6 Website Builder Terbaik di tahun 2022

Jordy Gunawan
Website builder terbaik

Daftar Isi:

    Saat ini tak perlu menjadi programmer atau desainer profesional untuk membuat website sendiri. Anda hanya perlu bantuan website builder yang mampu membantu Anda membuat situs dengan cepat, mudah dan nyaman. Pilihan platform-nya sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda.

    Banyak di antaranya bahkan menyediakan template menarik yang cocok untuk bisnis kecil, portofolio, toko online, restoran, hotel, klub, sampai asosiasi atau organisasi. Namun, sebelum memulai, tentu Anda perlu kenali yang mana yang terbaik dan cocok bagi Anda. Untuk itu, simak ulasan 6 website builder terbaik  untuk tahun 2022 berikut ini.

    1. Wix

    Wix

    Wix adalah website builder yang ramah bagi pemula dan salah satu dari yang paling sering direkomendasikan pengguna. Platform dengan motto ‘Design like no other’ ini memberikan kontrol penuh dengan mengombinasikan drag-and-drop sederhana untuk personalisasi website dengan beragam fitur yang menarik.

    Wix menawarkan free plan dan delapan premium plan yang dimulai dengan biaya $13 per bulan. Kelebihan platform ini adalah Wix menawarkan lebih dari 500 template yang dapat Anda gunakan, tapi Anda harus berhati-hati dalam memilihnya karena Anda tak dapat mengganti template Anda dengan mudah setelah situs Anda dirilis.

    2. Squarespace

    Squarespace

    Squarespace adalah website builder canggih yang menawarkan banyak hal untuk sektor kreatif dan bisnis. Dibandingkan dengan Wix, Squarespace memang membutuhkan waktu lebih lama untuk mendevelop sebuah website. Namun, kabar baiknya, desain template yang disajikan dalam platform ini sangat cocok bagi pekerja kreatif yang senang bereksplorasi dari segi visual.

    Platform yang memiliki motto ‘Great for Blogging’ ini menawarkan free trial selama 14 hari dan premium plan dimulai dengan biaya $12 per bulan.

    3. GoDaddy

    GoDaddy

    GoDaddy bersifat user-friendly karena sangat mudah digunakan dan memiliki layout yang responsif. Website builder ini menawarkan bantuan untuk personalisasi otomatis bagi website Anda begitu detail dimasukkan. Layout yang sederhana nan indah disertai panduan untuk menambahkan elemen membuat proses pembuatan website dengan GoDaddy lebih cepat, efektif dan efisien.

    Namun sayangnya, platform yang bertajuk ‘Getting Better All the Time’ ini kurang cocok untuk jenis situs yang kompleks dan membutuhkan personalisasi sepenuhnya. Biaya yang dibutuhkan juga kurang tzerjangkau, berkisar $10 sampai $25 per bulan. Untungnya, GoDaddy menawarkan free trial selama sebulan penuh dan sangat baik untuk penggunaan melalui mobile.

    4. Weebly

    weebly

    Weebly adalah website builder sederhana yang menawarkan banyak fitur menarik, terkhusus untuk sektor e-commerce dan blogging. Platform ini tergolong mudah digunakan, tapi dalam hal desain dan personalisasi, platform yang bermotto ‘Unmatched ease of use’ ini lebih terbatas bila dibandingkan pesaing-pesaingnya. Hal ini dikarenakan ketersediaan tema dan template yang masih terbatas.

    Walau dalam hal desain agak kurang bergaya, platform ini cukup responsif. Weebly menawarkan free plan dan tiga paid plan yang berkisar dari $6 sampai $26 per bulan (yang ditagihkan per tahun). Biaya starter plan yang tergolong murah ini juga yang membuat Weebly salah satu website builder yang paling terjangkau di pasarnya.

    5. WordPress.com

    WordPress

    WordPress.com adalah platform website builder dasar yang ditawarkan oleh WordPress. WordPress.org, di sisi lain, memiliki content management system yang memberikan Anda kontrol yang lebih penuh, tapi untuk optimasi dan pengembangan, Anda masih akan membutuhkan bantuan tenaga profesional.

    WordPress.com bukan lah website builder yang paling mudah digunakan karena untuk memaksimalkan fitur dan mengembangkan situs, Anda setidaknya membutuhkan kemampuan coding dasar untuk dapat menggunakannya dengan maksimal. WordPress menyediakan free plan dan empat premium plan dengan biaya mulai $4 sampai $45 per bulan (yang ditagihkan per tahun). Banyak fitur, blogging tool berkualitas tinggi, dan harga yang terjangkau membuat platform dengan motto ‘WordPress for Starters’ ini pilihan yang tepat untuk para blogger.

    6. Jimdo

    JIMDO

    Jimdo merupakan website builder dasar yang sangat cocok untuk membuat website yang sederhana, bukan yang kompleks. Platform yang bermotto ‘Create a Website in No Time’ ini memiliki dua editor yang berbeda, yakni Jimdo Dolphin dan Jimdo Creator.

    Jimdo Dolphin menggunakan ADI (Artificial Design Intelligence) untuk pembuatan situs, sedangkan Jimdo Creator, mirip seperti Wix, Squarespace dan Weebly, memberikan kebebasan untuk membuat situs dengan cara Anda sendiri. Jimdo Creator memiliki fitur-fitur dasar untuk pembuatan website, tapi builder ini terkadang kurang fleksibel untuk personalisasi dan fitur tambahan yang lebih kompleks.

    Kedua editor menawarkan free plan dan premium plan yang ditagihkan per tahunnya. Jim Dolphin berbiaya mulai dari $9 sampai $39 per bulan, sedangkan Jimdo Creator berbiaya mulai dari $10 sampai $40 tiap bulannya.

    Konklusi

    Itulah ulasan 6 website builder terbaik untuk tahun 2022. Sebelum membuat website, alangkah baiknya untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan website builder untuk mengetahui mana yang paling tepat untuk Anda gunakan. Jangan lupakan juga faktor SEO ketika membuat website agar website Anda mudah ditemukan di Google.

    Meson Digital Marketing Agency siap membantu Anda lewat jasa pembuatan website.

    Ready to Discuss Your Project?

    Tell Us About Your Project

      Open chat