Daftar Isi
Pada awal Juli 2023, Meta telah merilis platform baru bernama Threads. Platform ini disinyalir menjadi pesaing baru bagi Twitter yang terlebih dahulu populer dengan format microblogging.
Apa yang menarik dari Threads hingga begitu populer begitu awal rilisnya? Dan apa saja fitur yang bisa dimanfaatkan bagi para pebisnis untuk mengoptimalkan pemasaran digital lewat kanal media sosial yang satu ini? Berikut Meson Digital Agency akan mengulasnya.
Mengenal Threads, Platform Microblogging dari Instagram
Meta yang menaungi Facebook, Instagram, dan Whatsapp baru saja diluncurkan Threads. Aplikasi besutan Mark Zuckerberg ini sukses mengundang 70 juta pengguna baru untuk melakukan sign-up pada awal peluncurannya saja.
Di hari kelima pasca rilis, Threads berhasil mendapatkan 100 juta pengguna dalam kondisi ketika pihak Threads sendiri belum melakukan promosi secara masif. Mark Zuckerberg pun mengklaim seluruh jumlah pengguna tersebut bersifat organik.
Aplikasi Threads sudah bisa di-install baik melalui App Store dan Google Play.
Fitur Utama Threads
Untuk memiliki akun Threads, pengguna cukup sign up menggunakan akun Instagram mereka yang sudah ada. Username dari akun Instagram yang sign up sebagai menjadi pengguna Threads secara otomatis menjadi username di Threads.
Akan tetapi, pengguna masih bisa melakukan mengganti username dan melakukan kustomisasi lainnya supaya berbeda dengan Instagram. Jumlah karakter pada satu postingan Threads dibatasi sampai 500 karakter, termasuk tautan, foto, dan video berdurasi 5 menit.
Feeds di Threads membuat berbagai postingan dari pengguna yang Anda ikuti serta rekomendasi dari content creator yang belum Anda ikuti. Anda dapat dengan mudah membagikan postingan Threads ke Story di akun Instagram atau membagikan postingan di platform lain.
Perbedaan Threads dengan Twitter
Rivalitas antara Elon Musk sebagai pemilik platform media sosial Twitter dengan Mark Zuckerberg memang terkenal cukup tinggi. Banyak pihak yang menilai bahwa peluncuran Threads merupakan salah satu cara Zuckerberg untuk menyaingi Twitter, mengingat konsep yang digunakan hampir serupa.
Meskipun begitu, tetap ada perbedaan yang mencolok di antara kedua media sosial ini. Jumlah karakter pada sekali tweet untuk akun Twitter gratis atau non-subscription hanyalah 240 karakter, sedangkan Threads mencapai 500 karakter.
Begitu pula dengan durasi dan ukuran video yang diunggah. Unggahan video pada Twitter dibatasi hanya 512MB dan hingga 2 menit 20 detik. Sementara Threads mencapai hingga 5 menit.
Khusus untuk ikon hashtag, ikon ini menjadi fitur Twitter yang digunakan untuk melacak posting yang terkait dengan tren atau kata kunci yang terkait. Di sisi lain, sampai saat ini hashtag pada Threads hanya dapat digunakan sebagai sarana untuk mencari pengguna lain.
Perbedaan aspek algoritma juga cukup kontras pada Threads dan Twitter. Home screen Twitter memiliki dua feeds, yakni bagian “For you” untuk menampilkan konten berdasarkan algoritma khusus.
Konten pada laman “For You” merupakan konten yang diperkirakan oleh algoritma Twitter akan relevan dengan pengguna dan bukan berasal dari akun yang diikuti. Bagian selanjutnya adalah “Following”, yang sesuai namanya menampilkan konten hanya dari akun yang diikuti oleh seorang pengguna.
Sejauh ini Threads hanya memiliki satu jenis feeds saja. Feeds di Threads menampilkan postingan dalam urutan nonlinier yang menampilkan postingan dan balasan dari orang yang Anda ikuti. Maka, feeds juga akan menampilkan postingan dari orang yang tidak Anda ikuti.
Strategi Marketing untuk Threads By Instagram
Adanya kemunculan Threads yang menggemparkan jagad dunia maya membuat setiap pebisnis perlu mencari celah atau potensi untuk channel pemasaran.
Threads hingga sekarang belum menyediakan ads layaknya di Instagram. Belum ada tanggal pasti kapan aplikasi baru besutan Zuckerberg ini merilis fitur lain yang mendukung pemasaran digital.
Demikianlah ulasan mengenai Threads by Instagram. Fenomena kemunculan media sosial merupakan tantangan tersendiri bagi pebisnis untuk mengembangkan strategi digital marketing yang sesuai.
Meson Digital Agency siap membantu Anda untuk menyusun strategi digital marketing terbaik untuk bisnis Anda. Konsultasikan kebutuhan Anda bersama tim expert kami!