Panduan Dasar Iklan Podcast

Jordy Gunawan
Podcast

Daftar Isi:

    Apa Itu Podcast?

    Podcast adalah rekaman audio digital yang dapat Anda dengarkan kapan pun dan dimana pun melalui smartphone. Termasuk ketika Anda sedang bepergian, bersantai di rumah, bahkan ketika sedang bekerja.

    Iklan Podcast menjadi salah satu channel yang relatif baru bagi para advertiser dan marketer melihat pengguna Podcast baru-baru ini mengalami peningkatan, khususnya di Indonesia.

    Belakangan ini podcast menjadi sebuah trend yang berkembang pesat di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.

    Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Daily Social pada tahun 2018 kepada 2023 responden, sebanyak 68% orang Indonesia mengaku familiar dengan Podcast.

    Tentu saja jumlah pendengar podcast di Indonesia akan semakin bertambah kedepannya. Sebagai saluran iklan baru di dunia digital, beberapa brand menjadikan podcast sebagai strategi marketing lainnya dalam membangun hubungan yang lebih erat dengan audiens lho!

    3 Keunggulan Iklan Podcast

    Sebagai saluran iklan baru di dunia pemasaran digital atau digital marketing, beriklan di Podcast dinilai lebih efektif lho! Yuk, cari tahu alasannya:

    1. Audiens yang loyal

    Sebuah riset mengatakan bahwa orang Amerika mendengarkan podcast selama 5 jam 39 menit setiap harinya. Sebab, podcast dinilai sebagai salah satu saluran media yang menghibur sekaligus mengedukasi.

    Bahkan, Anda dapat mengakses berbagai topik yang tak terbatas melalui smartphone atau laptop secara gratis.

    Itulah alasan mengapa saat ini orang lebih tertarik untuk mendengarkan podcast dan menjadi pendengar yang loyal.

    Riset dari Midroll juga menyatakan bahwa ketika pendengar loyal mendengarkan podcast secara utuh, mereka lebih cenderung untuk membeli produk Anda.

    2. Memiliki engagement yang kuat

    Banyak yang berpendapat bahwa pendengar podcast lebih aktif dan fokus daripada pendengar radio. Sehingga, engagement yang di dapat lebih tinggi pula.

    Biasanya orang mendengarkan radio sebagai selingan ketika menyetir. Sehingga diperlukan usaha yang lebih untuk menarik perhatian audiens ketika iklan radio disiarkan.

    Sebagian besar iklan di Podcast berupa copy atau tulisan yang dibaca oleh host, namun tidak menutup kemungkinan mereka akan melakukan improvisasi sehingga lebih menarik ketika didengar.

    Bahkan, audiens lebih percaya dan tertarik untuk membeli produk Anda berkat rekomendasi yang diberikan oleh host lho!

    3. Tidak adanya ad blocker

    Saat ini, banyak sekali audiens yang menggunakan ad blocker untuk menghindar dari iklan pada platform digital.

    Alasannya pun bermacam-macam, ada yang merasa jenuh dengan jumlah iklan yang diterima, ada yang merasa terganggu dengan muncul nya iklan tersebut, dsb.

    Namun, tidak pada iklan Podcast. Sebab, iklan yang tayang di salah satu podcast tidak bisa dideteksi oleh ad blocker, sehingga iklan Anda akan tayang tanpa gangguan.

    Walaupun iklan pada podcast dapat dilewati secara manual (skipped) oleh pendengar, namun hal itu jarang terjadi.

    Microphone professional untuk podcast

    Jenis-Jenis Iklan Podcast (Podcast Ads)

    Sebelum Anda memutuskan untuk beriklan, sebaiknya ketahui dahulu jenis-jenis iklan Podcast di bawah ini:

    1. Live Read Ad

    Live Read Ad merupakan iklan yang dibacakan oleh host secara langsung ketika mereka sedang merekam salah satu episode podcast. Biasanya disampaikan secara “natural” ketika host sedang membicarakan topik yang relevan.

    Umumnya, Live Read Ad bersifat “off script” – host membicarakan produk atau brand Anda menggunakan bahasa nya sendiri. Sebenarnya, Anda bisa menyediakan naskah untuk host, namun ada kemungkinan iklan tersebut tidak terdengar alami.

    2. Pre-Produced Ad

    Pre-Produced Ad terbagi menjadi dua tipe, yaitu: sponsor-produced dan host-read.

    Tipe sponsor produced sejenis dengan produksi siaran iklan radio, yakni perlu tahapan produksi dan tambahan elemen seperti musik dan efek suara.

    Sedangkan tipe host-read merupakan iklan yang dibaca sesuai dengan naskah yang diberikan – ditulis oleh Anda atau tim produksi podcast yang kemudian disisipkan ke salah satu episode podcast tersebut.

    Bagaimana Iklan Podcast Anda Muncul?

    Selanjutnya, kita bahas bagaimana iklan Anda akan muncul. Rata-rata, saluran podcast memiliki tiga slot untuk memasang iklan, yakni:

    1. Pre-Roll (15-20 detik)

    Iklan Anda akan muncul di awal episode atau sebelum masuk ke tema pembahasan yang akan dibawa oleh host selama 15-20 detik.

    2. Mid-Roll (60-90 detik)

    Iklan Anda akan muncul di tengah-tengah episode, biasanya ada jeda dimana host akan menyampaikan sedikit informasi seputar brand Anda selama 60-90 detik.

    3. Post-Roll (20-30 detik)

    Iklan Anda muncul di akhir episode atau sebelum penutup selama 20-30 detik.

    Banyak peluang yang dapat Anda raih dengan memasang iklan di Podcast, namun Anda perlu menentukan ide campaign yang akan disampaikan, audiens mana yang ingin disasar, hingga memilih jenis iklan yang akan digunakan.

    Apakah Anda siap memasang iklan di saluran Podcast? Selamat mencoba!

    Ready to Discuss Your Project?

    Search Articles

    Tell Us About Your Project

      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.