Digital Branding: Mengenal Konsep dan Penerapannya 

Jordy Gunawan
Vector digital branding

Daftar Isi:

    Di zaman serba online seperti saat ini, brand tanpa digital presence sama saja seperti mobil tanpa roda. Tanpa hadir secara digital, brand akan kesulitan untuk bergerak maju menuju goals bisnisnya.

    Oleh karena itu, diperlukan upaya digital branding untuk mengukuhkan digital presence dari brand Anda.

    Apa itu Digital Branding?

    Digital branding adalah proses kreatif dan strategis dalam menjelaskan calon konsumen mengenai brand atau bisnis Anda lewat berbagai platform digital seperti website, aplikasi, media sosial, video, dan masih banyak lagi.

    Digital branding ditujukan untuk memastikan USP (unique selling point) dari brand Anda tersampaikan dengan jelas dan konsisten kepada calon konsumen di dunia maya.

    Ketika online visitors dapat memahami dengan mudah apa yang brand Anda tawarkan dan manfaat yang bisa mereka dapatkan, maka Anda akan lebih mudah dalam mendapatkan konversi.

    Perbedaan antara Digital Branding dan Digital Marketing

    Digital branding dan digital marketing merupakan dua konsep yang berbeda namun tetap berkesinambungan.

    Digital marketing merupakan segala aktivitas yang meliputi usaha untuk menarik konsumen baru lewat platform digital seperti SEO (search engine optimization), SEM (search engine marketing), email marketing, social media marketing, dan platform digital lainnya.

    Di sisi lain, digital branding lebih fokus pada pendefinisian dan pengukuhan nilai-nilai yang ditawarkan oleh suatu brand di ranah digital.

    Digital marketing adalah metode untuk menarik perhatian konsumen, sedangkan digital branding berperan untuk mengubah perhatian menjadi ketertarikan terhadap brand Anda.

    Manfaat dari Digital Branding

    Terdapat tiga manfaat utama yang bisa didapatkan bisnis Anda dengan menerapkan digital branding.

    1. Menjadi Pembeda dari Kompetitor

    Branding digital Anda yang konsisten dapat menjadi pembeda antara brand Anda dan kompetitor lain di industri bisnis Anda.

    Dengan menggunakan digital branding, Anda dapat menyisipkan USP dari brand Anda dan menyampaikannya kepada calon konsumen dengan efektif.

    2. Menjalin Hubungan dengan Konsumen

    Digital branding yang sukses dapat membuat konsumen merasa brand berkomunikasi secara langsung dengan mereka, sehingga muncul koneksi antara brand dan konsumennya.

    Dengan adanya digital branding, Anda dapat berkomunikasi dengan konsumen Anda menggunakan bahasa dan pesan yang relevan di channel digital yang mereka gunakan.

    3. Menyebarkan Informasi dengan Cepat

    Sebagaimana informasi beredar secara online begitu cepat, menjalankan branding secara digital juga dapat mempercepat penyampaian pesan Anda untuk calon konsumen.

    Dengan menerapkan digital branding, Anda dapat menggunakan strategi konten viral yang dapat menggapai audience yang luas dengan sangat cepat dan biaya yang minim.

    Penerapan Digital Branding

    Sekarang Anda telah memahami apa yang dimaksud dengan digital branding dan mengapa brand Anda penting untuk menerapkannya.

    Maka hal yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah bagaimana cara menerapkan digital branding untuk brand Anda.

    Terdapat beberapa komponen yang bisa Anda gunakan dalam menjalankan digital branding, diantaranya yaitu:

    1. Website

    Website Pepsi
    Website Pepsi

    Ketika seseorang mencari sebuah brand secara online, maka hal pertama yang biasa dilakukan adalah dengan mencari nama brand tersebut di Google dan diarahkan untuk ke website. Maka dari itu, website menjadi digital presence utama dari brand Anda.

    Website yang efektif merupakan website yang mudah dijelajahi, dan mencerminkan desain, skema warna, juga logo brand Anda secara konsisten.

    Dengan memiliki website Anda dapat menaruh informasi-informasi penting seperti visi misi, USP, dan produk yang Anda tawarkan secara detail sehingga calon konsumen dapat dengan mudah mempelajari brand Anda.

    2. Brand Messaging

    Brand messaging merupakan pesan mengenai brand Anda dan bagaimana cara Anda menyampaikannya. Pesan yang Anda sampaikan harus merefleksikan apa yang brand Anda percaya dan tawarkan dan disampaikan kepada konsumen dengan efektif.

    Brand message yang efektif harus dapat menjawab ketiga pertanyaan ini:

    1. Apa yang brand Anda tawarkan?
    2. Apa yang brand Anda percaya?
    3. Mengapa konsumen harus menggunakan produk atau layanan brand Anda?

    Selain kejelasan pesan, gaya bahasa yang digunakan juga harus selaras dengan bisnis dan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

    Hal ini penting agar dapat lebih mudah dalam menjalin komunikasi dengan calon konsumen Anda. Pastikan juga brand message Anda konsisten di setiap platform digital yang Anda gunakan.

    3. Media Sosial

    Arby Social Media
    Instagram Arby’s

    Saat ini, hampir semua orang memiliki akun media sosial. Oleh karena itu, media sosial dapat menjadi platform yang efektif untuk membagikan informasi mengenai brand Anda kepada calon konsumen.

    Pastikan juga brand message yang Anda gunakan konsisten dengan brand message keseluruhan marketing Anda.

    4. SEO dan SEM

    Digital branding perlu diikutsertakan ke dalam skema strategi marketing Anda. Hal ini penting untuk menentukan apakah digital branding Anda membantu atau malah mempersulit usaha marketing Anda.

    SEO dan SEM merupakan teknik yang sering digunakan brand dalam memperkuat digital branding. Usahakan untuk tetap mempertimbangkan brand voice Anda dalam proses pengoptimasian page dan konten web Anda untuk SEO.

    Brand identity juga memiliki peran penting dalam menjalankan SEM. Memiliki copy iklan online yang baik bisa menjadi penentu bagi efektivitas iklan Anda dalam menarik calon konsumen.

    Konklusi

    Digital branding bukan hanya sekedar hadir dan menjajakan produk Anda secara online, melainkan juga membangun kepercayaan khalayak kepada brand Anda untuk mendapatkan konsumen yang loyal.

    Maka dari itu, membangun digital branding yang konsisten dan betul-betul merefleksikan visi dan misi brand Anda menjadi sangat krusial.

    Jika Anda memiliki pertanyaan lebih dalam seputar digital branding atau digital marketing secara keseluruhan, Meson Digital Agency siap membantu.

    Ready to Discuss Your Project?

    Search Articles

    Tell Us About Your Project