WordPress Vs. Custom Web Design: Mana yang Lebih Baik?

Jordy Gunawan
Code

Daftar Isi:

    WordPress Vs. Custom Web Design

    Mempunyai website yang berkualitas sangatlah penting bagi kesuksesan brand Anda, karena website merupakan ‘wajah’ dari brand Anda di dunia maya.

    Kenyataannya, membuat website yang baik ternyata membutuhkan perencanaan dan eksekusi yang cermat serta strategis. Dalam tahap ini, penting sekali untuk ketahui mana yang tepat antara menggunakan WordPress atau custom web design untuk membuat website yang sesuai dengan kebutuhan.

    Untuk itu, telusuri informasi seputar WordPress web design vs custom web design beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing berikut ini.

    Custom Web Design

    Custom web design umumnya dibangun oleh pemilik situs yang ingin memiliki keleluasaan dalam segi design dan fungsi. Memilih opsi ini berarti juga memerlukan tenaga profesional yang ahli dan waktu yang tidak sedikit. Sekurang-kurangnya, Anda membutuhkan tenaga web designer (UI & UX) dan web developer untuk membangun website yang kompleks dengan fitur yang unik.

    Untuk membuatnya, Anda butuh menggunakan framework dan bahasa pemrograman, meliputi PHP, ASP, Phyton, Laravel, JavaScript, Ruby, dan masih banyak lagi. Opsi ini tentu memiliki kelebihan dan kekuarangannya. Berikut ini beberapa pertimbangan dari custom web design yang perlu Anda ketahui.

    Kelebihan Custom Web Design

    1. Memiliki Design yang Unik

    Ada banyak sekali kelebihan custom web design. Pertama, Anda akan dapat membuat website yang sangat unik, otentik dan sesuai dengan kebutuhan yang tidak disediakan dalam fitur di WordPress.

    Hal ini akan membuat website Anda unggul dibandingkan website competitor Anda. Tak seperti template pada WordPress, di sini tak ada batasan dalam melakukan personalisasi website. Anda selalu dapat memodifikasi fungsi dan fitur sesuka hati.

    2. Keamanan Lebih Terjamin

    Keunggulan yang ke dua adalah dalam hal keamanan yang lebih baik. Pembuatan website dari nol idealnya dilakukan oleh web developer profesional yang dapat mengatasi bug atau permasalahan yang mungkin akan terjadi pada website Anda. Developer tersebut juga dapat memberikan fasilitas keamanan tambahan yang lebih canggih, dan dengan ini website Anda akan jauh lebih aman.

    3. Kecepatan yang Lebih Tinggi

    Yang ke tiga, custom web design umumnya memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibanding WordPress karena memiliki fitur yang digunakan hanyalah fitur yang dibutuhkan. Sedangkan template WordPress biasanya membawa plugin (pre-built) yang terkadang tidak digunakan namun memberatkan website.

    Kekurangan Custom Web Design

    1. Membutuhkan Proses Pengembangan yang Lama

    Kekurangan pertama custom web adalah waktu pengembangan website yang lebih lama dibandingkan WordPress karena segala elemen dalam situs tersebut harus dibuat dari nol. Perubahan apapun pada situs akan memakan waktu.

    2. Membutuhkan Biaya yang Lebih Besar

    Yang ke dua adalah dari segi biaya. Membuat website custom membutuhkan tenaga ahli yang tidak sedikit jumlahnya. Sebagian besar dari bisnis akhirnya memilih untuk menggunakan vendor yang memang memiliki spesialis di bidang ini. Belum lagi harus membayar dukungan IT untuk monitoring dan menjaga situs aman dari bug.

    WordPress Web Design

    WordPress menawarkan berbagai template menarik yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Mulanya, WordPress dibuat untuk blogging, tapi kemudian berkembang menjadi platform yang bisa digunakan untuk membuatan situs dari company profile hingga e-commerce.

    Dengan WordPress, Anda tak harus menjadi ahli coding atau menguasai bahasa pemrograman yang dalam untuk membuat website. Anda dapat membuat situs dari template yang gratis maupun berbayar hanya dengan menggunakan pengetahuan dasar coding. Berikut kelebihan dan kekurangan dari WordPress web design.

    Kelebihan WordPress

    1. Relatif Murah dan Mudah

    Keunggulan pertama menggunakan WordPress ialah murah dan mudah. WordPress menyediakan banyak template yang dapat Anda gunakan dengan ragam harga yang dapat disesuaikan dengan bujet Anda.

    Anda juga tidak perlu menggunakan jasa web designer atau web developer untuk mewujudkan website yang Anda inginkan. Anda bisa menghemat waktu dengan memilih fitur-fitur menarik yang telah disediakan.

    2. Template yang Beragam

    Kelebihan ke dua adalah tema-tema yang beragam yang WordPress sediakan untuk sektor apapun yang Anda ingin bangun, seperti template untuk e-commerce, blog sampai real estate. Tema-tema ini telah didesain responsif dan efektif untuk perangkat ponsel, tablet sampai PC.

    3. Plugin yang Variatif

    Keuntungan lainnya dalam menggunakan WordPress adalah plugin yang bervariasi. WordPress menyediakan banyak plugin yang dapat digunakan untuk optimasi SEO, page builder, caching, dan lainnya.

    Kekurangan WordPress

    1. WordPress memiliki fungsi yang terbatas

    Walau WordPress memiliki banyak template dan plugin yang dapat digunakan, namun WordPress memiliki keterbatasan bila situs Anda ingin terus melakukan personalisasi dan mengembangkan fitur yang rumit.

    2. Risiko Keamanan

    Platform ini biasanya meng-upgrade fitur dan plugin secara berkala. Ketika ini terjadi, akan ada kemungkinan pula pembajak menyerang situs Anda. Apalagi bila situs tersebut terkait dengan informasi yang sensitif, Anda akan membutuhkan tenaga ahli untuk mengatasi hal ini.

    Konklusi

    Itulah sederet kelebihan dan kekurangan dari WordPress web design vs custom web design. Sebelum membuat situs, Anda perlu untuk mempertimbangkan baik-baik kelebihan sekaligus kekurangan keduanya. Jangan ragu pula untuk berkonsultasi mengenai jasa website design & development dengan Meson Digital Marketing Agency.

    Ready to Discuss Your Project?

    Tell Us About Your Project

      Open chat