Instagram Reels dan Manfaatnya yang Perlu Anda Tahu

Jordy Gunawan
Instagram Reels

Daftar Isi:

    Mengupas Fitur Baru dari Instagram (Reels)

    Instagram memang tidak ada habisnya dalam membuat inovasi, termasuk jika itu seolah seperti mengambil ide dari aplikasi-aplikasi lain. Setelah terinspirasi dari fitur Snapchat untuk membuat Instagram Stories, kini Instagram mengeluarkan fitur baru: Instagram Reels.

    Instagram Reels dapat Anda bagikan melalui fitur stories. Hanya saja, ada beberapa sentuhan tambahan yang membuatnya menjadi lebih unik daripada sekadar cerita biasa. Sebagai marketers, tentunya mengetahui update terkait fitur-fitur dan teknologi baru dari salah satu platform media sosial terpopuler ini sangatlah penting. Untuk itu, mari simak pembahasannya.

    Apa itu Instagram Reels?

    Tampilan Instagram Reels
    Tampilan Instagram Reels

    Instagram Reels merupakan unggahan video 15 detik di stories yang dapat dimodifikasi dengan AR (Augmented Reality), musik dari pengguna, stiker, maupun teks, dan selanjutnya digabungkan dengan video atau foto lain. Selain itu, pengguna juga bisa memperlambat atau mempercepat video.

    Berbeda dengan story Instagram biasa, Anda bisa mengeksplorasi kreativitas dengan lebih dalam pada fitur yang satu ini. Video pun terlihat menonjol dari sisi estetika, playful, dan dapat menggambarkan brand Anda dengan lebih jelas.

    Mengapa Instagram Meluncurkan Reels?

    Popularitas TikTok seolah menjadi pengingat bagi kompetitor untuk membuat pembaharuan yang lebih menjual. Per September 2021, pengguna TikTok bahkan sudah mencapai 1 miliar orang.

    TikTok yang sebelumnya dianggap sebagai platform untuk remaja tanggung yang ‘alay’, kini mulai dilirik oleh berbagai brand besar. Mereka membuat video di platform TikTok bahkan membuat AR khusus untuk mempromosikan bisnis.

    Melihat hal ini, Instagram menganggap bahwa fitur video pendek kreatif tidak dapat diabaikan. Meskipun Instagram stories masih menjadi fitur media sosial yang terbanyak digunakan, tetapi banyak orang yang mengunggah video TikTok di sana.

    Instagram Reels dianggap sebagai terobosan agar membuat orang-orang semakin gencar dalam menggunakan Instagram. Sebelumnya, fitur Instagram stories cenderung monoton di mana mengekspresikan diri menjadi terbatas tanpa adanya musik latar.

    Instagram meluncurkan fitur ini secara bertahap di beberapa negara. Brazil merupakan negara yang pertama kali merasakan fitur ini pada November 2019, diikuti oleh Prancis, Jerman, kemudian India.

    Pada Agustus 2020, Amerika serikat baru bisa merasakan fitur ini, dan sekarang fitur video pendek Instagram ini sudah bisa dinikmati oleh para users di Indonesia.

    Instagram Reels vs. TikTok

    Sejak pertama kali muncul dalam update Instagram, orang-orang menganggap bahwa fitur ini sama dengan apa yang diusung oleh TikTok. Pendapat ini tidak berlebihan karena Instagram Reels memang pada dasarnya serupa dengan TikTok. Namun dalam beberapa hal teknis, ada sedikit perbedaan.

    Kelengkapan Fitur

    TikTok menjadikan fitur video kreatif pendek ini sebagai fitur utama. Sementara itu, Instagram masih memiliki fitur unggulan lain seperti stories, explore, IG TV, dan fitur timeline. Instagram bisa dibilang memiliki feature yang lebih lengkap dibanding TikTok.

    Kualitas Visual

    Selain itu, secara visual, TikTok memang masih kalah dari Instagram. Video yang dibuat di TikTok memiliki resolusi yang kurang bagus, meskipun Anda menggunakan ponsel dengan kualitas kamera yang tinggi.

    Instagram merupakan platform pengunggah media visual terbesar. Dari awal, Instagram marketing sudah mengedepankan fitur visual yang premium untuk brand mereka. Untuk itu, dilihat dari segi kualitas gambar, Instagram Reels memang jauh lebih baik daripada TikTok.

    Durasi, AR, dan Music

    Namun, jika dilihat dari sisi durasi, dan dari segi AR (Augmented Reality), TikTok masih lebih unggul daripada Instagram. Anda bisa membuat video TikTok hingga enam puluh detik. TikTok juga begitu cerdas dalam mengidentifikasi wajah pengguna sehingga filter yang dipilih bisa sangat pas dan mampu membuat video menjadi terlihat lebih ajaib.

    Selain itu, TikTok juga sudah dilengkapi dengan berbagai jenis musik. Koleksi musik Instagram Reels masih terbatas.

    Pro dan Kontra Instagram Reels

    Tampilan Instagram Reels

    Apa kelebihan dan kekurangan dari Instagram Reels untuk strategi marketing Anda? Beberapa kelebihan Instagram Reels adalah membuat video marketing menjadi lebih atraktif, meningkatkan enggagement, memberikan alternatif interaksi kepada users, dan mengizinkan Anda untuk menggunakan video-video berulang kali.

    Kekurangan dari fitur baru Instagram ini adalah, Anda tidak bisa menyertakan link ke luar, tidak seperti stories yang memiliki fitur ‘swipe up’ untuk menggiring users menuju page tertentu di luar Instagram.

    Konklusi

    Para pebisnis dan marketers harus mempersiapkan diri akan kedatangan fitur baru Instagram ini di Indonesia. Meskipun datang terlambat dibandingkan TikTok, animo masyarakat terhadap Instagram sangatlah besar. Apalagi, Instagram sudah dimiliki oleh Facebook yang notabene adalah media sosial terbesar.

    Untuk strategi social media marketing, baik di Instagram maupun media sosial lainnya, Anda dapat menghubungi Meson Digital Marketing Agency. Kami telah berpengalaman menangani berbagai pemasaran digital dan akan membantu bisnis Anda untuk mencapai tujuan.

    Apakah Anda sudah siap untuk menyambut pembaruan digital dengan Instagram Reels?

    Ready to Discuss Your Project?

    Search Articles

    Tell Us About Your Project