Beberapa Manfaat Blog untuk Bisnis

Jordy Gunawan
Blogging

Daftar Isi:

    Sudah saatnya Anda mempertimbangkan manfaat blog untuk menunjang bisnis Anda. Mulai dari meningkatkan traffic website secara konsisten hingga menarik pelanggan baru dan membangun loyalitas dengan pelanggan saat ini.

    Memanfaatkan blog merupakan salah satu strategi content marketing yang penting dilakukan ketika Anda menjalankan digital marketing.

    Berikut adalah tujuh manfaat blog dalam membantu bisnis Anda:

    1. Meningkatkan Traffic Website

    Sering mengunggah konten yang berkualitas secara konsisten akan membantu meningkatkan lalu lintas (traffic) di situs web bisnis Anda. Banyak perusahaan dan pemilik bisnis merasakan manfaat blog secara signifikan ketika mereka secara rutin memperbarui konten blog dibandingkan dengan mereka yang jarang melakukannya.

    Dengan lebih banyaknya traffic, maka lebih banyak pula prospek (lead) bagi perusahaan B2B maupun B2C. Selain itu, bertambahnya pengunjung di situs Anda maka akan lebih banyak potensi customer untuk melakukan pemesanan atau reservasi produk/jasa.

    Pada dasarnya, traffic situs web yang tinggi sangat baik dan bermanfaat untuk semua jenis bisnis. Keuntungan blog juga dirasakan oleh para pengunjung situs. Mungkin saja mereka menemukan konten Anda saat sedang mencari solusi untuk masalah mereka.

    2. Menarik Customer Baru

    Mendatangkan customer baru bukanlah hal yang mustahil ketika Anda rutin mengupdate blog Anda. Konten yang paling menarik perhatian dan tepat sasaran tentunya menarik minat para pelanggan baru.

    Posisikan diri Anda sebagai calon pelanggan yang melakukan riset online sebelum membeli sebuah produk atau layanan. Kemungkinan besar Anda sebagai customer menggunakan Google untuk melakukan penelitian sebelum membeli produk/jasa.

    Dari sini, Anda akan menentukan beragam hal yang mempengaruhi setiap keputusan pembelian. Seperti misalnya, dari harga, ulasan, kualitas produksi produk, dan lain-lain.

    Calon pelanggan yang menemukan konten blog informatif dan menarik tentang subjek yang mereka cari akan tertarik untuk kembali lagi. Akan lebih bagus lagi jika mereka langsung beli saat itu juga!

    Untuk mendapatkan manfaat blog yang satu ini tentunya memerlukan strategi. Membuat strategi blog bisa jadi membutuhkan waktu cukup lama dan pengalaman yang cukup. Tetapi jika Anda bersedia menginvestasikan waktu dan usaha di sini, ini akan jadi sangat bermanfaat.

    3. Menginformasikan Apa yang Bisnis Anda Tawarkan

    Bagi banyak bisnis seperti kontraktor rumah, desain interior, perancang web, dan sebagainya, blog dapat berfungsi sebagai portofolio dari klien atau proyek sebelumnya. Blog pada bidang usaha ini dapat dimanfaatkan untuk menambah eksposur dan kredibilitas perusahaan.

    Berkat blog Anda, calon pelanggan atau klien dapat memiliki gambaran dari apa yang mereka bisa harapkan dari produk atau jasa Anda. Sisipkan beberapa media visual menarik seperti foto atau video untuk menambah nilai portofolio Anda.

    Untuk melakukan ini, Anda bahkan tidak perlu memiliki pengetahuan teknis mendalam. Jika Anda mengalami kesulitan, sudah ada banyak tutorial WordPress di internet. Oleh karena itu, janganlah patah semangat!

    4. Membangun Hubungan dengan Potential dan Existing Customers

    Keuntungan blog bagi perusahaan yang tidak kalah penting adalah fakta bahwa sebuah blog mampu membantu Anda dalam membangun komunikasi dengan calon pelanggan dan mereka yang sudah menjadi pelanggan setia.

    Di dalam blog, Anda tidak hanya mempromosikan bisnis dengan konsep hard-selling. Anda juga membuat konsep promosi soft-selling yang sifatnya menyentuh emosional customer.

    Sebagai contoh, apabila Anda menjual produk pomade, Anda bisa membuat berbagai artikel tentang tips rambut dan grooming lainnya bagi pria. Dari sana, Anda membangun jembatan emosi kepada pembaca dan membuat mereka merasa terikat kepada produk Anda.

    5. Membagikan Perspektif Bisnis Anda

    Konten dengan format blog menawarkan ruang yang cukup luas untuk berbicara tentang banyak hal, termasuk tentang perspektif bisnis Anda. Hal ini tentu sedikit berbeda dengan jejaring sosial seperti Instagram atau Facebook, di mana Anda hanya memiliki ruang terbatas untuk menulis atau mengunggah sesuatu.

    Melalui blog, Anda bisa memperkenalkan bisnis dari berbagai sisi, bahkan menyampaikan perspektif bisnis secara terperinci. 

    6. Menunjukkan Bahwa Bisnis Anda Kompeten di Industrinya

    Blog tidak hanya berisi tentang update produk terbaru, tetapi juga informasi yang berkaitan dengan produk Anda.

    Dengan terus melakukan update blog, existing dan potential customer akan benar-benar yakin bahwa Anda memang tahu apa yang Anda jual. Audiens akan menilai bahwa Anda memiliki passion di bidang Anda sehingga akan memberikan informasi dan jasa yang terbaik untuk pelanggan.

    Sebagai contoh, Gillette —silet pencukur kumis pria— memanfaatkan koran khusus grooming untuk mempromosikan produk. Taktik ini membuat Gillette betul-betul terlihat sebagai produk yang paling direkomendasikan dalam perawatan pria. Hal yang sama bisa Anda lakukan dengan blog di masa kini.

    Jika blog Anda terpampang di halaman pertama Google, produk Anda akan dipercaya sebagai solusi dari permasalahan pelanggan.

    Produk Anda pun akan terkesan superior dibanding dengan competitor yang tidak bisa ditemukan di Google.

    7. Meningkatkan Kepercayaan terhadap Brand

    Manfaat blog terakhir untuk bisnis adalah meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap brand Anda. Ketika suatu bisnis konsisten dalam membangun kepercayaan, reputasinya akan menyebar luas dengan lebih cepat.

    Stephen R. Covey, penulis “The Seven Habits of Highly Effective People”, menyampaikan bahwa ketika tingkat kepercayaan seseorang cukup tinggi, komunikasi akan menjadi mudah, instan, dan efektif. Ini sama saja dengan blogging!

    Memperbarui blog dengan rajin dan konsisten adalah cara termudah bagi merek Anda untuk membangun kepercayaan ini.

    Ketika Anda mengembangkan konten yang berkualitas untuk terus menambah nilai bagi pembaca Anda, brand Anda akan lebih kuat dan bereputasi. Satu hal yang perlu Anda ingat adalah: kepercayaan tidaklah terbentuk dengan cepat.

    Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memastikan pembaca blog Anda menemukan informasi dan jawaban yang mereka cari untuk masalah mereka.

    Setelah mereka percaya dengan setiap konten blog yang Anda terbitkan, pada akhirnya akan sangat memungkinkan mereka menjadi pelanggan.

    Konklusi

    Memanfaatkan blog sebagai salah satu channel marketing dan branding bagi bisnis Anda sangatlah penting di masa sekarang. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, Anda perlu melakukan perencanaan konten sebelum menjalankan sebuah blog.

    Hal lainnya yang perlu diperhatikan ketika menjalankan blog adalah SEO. Tanpa penerapan On Page SEO dan Off Page SEO yang benar, maka blog Anda kesulitan untuk muncul pada halaman pertama di Google.

    Jika Anda berencana untuk aktif dalam melakukan blog dan SEO, Anda bisa mulai belajar dari beberapa sumber terpercaya yang mengupas tuntas tentang hal ini.

    Alternatif lainnya, Anda bisa menghubungi professional seperti Meson Digital Marketing Agency yang sudah berpengalaman dan terbukti sukses dalam membantu para client kami meningkatkan traffic ke website mereka melalui blog.

    Ready to Discuss Your Project?

    Tell Us About Your Project

      Open chat