Mengenal Apa Itu Digital Marketing dan Jenisnya

Yeremia Anugerah
Digital Marketing

Daftar Isi:

    Apa Itu Digital Marketing

    Digital Marketing adalah kombinasi seluruh aktivitas marketing yang dilakukan menggunakan media elektronik maupun internet. Beberapa kegiatan digital marketing diantaranya: SEO, SEM, social media marketing, email marketing, content marketing, dan lainnya.

    Hampir semua orang  di jaman sekarang mencari informasi mengenai produk atau layanan yang mereka butuhkan melalui search engine (mesin pencari seperti Google) dan social media.

    Fenomena ini memaksa Anda yang ingin sukses dalam bisnis, untuk ikut berkontribusi dalam memasarkan produk atau jasa yang dihasilkan secara online.

    Anda pun harus paham, bahwa definisi digital marketing bukanlah terbatas sebagai online store yang berada pada sosial media atau online marketplace.

    Perkembangan Digital Marketing

    Marketing merupakan salah satu aktivitas yang paling penting dari sebuah bisnis. Semua bisnis berasumsi bahwa mereka dapat menghasilkan produk atau layanan yang terbaik di pasaran, namun tantangan terbesar adalah bagaimana cara mengkomunikasikan nilai tersebut ke target pasar mereka?

    Setelah sekian lamanya, strategi pemasaran secara konvensional telah digunakan oleh semua perusahaan, baik melalui televisi, radio, spanduk, billboard, dan lainnya.

    Namun, biaya dari upaya advertising ini sudah terbilang fantastis nilainya, dan hanya dapat dilakukan oleh perusahaan besar yang mempunyai kemampuan dalam segi dana.

    Digital Marketing di Indonesia Tahun 2021

    Internet Users in Indonesia
    Sumber: Hootsuite & We Are Social

    Pada tahun 2021, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 202 juta orang dan angka ini tentunya akan terus bertambah. 

    Selain itu, kemajuan teknologi dan perkembangan online marketplace (seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lainnya) di Indonesia juga mendorong para pebisnis baik individu maupun perusahaan memasarkan produk mereka secara online. 

    Hal-hal inilah yang mendorong para pengusaha di Indonesia untuk mengubah cara dan strategi pemasaran mereka demi mencakup konsumen di ranah digital. Salah satunya dengan mengimplementasikan strategi marketing melalui channel digital, atau yang disebut dengan digital marketing.

    Digital marketing saat ini ini tergolong efektif karena sudah banyak sekali masyarakat di Indonesia yang menghabiskan waktunya menggunakan media online.

    Sayangnya, pengertian digital marketing di Indonesia belum banyak dipahami secara mendalam oleh setiap orang. Kali ini kami akan memberikan pengertian akan konsep digital marketing secara singkat yang mudah dimengerti oleh Anda yang baru memasuki dunia digital marketing.

    Investasi Untuk Memulai Digital Marketing

    Setelah menyadari pentingnya mengikuti perkembangan tren dan teknik marketing yang bergerak ke arah digital, mungkin Anda sekarang tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang dunia digital marketing.

    Berikut ini adalah proses dan investasi yang dibutuhkan untuk memulainya:

    1. Website

    Tanpa diragukan lagi, website merupakan aset perusahaan yang paling penting di dunia digital.

    Perusahaan-perusahaan besar pun berani untuk berinvestasi sampai milyaran rupiah untuk memiliki website dengan tampilan yang baik, cepat, dan mudah untuk digunakan oleh pengguna.

    Dalam proses awal pembuatan website, Anda pun harus menetapkan tujuan utama dari website perusahaan Anda, apakah website yang hanya bersifat sebagai company profile, product catalogue, ataupun e-commerce/tempat berjualan.

    2. Search Marketing

    Website dengan desain yang baik adalah awal dari perjalanan bisnis Anda di dunia digital.

    Layaknya memiliki restoran dengan makanan yang sangat enak dan tempat yang bagus, jika tidak ada yang mempromosikan restoran Anda kepada konsumen, tidak akan ada yang tahu keberadaannya.

    Oleh karena itu, Anda pun harus melakukan sederet aktivitas untuk mendatangkan pengunjung ke website Anda.

    Search marketing merupakan istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan aktivitas mempromosikan website Anda melalui search engine.

    SEO (Search Engine Optimization) adalah salah satu aktivitas untuk mendatangkan traffic secara gratis dan organic.

    Sedangkan SEM (Search Engine Marketing) merupakan pilihan berbayar untuk mendatangkan traffic dalam waktu singkat, sesuai dengan budget yang ditetapkan.

    Social media Users in indonesia
    Sumber: Hootsuite & We Are Social

    3. Social Media

    Berdasarkan riset di atas, pengguna social media yang aktif di Indonesia pada tahun 2021 berjumlah 168 juta orang. Bukan hanya perseorangan, bahkan akun bisnis pun sudah banyak sekali Anda jumpai setiap harinya.

    Orang Indonesia pun memanfaatkan akun social media mereka untuk berjualan, dari produk fashion, makanan, produk kecantikan, dan lain-lain. Jika Anda tidak memanfaatkan momentum ini, Anda akan semakin ketinggalan oleh kompetitor Anda!

    Menggunakan Social Media sebagai salah satu tools digital marketing tidak bisa sembarangan. Banyaknya akun social media yang menjamur saat ini membuat para bisnis harus mencari cara untuk memenangkan hati para calon konsumen.

    Hal ini tidak semudah yang dibayangkan oleh semua bisnis. Banyak sekali akun bisnis di Instagram yang tidak dikelola secara profesional, dan menciptakan impresi yang buruk untuk brand mereka sendiri.

    Social media management yang baik harus bisa mengkomunikasikan nilai dan isi dari produk/jasa dari perusahaan yang dituangkan dalam bentuk gambar atau video singkat.

    Setelah memiliki landing page yang baik, Anda pun harus memulai paid marketing campaign untuk menjaring target market Anda.

    4. Tim yang Kompeten

    Digital marketing adalah suatu strategi marketing yang baru di dunia bisnis. Oleh karena itu, masih belum banyak sekolah maupun institusi yang benar-benar mengajarkan konsep digital marketing beserta penerapannya secara mendalam kepada muridnya.

    Terlebih lagi, tidak ada suatu hal pun yang pasti di dunia digital ini. Strategi yang dinilai dapat bekerja baik bagi suatu bisnis tidak tentu bisa diimplementasikan ke bisnis lainnya.

    Sebagai contoh, SEO tidak pernah memiliki guidelines yang pasti dan search engine pun mengganti algoritma perncarian mereka setiap saat.

    Oleh karena itu, memiliki team yang handal dan mau untuk terus belajar secara berkelanjutan sangatlah penting agar dapat terus mengikuti perkembangan di dunia SEO.

    Jika Anda paham mengenai SEO dan butuh mencari team untuk perusahaan Anda, orang seperti apakah yang perlu Anda cari? Apakah orang dengan latar belakang lulusan marketing, atau IT?

    Keuntungan dalam Menjalankan Digital Marketing

    Meskipun tergolong tidak mudah, menjalani digital marketing saat ini sudah menjadi keharusan bagi bisnis yang ingin bertahan dan bertumbuh. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa dirasakan oleh para bisnis yang menjalankan digital marketing.

    1. Relatif murah

    Dibandingkan dengan aktivitas marketing konvensional seperti melalui televisi, koran, dan billboard; aktivitas yang dilakukan dalam digital marketing tergolong murah.

    Saat ini, hanya perusahaan besar saja yang bisa menjalankan aktivitas marketing ATL (above the line marketing) tersebut!

    Jika perusahaan Anda memiliki keterbatasan dana marketing, digital marketing mungkin bisa menjadi solusi untuk Anda. Namun, Anda pun harus tahu melalui platform manakah yang paling cocok untuk bisnis Anda.

    2. Terkontrol dan terukur

    Anda dapat mengukur keberhasilan campaign digital yang bisnis Anda lakukan setiap harinya. Dengan menggunakan software seperti Google Analytics, Facebook Pixels, dan lainnya; Anda dapat memantau secara mendetail mengenai semua iklan dan website yang Anda jalankan.

    3. Jangkauan yang luas

    Hampir seluruh orang yang Anda kenal pasti menggunakan smartphone bukan?

    Mereka pun mencari informasi mengenai produk atau servis yang mereka butuhkan melalui search engine atau social media dan bahkan, transaksi melalui online di Indonesia pun semakin berkembang.

    Dengan digital marketing, Anda juga dapat menjangkau tempat-tempat yang sebelumnya tidak bisa Anda sentuh, mungkin karena keterbatasan dana maupun akses yang sulit.

    Demikianlah pembahasan singkat mengenai pengertian digital marketing, menarik bukan? Apakah Anda sudah siap untuk go digital bersama kami?

    Ready to Discuss Your Project?

    Search Articles

    Tell Us About Your Project