5 Inspirasi Website Design

Jordy Gunawan
Website design

Daftar Isi:

    Pentingnya Web Design Yang Menarik Perhatian

    Jika kutipan “don’t judge the book by its cover” cukup sering terdengar di telinga Anda, maka hal yang sama tidak berlaku ketika dalam konteks desain website. Studi oleh SWEOR menyatakan bahwa 0.05 detik pertama adalah hal yang sangat krusial untuk menentukan apakah pengunjung akan berlama-lama di website Anda ataukah memilih untuk pergi.

    Nah disinilah pentingnya desain website yang menarik maupun unik. Untuk memenangkan first impression pengunjung Anda, hal-hal seperti warna, font, dan juga layout perlu diperhatikan. Penggunaan visual yang menawan (UI) dan tidak berlebihan serta aspek kemudahan pengunjung untuk mengenal Anda lebih jauh melalui website juga sangat penting (UX).

    Beberapa pengunjung website Anda mungkin saja seseorang yang pada awalnya tidak benar-benar tertarik membeli atau menggunakan jasa yang Anda tawarkan. Namun dengan kekuatan desain web Anda, pengunjung tadi sangat mungkin memutuskan untuk melanjutkan eksplorasi mereka lebih jauh. 

    Selain design, hal lain yang mampu menciptakan first impression bagus adalah memastikan kecepatan akses website, menghindari pemasangan iklan secara berlebihan, penggunaan bahasa menarik dan mudah dipahami, serta Call to Action (CTA) yang jelas. Selanjutnya, pastikan juga bahwa semua link dalam website Anda bekerja dengan sempurna.

    5 Inspirasi Desain Website Terbaik

    Di pembahasan kali ini, kami akan memberikan 5 contoh desain web terbaik untuk inspirasi Anda. 

    1. Carlsberg

    Carlsberg website

    Banyak orang pastinya familiar dengan nama Carlsberg yang terkenal dengan beer-nya. Carlsberg memiliki website menarik dengan menekankan pada kekuatan segi minimalisnya. Desain minimalis Carlsberg juga menyertakan parallax effect.

    Desain web Carlsberg telah memenangkan penghargaan sebagai Best Website of the Day oleh CSS. Situs mereka memiliki ide sempurna dalam memandu pengguna atau pengunjung melalui storytelling atau cerita.

    2. WWF – Finprint

    Finprint website

    WWF – Finprint menjadi salah satu contoh desain web terbaik yang berhasil menarik perhatian dan mampu mengedukasi pengunjung mengenai carbon footprint atau jejak karbon dengan cara yang menarik.

    Pada website Finprint, kalkulasi pengaruh tingkat emisi karbon dioksida ditampilkan dari hasil pilihan moda transporasi tertentu atau variasi makanan laut tertentu yang dipilih pengunjung.

    Sama halnya dengan Carlsberg, Finprint pun mendapatkan penghargaan oleh CSS sebagai Best Website of the Day. Mereka berhasil memandu pengunjung dengan menggunakan game atau permainan di dalam website-nya.

    Dengan ini, Finprint berhasil menampilkan grafik luar biasa dipadu dengan kombinasi warna keren serta permainan yang mampu membuat pengunjung melihat hasil atau reaksi nyata dari pilihan mereka. Ilustrasi dan efek parallax membuat desain web ini menjadi menakjubkan.

    3. Homecult

    Homecult website

    Satu lagi contoh desain web yang mendapatkan penghargaan sebagai Best Website of the Day oleh CSS adalah Homecult. Bergerak di bidang bisnis desain interior rumah yang menonjolkan kenyamanan dan kemewahan, Homecult memilih menggunakan desain website sederhana dan rapi dengan warna-warna natural.

    Lebih lanjut lagi, Homecult memakai cukup banyak halaman dengan menu header yang sederhana seperti ‘projects’, ‘contact us’, ‘about us’, dan ‘home’. Desain web Homecult menggunakan navigasi sempurna dan juga breadcrumbs.

    4. Lemonade

    Lemonade website

    Lemonade adalah website dari sebuah perusahaan asuransi. Fitur penting yang bisa dicontoh dari website Lemonade adalah visitors hanya perlu scroll ke bawah untuk mendapatkan semua informasi dengan interaktif. Konsep design web ini layaknya membaca sebuah infographic yang menarik dan tidak membosankan.

    Selain itu, berkat pilihan pilihan tipografi dan animasi yang baik dan menarik, Lemonade mampu meraih Best Website of the Day oleh CSS.

    5. Skyline Films

    Skyline films website

    Skyline Films merupakan Film & TV Production dari UK. Salah satu film populer yang mreka produksi adalah Sherlock Holmes.

    Tidak disangka bahwa sebuah perusahaan yang bergerak pada industry perfilman ini membuat website mereka menjadi website yang interactive! Sebuah karya yang sangat out of the box.

    Perpaduan antara cuplikan film dengan parallax effect membuat desain website mereka tidak membosankan.

    Konklusi

    Dalam dunia desain web, the first impression is the last impression. Karenanya, ciptakan sebaik mungkin website yang mampu membuat pengunjung tertarik, penasaran, dan dengan mudah mendapatkan apa yang mereka cari. 

    Selain desain web yang bagus, pastikan juga kemudahan dan kecepatan pengunjung saat mengakses situs Anda. Hindari menggunakan terlalu banyak iklan dan pastikan bahwa semua link bekerja dengan baik dalam mengantarkan pengunjung ke halaman yang mereka kehendaki.

    Dari lima contoh desain web di atas, kita bisa belajar tentang bagaimana unik, informatif, dan menariknya website mereka. Karena ada cukup banyak faktor yang menjadikan website Anda berhasil mencuri perhatian pengunjung, yuk jadikan Meson Digital Agency sebagai partner terbaik dan terpercaya Anda dalam dunia website development.

    Ready to Discuss Your Project?

    Tell Us About Your Project

      Open chat