Cara Optimasi SEO untuk Blog Page Website Anda 

Marchyandi Rayi
SEO optimization

Daftar Isi:

    Mengombinasikan Content Marketing dengan SEO

    Membuat artikel blog adalah salah satu teknik inbound marketing yang cukup efektif dalam menjaring konsumen baru.

    Namun sebagus apapun konten blog yang Anda buat, tidak akan berarti apa-apa bagi usaha marketing Anda jika tidak ada audience yang melihatnya.

    Dalam konteks ini, SEO (Search Engine Optimization) memiliki peran yang vital dalam membuat artikel blog Anda lebih mudah ditemukan oleh orang lain lewat search engine.

    Maka dari itu, perlu ada kombinasi antara strategi content marketing lewat blog berkualitas dan penerapan SEO agar keduanya dapat berjalan dengan baik.

    Berikut kami bagikan beberapa cara dan tips terkini menerapkan SEO pada blog Anda demi meningkatkan organic traffic.

    6 Cara Optimasi SEO untuk Blog

    Sebagai awal mula, Anda bisa menerapkan 6 langkah dasar di bawah ini untuk membuat atikel Anda lebih SEO-friendly.

    1. Fokus pada 1-2 long tail keyword di setiap artikel

    Sudah jelas bahwa cara pertama dalam melakukan optimasi SEO untuk artikel blog adalah dengan melakukan riset keyword. Mengoptimasi SEO artikel Anda bukan berarti harus dengan menambahkan keyword sebanyak-banyaknya dalam artikel tersebut.

    Justru sebaliknya, hal ini akan merugikan Anda karena search engine akan menangkap sinyal negatif dari blog Anda karena dianggap melakukan keyword stuffing.

    Search engine berusaha untuk menampilkan hasil pencarian yang paling sesuai dengan intensi pencarian dari user. Maka dari itu, informasi pada artikel Anda harus memiliki satu fokus topik spesifik.

    Terlalu memaksa memasukkan keyword yang kurang relevan dengan pembahasan artikel akan mempersulit search engine dalam mengidentifikasi konten dari artikel Anda.

    Selain itu, penyematan keyword yang terlalu banyak pada satu konten juga dapat membingungkan pembaca dalam mengidentifikasi tema besar pembahasan dari artikel tersebut.

    Sebagai rule of thumb, Anda bisa fokus pada satu sampai dua long tail keyword sebagai topik utama dari pembahasan suatu artikel. Alasan pemilihan long tail keyword di sini ketimbang dengan short tail keyword adalah karena long tail keyword biasanya memiliki intensi yang lebih spesifik.

    Dengan begitu, user yang mencari informasi menggunakan long tail keyword akan lebih berkemungkinan untuk membaca artikel Anda sampai habis dan mencari informasi lebih dalam terkait website Anda.

    2. Menambahkan 1-2 keyword utama pada bagian spesifik dari blog

    Jika sudah melakukan riset keyword dan menetapkan keyword yang ingin difokuskan untuk artikel Anda, maka langkah selanjutnya tentu adalah menambahkan keyword tersebut pada postingan blog Anda.

    Namun agar memudahkan Google dalam memami konten Anda, keyword tersebut harus diletakkan pada beberapa bagian spesifik dari postingan blog yang Anda buat.

    Beberapa bagian utama postingan yang perlu Anda tambahkan keyword adalah title tag, header dan body artikel, URL, dan meta description.

    3. Mengoptimasi bagian meta description

    Meta description adalah bagian teks yang muncul pada SERPs guna memberitahu user isi konten di dalam link tersebut. Meta description memberikan informasi yang dibutuhkan user untuk menentukan apakah konten di dalam link tersebut didapati informasi yang mereka cari atau tidak.

    Maka dari itu, penting bagi postingan blog Anda untuk mengisi bagian meta description dengan informasi yang jelas dan padat guna menjelaskan isi konten Anda.

    Maksimum panjang meta description berkisar antara 150-160 karakter. Pastikan Anda menggunakan ruang meta description tersebut dengan maksimal.

    Penting juga untuk menambahkan keyword utama artikel pada bagian meta description.

    Meta description Meson Digital
    Meta description Meson Digital

    4. Struktur URL yang mudah dimengerti

    Search engine menginginkan URL website yang memudahkan mereka dan user-nya untuk memahami konten pada page tersebut. Maka dari itu, struktur URL dari web page Anda harus intuitif dan sederhana sehingga user dapat mudah mengerti isi konten pada page tersebut.

    Misalnya, jika user ingin membaca seluruh artikel yang membahas SEO, maka mereka bisa menuju ke:

    Sedangkan jika ingin menemukan seluruh artikel yang membahas social media marketing, user dapat menuju ke:

    5. Menambahkan internal link

    Penambahan internal link pada postingan blog Anda akan membantu search engine untuk mengidentifikasi relevansi topik antar konten pada blog.

    Jika Anda menulis artikel dengan topik yang disinggung dalam artikel atau halaman page Anda lainnya, maka sebaiknya Anda menautkan artikel Anda ke halaman tersebut.

    Selain membantu menjaga visitor untuk tetap berada di web Anda, internal link juga dapat meningkatkan authority suatu page yang akan memudahkan page tersebut untuk mendapatkan ranking di Google.

    6. Menggunakan Google Search Console

    Platform gratis dari Google ini menawarkan fitur Performance report yang akan membantu Anda menganalisa setiap klik yang Anda dapatkan dari Google. Lewat fitur tersebut, Anda dapat mengetahui keyword apa saja yang digunakan user untuk masuk ke website Anda.

    Informasi ini akan sangat bermanfaat bagi Anda untuk mengembangkan konten blog baru atau mengoptimasi konten blog yang sudah ada.

    Google Search Console meson

    Konklusi

    SEO memanglah bukan suatu strategi marketing yang dapat mendatangkan hasil yang instan. Namun menerapkan beberapa cara dan langkah optimasi SEO blog di atas akan sangat membantu Anda untuk memproduksi konten blog yang lebih diminati oleh audience dan juga blog Anda akan lebih mudah dipahami oleh search engine.

    Jika Anda butuh bantuan untuk merancang dan menerapkan strategi SEO yang efektif, Meson Digital Agency Jakarta siap membantu lewat jasa SEO kami.

    Ready to Discuss Your Project?

    Tell Us About Your Project

      Open chat