Cara Edit Tema di WordPress Bagi Pemula

Jordy Gunawan
Edit tema WordPress

Daftar Isi:

    WordPress CMS

    Artikel kali ini akan membahas secara spesifik mengenai cara sederhana untuk edit tema website Anda di WordPress. Dari sekian banyak sistem manajemen konten atau content management system (CMS) yang tersedia, WordPress merupakan CMS yang paling populer. Bahkan, sepertiga website yang tersebar di internet dijalankan dengan menggunakan WordPress. Apakah yang menjadikan WordPress digemari? Alasan paling mendasar adalah fleksibilitasnya.

    Tidak hanya dipakai untuk blog individu atau perorangan, WordPress juga digunakan sebagai website dengan skala besar, misalnya seperti situs penyedia berita terkini.

    Supaya bisa menciptakan website WordPress yang menarik dan unik, serta mampu merepresentasikan brand dengan baik, Anda perlu menentukan tema yang paling cocok.

    Tema WordPress

    Tema WordPress adalah koleksi template dan CSS stylesheets yang akan membantu Anda menciptakan web desain yang menarik. Dengan menguasai tema WordPress, bisa dibilang Anda telah menguasai WordPress itu sendiri. Anda bisa menentukan sendiri desain dan layout sesuai kebutuhan dan keinginan.

    Ada hampir empat ribu tema gratis yang disediakan WordPress dan itu semua masih permulaan, karena designers pihak ketiga saat ini menciptakan lebih banyak lagi tema tambahan yang bisa Anda beli di CMS ini, banyak diantaranya dengan harga sangat terjangkau.

    Persiapan Sebelum Mengubah Tema WordPress?

    Mempelajari tema WordPress secara mendetail sangatlah krusial. Tema yang tepat akan memberikan Anda desain web sesuai ekspektasi. Dengan begitu, Anda tidak perlu melakukan perubahan besar dalam hal struktural tapi hanya memilih gaya yang tepat untuk menghidupkan brand Anda.

    Nah apa saja yang diperlukan sebelum mengubah tema?

    1. Memilih Tema yang Memberikan Performance Bagus

    Pilihlah tema yang memberikan performance bagus untuk web karena percuma saja jika Anda menyukai suatu tema tapi tema tersebut membuat lambat website Anda. Anda dapat menggunakan PageSpeed Insights untuk menganalisa performance website.

    Performance sebuah website juga tidak hanya bergantung pada kecepatannya, namun ada faktor lain seperti: design, struktur URL, dan faktor teknis lainnya yang mempengaruhi SEO (On Page) website.

    Untuk tahu bahwa tema yang Anda sukai memiliki performance bagus adalah dengan membaca review. Jika pengguna sebelumnya puas, Anda boleh menggunakannya.

    Namun jika terlalu banyak keluhan, lebih baik pilih tema lain. Selain membaca review, pastikan pula apakah penyedia tema aktif atau tidak dalam mengupdate tema miliknya. Tema dengan kualitas rendah cenderung cepat menghilang di pasaran.

    2. Memahami Kebutuhan Website Anda

    Tema yang nampak bagus di web seseorang, bukan berarti akan tampak bagus dan tepat di untuk brand atau bisnis Anda. Tapi jangan khawatir, karena WordPress memberikan Anda kemudahan dalam memilih tema sesuai bidang yang dibutuhkan, misalnya ekonomi, hukum, hiburan, fashion, corporate branding, dan lainnya.

    3. Melakukan Riset terhadap Website Kompetitor

    Anda perlu meluangkan waktu mengunjungi website kompetitor Anda dan mengumpulkan beberapa ide menarik dari desain mereka serta elemen-elemen yang mungkin Anda butuhkan.

    Hal ini akan sangat membantu dalam menentukan tema yang selaras dengan yang Anda butuhkan jadi nantinya tidak diperlukan perubahan besar pada layout web Anda.

    Bagaimana Cara Mengedit Tema WordPress

    Ada cukup banyak cara mengedit tema WordPress yang bisa digunakan. Setiap metode di bawah ini sangat cocok untuk pemula, karena tidak diperlukan keahlian desain atau coding.

    1. Menggunakan WordPress Customizer

    Cara edit tema WordPress yang pertama adalah dengan menggunakan Worpress Customizer. WordPress memiliki tool bernama Customizer, yang memberikan Anda akses untuk menyesuaikan situs tanpa melakukan perubahan pada kode. Untuk memilih tool ini, pilihlah Appearance>Customize di dasbor.

    Setelah membuka menu Customizer, Anda akan melihat menu di bagian kiri menunjukkan beberapa elemen. Elemen yang bisa dirubah bergantung pada tema yang dipilih. Namun, elemen yang banyak muncul adalah Logo dan Judul, Layout Umum, Skema Warna, Tipografi, Menu Lain, dan Bagian ber-Widget.

    WordPress Customizer menawarkan banyak pilihan untuk melakukan perubahan pada situs. Ditambah lagi, perubahan bisa ditinjau di saat yang sama sehingga Anda bisa menentukan akan mem-publish perubahan tadi atau tidak jika ternyata hasilnya tidak cocok.

    2. Menggunakan Tema Built-in WordPress

    Cara edit tema WordPress selanjutnya adalah dengan menggunakan Tema Built-in WordPress. Pilihan penyesuaian ini akan berbeda dari satu tema dengan tema lainnya. Anda bisa mengakses pilihan tema ini di dasbor WordPress di mana Anda akan melihat beberapa seksi di bagian kiri dengan nama sama dengan tema yang telah diinstal.

    Klik untuk melihat penyesuaian mana yang tersedia dengan tema Anda. Nanti Anda akan bisa melihat muncul banyak modifikasi yang bisa dibuat dengan setting panel tema sama.

    3. Mengedit lewat CSS

    CSS lah yang mengontrol tampilan website Anda, mulai dari warna halaman, spasi, tipografi, dan lainnya. Kode CSS situs Anda yang mengontrol lebih banyak tampilan daripada file inti tema yang Anda miliki.

    Pertama Anda bisa mengakses Customizer kemudian pilih Additional CSS di bagian bawah. Di sini Anda bisa memasukkan kode CSS untuk melakukan perubahan pada website dan perubahan tadi akan muncul secara otomatis di editor.

    Jika Anda tidak ingin menggunakan Customizer, gunakan perubahan CSS melalui plugin. Biasanya, plugin CSS memiliki visual editor yang akan membantu Anda memiliki kode bersih tanpa kesalahan. Cukup install plugin tadi dan Anda bisa mulai mengedit CSS dengan mudah dan cepat.

    4. Menggunakan WordPress Page Builder Plugin

    Plugin pembuat halaman WordPress menambahkan fungsi drag-and-drop. Fungsi ini adalah fitur umum yang juga muncul di hampir semua pembuat website di pasaran saat ini. Dengan ini, para pemula memiliki kontrol penuh atas desain website mereka tanpa harus berhubungan dengan kode.

    Karena Anda bisa menambahkan dan mengatur ulang beberapa elemen tertentu di website, plugin tadi akan secara otomatis menciptakan kode dasar. WordPress memiliki banyak sekali plugin yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan fungsi ini ke situs web.

    Konklusi

    Itulah 4 cara mudah untuk melakukan edit pada tema WordPress. Kreatiflah dalam mengeksploras WordPress Anda karena CMS ini menyediakan pilihan tema yang tidak terbatas. Untuk mengedit tema WordPress, Anda bisa menggunakan tool Customizer, tema built-in, CSS, dan page builder plugin.

    Jika Anda perlu berkonsultasi lebih mendalam mengenai website development, Meson dapat memberikan solusi yang tepat untuk kebutuhan Anda.

    Ready to Discuss Your Project?

    Tell Us About Your Project

      Open chat