Instagram Impression & Reach serta Cara Menggunakannya

Marchyandi Rayi
Instagram

Daftar Isi:

    Impressions & Reach: Dua Metrik Penting Instagram Marketing

    Dengan angka pengguna di Indonesia mencapai 82 juta orang, Instagram menjadi  salah satu platform media sosial dengan jangkauan audience yang paling luas.

    Namun, semakin banyak jumlah pengguna Instagram juga berimplikasi terhadap semakin tingginya kompetisi dalam menarik perhatian audience di platform tersebut.

    Maka dari itu, memantau jumlah impressions dan reach dari konten di Instagram menjadi salah satu kunci untuk mengukur kesuksesan strategi Instagram marketing Anda.

    Artikel ini akan secara mendalam membahas mengenai apa yang dimaksud dengan impressions dan reach di Instagram, bagaimana cara mengukurnya, dan beberapa informasi penting lainnya seputar dua metrik tersebut.

    Apa itu Impressions Instagram?

    Instagram impression adalah metrik yang menunjukkan jumlah tayang dari sebuah postingan atau iklan di Instagram.

    Memantau jumlah impressions menjadi penting karena dapat memberikan pemahaman mengenai performa postingan dan iklan Anda dan mengetahui apakah postingan dan iklan tersebut muncul kepada pengguna baru atau yang sudah pernah melihat konten Anda.

    Apa itu Reach Instagram?

    Berbeda dengan impressions yang mengukur jumlah tayang keseluruhan sebuah konten atau postingan, reach hanya mengukur jumlah tayang unik dari konten Anda.

    Dengan kata lain, jumlah reach Instagram merupakan total orang yang melihat konten Anda.

    Cara Melihat Instagram Impressions & Reach

    Instagram impression

    Untuk melihat impression dan reach dari akun Instagram Anda, ikut langkah berikut:

    • Buka aplikasi Instagram dan kunjungi halaman profil.
    • Masuk ke bagian Professional Dashboard.
    • Klik All Insights.

    Pada bagian ini, Anda dapat melihat impressions dan reach keseluruhan dari konten-konten Anda selama periode waktu tertentu.

    Impressions vs Reach: Mana yang Lebih Penting?

    Sekarang Anda telah mengetahui apa itu impressions dan reach di Instagram, perbedaan antara kedua, serta cara memantaunya.

    Lantas, metrik manakah yang lebih penting untuk dioptimasi?

    Jawaban dari pertanyaan tersebut akan bergantung pada tujuan dari strategi marketing yang Anda jalankan.

    Jika tujuan utama Anda adalah membangun brand awareness dan memperluas jangkauan akun Anda, maka reach menjadi metrik yang paling penting untuk dioptimasi.

    Di sisi lain, karena impressions dapat mengindikasikan frekuensi tayang dari konten Anda, maka memantau impressions merupakan peluang bagi Anda untuk membangun komunitas dan brand loyalty.

    Hal tersebut demikian karena dengan memantau jumlah impressions, Anda dapat mengetahui postingan mana yang mendapatkan interaksi paling banyak dari followers Anda.

    Berapa Angka Impressions yang Baik di Instagram?

    Sayangnya, tidak ada angka pasti yang bisa dijadikan tolok ukur bagi jumlah impressions yang baik, karena setiap akun dan industri pasti memiliki demografik dan perilaku audience yang berbeda-beda.

    Jadi, angka terbaik yang bisa digunakan sebagai parameter dari pertumbuhan angka impressions akun Anda adalah angka impressions akun Anda sendiri dari periode waktu sebelumnya.

    Jika angka impressions Anda lebih tinggi dari angka impressions Anda bulan lalu, misalnya, maka artinya strategi konten yang Anda jalankan berhasil!

    Namun jika angka impressions Anda menurun, maka Anda perlu melakukan perubahan atau penyesuaian startegi untuk meningkatkan kembali angka impressions Anda.

    Konklusi

    Instagram impressions dan reach adalah dua metrik penting untuk mengukur efektifitas dari postingan organik maupun iklan Instagram Anda.

    Informasi atau data terkait reach dan impression Instagram tersebut nantinya bisa Anda gunakan untuk mengatur ulang atau memperbaiki strategi Instagram marketing Anda kedepannya.

    Jika Anda membutuhkan bantuan untuk menjalankan Instagram marketing untuk bisnis Anda, Meson siap membantu lewat jasa social media marketing management kami.

    Meson adalah digital agency Jakarta yang telah berpengalaman merancang dan menjalankan strategi Instagram marketing untuk berbagai bisnis dari industri yang beragam.

    Ready to Discuss Your Project?

    Search Articles

    Tell Us About Your Project