Mengenal Apa Itu SEO TikTok dan Optimalisasinya

Syah Rezi Tungga Dewi
seo tiktok

Daftar Isi

    TikTok merupakan media sosial yang sedang naik daun di 2024 ini. Agar konten video mampu menjangkau audiens yang tepat dan akurat, Anda perlu memahami terlebih dahulu mengenai SEO untuk platform social media TikTok. 

    Di bawah ini, Meson Digital Agency akan mengulas singkat tentang SEO TikTok sampai bagaimana pengaplikasiannya. Check this out! 

    Apa Itu SEO TikTok? 

    SEO TikTok adalah proses mengoptimalkan konten agar lebih mungkin dilihat oleh audiens. Konten TikTok yang berhasil dioptimasi akan muncul pada For You Page (FYP) dan mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian di platform TikTok. 

    Misalnya, jika pengguna menyukai atau memfavoritkan video keuangan atau memasukkan kueri pencarian tentang topik terkait, TikTok akan merekomendasikan video dan akun serupa di FYP pengguna.

    Mengoptimalkan konten TikTok akan memberikan peluang yang lebih besar bagi brand Anda untuk muncul di halaman FYP atau hasil pencarian audiens Anda. Alhasil, brand awareness, view, dan conversion pun akhirnya juga ikut meningkat. 

    Mengapa SEO TikTok Penting?

    1. Jumlah Pengguna

    TikTok dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif secara global, menawarkan peluang besar untuk meningkatkan visibilitas brand Anda. Indonesia sendiri menempati peringkat kedua sebagai negara dengan jumlah pengguna TikTok terbesar di dunia setelah Amerika Serikat. 

    2. Konten Berbasis Algoritma

    Konten yang muncul pada laman For You (FYP) dan pencarian TikTok didorong oleh algoritma khusus. Sistem algoritma tersebut akan memelajari dan akhirnya menyajikan konten berdasarkan perilaku pengguna. 

    Sehingga, sangatlah penting untuk mengoptimalkan SEO TikTok supaya konten Anda berpeluang masuk di FYP.

    3. Perilaku Pengguna

    Pengguna dari generasi Z semakin sering menggunakan TikTok sebagai alternatif search engine seperti Google untuk menemukan informasi terkini.  

    Perubahan perilaku pengguna ini semakin menekankan pentingnya mengoptimalkan konten agar sesuai dengan fitur pencarian TikTok.

    Faktor yang Memengaruhi Algoritma TikTok

    Berikut adalah faktor-faktor yang memengaruhi peringkat SEO di TikTok:

    1. Interaksi Pengguna

    Interaksi yang dimaksud mencakup tindakan yang dilakukan pengguna pada video yang telah mereka tonton, seperti likes, shares, follows, comments, video yang ditonton hingga selesai (completions), dan video yang dilewati (skips). 

    Algoritma TikTok memperhatikan tindakan ini untuk memahami jenis konten yang disukai pengguna dan menyesuaikan konten yang akan muncul di For You Page (FYP).

    2. Informasi dalam Video

    Informasi yang tertera dalam video sangat penting dalam SEO TikTok untuk memastikan video Anda muncul ketika seseorang mencari kata kunci atau hashtags tertentu.

    Contoh informasi tersebut ialah caption, hashtags, sounds yang digunakan, dan faktor identifikasi lainnya 

    3. Pengaturan Perangkat dan Akun

    Selanjutnya, pengaturan perangkat dan akun dari pengguna pun sangat berpengaruh terhadap algoritma TikTok. Pengaturan yang dimaksud meliputi  jenis perangkat yang digunakan, lokasi, dan preferensi bahasa, dan sebagainya. 

    Kiat Optimasi SEO untuk TikTok

    TikTok telah menjadi platform yang tidak hanya untuk hiburan tetapi juga sebagai sarana promosi yang efektif. Semua berkat meningkatnya penggunaan TikTok untuk pencarian dan perkembangan jumlah pengguna yang semakin besar. 

    Fenomena ini jelas memberikan peluang untuk para pebisnis dalam rangka melakukan promosi atau campaign pemasaran digital yang lebih efektif. 

    Berikut adalah beberapa kiat untuk meningkatkan SEO pada konten TikTok Anda.

    1. Teliti Topik Terlebih Dahulu 

    Untuk meneliti topik apa yang sedang populer di TikTok, Anda bisa menggunakan TikTok Creative Center. Platform ini pada dasarnya memang disediakan oleh TikTok untuk memudahkan pencarian tren terkini yang sedang berlangsung berdasarkan industri atau niche tertentu. 

    2. Menciptakan Konten Berkualitas Tinggi

    Konten yang menarik dan berkualitas tinggi adalah kunci untuk menarik perhatian pengguna TikTok. Frekuensi yang direkomendasikan TikTok untuk mengunggah video adalah 1-4 kali per hari untuk meningkatkan peluang konten Anda menjadi viral. 

    3. Manfaatkan Format Konten yang Sedang Trending 

    Mengikuti format konten yang viral di kalangan masyarakat dapat visibilitas konten Anda serta menjangkau audiens yang lebih luas. Namun, pastikan jika format yang hendak Anda ikuti tidak bertentangan dengan value atau regulasi dari brand.

    4. Menggunakan Kata Kunci dalam Caption dan Video

    Sertakan kata kunci dalam caption, hashtag, dan teks di layar video Anda. Mencantumkan kata kunci dan caption akan  membantu algoritma TikTok mengenali relevansi video Anda dengan topik yang dicari pengguna. 

    5. Berinteraksi dengan Pengguna 

    Interaksi dengan audiens adalah faktor penting dalam algoritma TikTok. Ajak pengguna untuk meninggalkan komentar, atau bahkan berkolaborasi dengan influencer TikTok lainnya. 

    Kesimpulan

    Semakin Anda berinteraksi dengan audiens, semakin besar peluang konten Anda untuk mendapatkan peringkat yang baik.

    Dengan menerapkan taktik SEO ini dalam perencanaan, pembuatan, dan publikasi konten TikTok Anda, Anda dapat memaksimalkan jangkauan di platform tersebut. Penting juga untuk selalu memantau analitik TikTok Anda agar dapat memastikan bahwa strategi yang Anda gunakan memberikan hasil yang diharapkan.

    Untuk menerapkan strategi SEO TikTok yang baik dan tepat sasaran, Meson Digital Agency siap membantu Anda melalui jasa social media management. Tim expert dari Meson Digital Agency telah berpengalaman dalam membantu klien dari berbagai macam industri. 

    Hubungi tim kami untuk informasi lebih lanjut dan konsultasikan kebutuhan bisnis Anda! 

    Consult Your Digital Marketing Needs with Us!

    Enhance the online visibility of your business and reach your target market more effectively. Implement the right Digital Marketing strategy for sustainable business growth.

      Search Articles