunakan tool ini untuk melihat siapa saja yang menyebut brand atau produk Anda di media sosial dan berinteraksi dengan mereka langsung dari platform ini.

    5. Socialinsider

    Socialinsider
    socialinsider.io

    Socialinsider merupakan analytics dan benchmarketing tool untuk Facebook, Instagram, Twitter, dan Youtube.

    Dengan tool ini, Anda dapat memahami letak posisi brand Anda di antara kompetitor, mengoptimasi strategi media sosial lewat analisis data, memantau KPI social media, dan membagikan report bulanan yang komprehensif.

    6. Design Wizard

    Design Wizard
    designwizard.com

    Design Wizard merupakan tool yang dapat membantu Anda untuk membuat konten visual yang menarik dengan cara yang sederhana dan interface yang intuitif.

    Tool ini menyediakan lebih dari 10.000 template desain untuk postingan Facebook dan Instagram, serta 1.2 juta stok gambar untuk diolah kembali menjadi konten visual. Dengan tool ini, Anda tidak perlu bantuan graphic designer untuk dapat memproduksi konten visual yang menarik.

    Konklusi

    Itulah beberapa rekomendasi tools social media marketing yang wajib dicoba untuk bisnis Anda. Penggunaan tools ditujukan untuk mempermudah Anda dalam menganalisa dan mengeksekusi strategi social media marketing Anda.

    Meskipun sifatnya tidak wajib, tools di atas dapat mempersingkat waktu dan meningkatkan efisiensi Anda dalam menjalankan social media marketing.

    Meson Digital Agency sudah berpengalaman dalam bidang jasa marketing social media.

    Ready to Discuss Your Project?

    Search Articles

    Tell Us About Your Project