Manfaat Memiliki Website untuk Perkembangan Bisnis di Era Digital

Jordy Gunawan
Website

Daftar Isi:

    Website sebagai Alat Digital Marketing Paling Efektif

    Dengan berkaca pada situasi pandemi yang sedang terjadi saat ini, memanfaatkan strategi online marketing semaksimal mungkin merupakan cara paling efisien yang dapat dilakukan agar bisnis dapat tetap bertahan. Terlebih jika mengingat bahwa aktivitas online di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya.

    Website merupakan salah satu alat online marketing paling efektif yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis. Website bisa Anda gunakan untuk menjadi tim sales Anda yang siap siaga 24 jam per hari, pengganti staf customer service, ataupun lapak yang bisa dikunjungi semua orang dari segala penjuru dunia untuk menemukan produk yang Anda jual.

    Terlepas dari berbagai kebermanfaatan website tersebut, faktanya hampir setengah dari bisnis atau perusahaan masih belum memiliki website. Bahkan mungkin Anda adalah salah satunya.

    Jika Anda masih ragu untuk mulai memiliki website, mungkin informasi di bawah ini yang membahas manfaat-manfaat memiliki website untuk sebuah bisnis dapat meyakinkan Anda.

    5 Manfaat Memiliki Website untuk Bisnis atau Brand

    1. Sebagai Online Presence bagi Bisnis

    Membangun online presence

    Sulit untuk menyangkal bahwa lokasi merupakan faktor penting bagi keberlangsungan bisnis. Membuka toko di tempat yang strategis akan membantu meningkatkan exposure bisnis Anda untuk mendapatkan penjualan yang lebih banyak.

    Konsep dasar tersebut juga berlaku pada dunia maya. Seperti kita bersama ketahui, internet dihuni oleh jutaan orang yang tentu diantaranya merupakan konsumen potensial Anda. Maka dengan bisnis Anda memiliki online presence, exposure bisnis Anda akan bertambah secara signifikan.

    Dalam konteks ini, website merupakan representasi dari bisnis Anda secara digital. Dengan memiliki website, maka Anda memiliki kesempatan untuk hadir di depan calon konsumen baru yang belum bisa Anda gapai sebelumnya secara offline.

    2. Ekspansi Pasar

    Internet telah membuka peluang bagi bisnis untuk melampaui batas-batas geografis. Berkat internet, sebuah bisnis dapat ditemukan oleh siapapun dari manapun secara virtual. Memiliki website akan membantu Anda untuk memanfaatkan potensi tersebut untuk ekspansi pasar.

    Setiap calon konsumen yang mengakses internet dapat menemukan website Anda. Jika mereka tertarik terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan, maka Anda akan mendapat penjualan.

    3. Kesempatan Beriklan

    Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan produk atau jasa Anda lewat internet, salah satunya adalah beriklan lewat Google. Dengan memiliki website, Anda memiliki kesempatan untuk melakukan upaya SEM (search engine marketing) untuk menggiring orang masuk menuju website Anda dan mempelajari produk atau jasa yang Anda tawarkan.

    4. Hanya Memanfaatkan Media Sosial Saja Tidak Cukup

    Ikon-ikon Social Media

    Salah satu alasan utama mengapa banyak bisnis memilih untuk tidak memiliki website adalah karena adanya asumsi bahwa hanya memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi saja sudah cukup untuk menjalankan online marketing. Padahal hal tersebut sebetulnya keliru.

    Penting untuk Anda ingat bahwa efektivitas media sosial sangat bergantung pada tren. Platform media sosial baru akan bermunculan setiap tahunnya dan berpotensi menggantikan platform media sosial sebelumnya yang gagal dalam mengikuti tren.

    Suksesnya performa page bisnis Anda pada satu platform akan seketika menurun jika orang-orang sudah tidak menggunakan platform tersebut. Terlebih lagi, kesuksesan Anda pada platform tersebut belum tentu akan terulang kembali ketika Anda mulai membangun page baru di platform lain.

    Maka dari itu, sebaiknya jadikanlah website sebagai profil utama bagi bisnis Anda di dunia digital. Lalu gunakan media sosial untuk mendukung usaha online marketing Anda pada website.

    5. Menarik Perhatian Calon Pekerja

    Memiliki website yang baik tidak hanya menguntungkan bagi proses mendapatkan konsumen baru saja, melainkan juga dari sisi internal bisnis. Dengan memiliki website, proses rekrutmen tenaga baru di perusahaan Anda akan lebih mudah.

    Website yang berkualitas akan membantu Anda menarik perhatian calon pegawai untuk bergabung di perusahaan Anda. Mereka dapat dengan mudah mempelajari seputar visi misi perusahaan, serta produk yang Anda tawarkan lewat website Anda.

    Konklusi

    Beberapa poin alasan yang kami hadirkan di atas hanya merupakan segelintir dari sekian banyak manfaat dari memiliki website untuk sebuah bisnis. Masih terdapat banyak cara yang bisa Anda lakukan lewat website untuk mengembangkan bisnis Anda. Namun, tentu teknik-teknik tersebut hanya bisa dilakukan ketika Anda memiliki website terlebih dahulu.

    Meson merupakan digital marketing agency di Jakarta yang menyediakan jasa pembuatan website untuk bisnis dari berbagai sektor. Kami siap membantu Anda dalam merancang dan membuat website untuk membantu bisnis Anda mencapai performa yang lebih baik.

    Ready to Discuss Your Project?

    Tell Us About Your Project

      Open chat